Kebiasaan Ngabuburit Di Bulan Ramadhan

loading...
Haloo sobat media2give semuanya ^^ Gimana nih puasanya? masih nggak ada yang bolong kan? hehe.. Bagi yang terbiasa puasa senin kamis,barangkali menunaikan ibadah puasa ramadhan tak akan terasa berat ya.Tapi bagi mereka yang nggak pernah puasa sunah,pastilah terasa berbeda.Yang biasanya bebas minum dan bebas ngerokok kini harus dikurangi dulu karena harus berpuasa.Asalkan dijalani dengan iklhas,nggak akan susah kok^^. Semoga tetap kuat menjalaninya ya.. 

Di bulan ramadhan ini,tak lengkap rasanya kalau kita tak tau Apa Itu Ngabuburit? Sobat pasti sudah sering mendengar istilah itu karena sebenarnya kata ngabuburit itu diambil dari kata Burit yang berarti waktu menjelang sore hari.Istilah ngabuburit pertama kali muncul di daerah sunda dan sekarang sudah semakin meluas sampai seluruh indonesia tak asing lagi kalau denger kata ngabuburit.
Di waktu sore hari,kita dapat dengan mudah melihat aktivitas orang-orang baik itu di jalan-jalan ataupun di masjid yang semuanya mempunyai tujuan yang sama,menunggu waktu berbuka puasa.Banyak aktivitas yang bisa di kerjakan untuk menanti tiba waktu berbuka ini.Mereka yang suka Ngabuburit biasanya punya cara tersendiri untuk menghabiskan waktu menjelang buka puasa.Ada yang berkumpul untuk sekedar nongkrong bersama teman di pinggir jalan atau di taman-taman.
Ada juga yang memilih beri’tikaf di masjid,mengikuti pengajian,mengaji dan kegiatan islami lainnya.Dan ada yang lebih suka jalan-jalan keliling daerah sekitar atau mengunjungi tempat yang menarik.Ngabuburit bisa juga dilakukan sambil nonton bareng bersama teman.Kalau jaman dulu,banyak anak-anak yang mengisi waktu dengan bermain permainan tradisional.Mungkin sekadar sudah jarang di temui,apalagi di kota-kota besar yang banyak berubah akibat perkembangan teknologi dan perubahan jaman.

Ngabuburit Dalam Pandangan Islam
Di dalam agama islam,sebetulnya tidak ada istilah Ngabuburit,karena seperti yang dijelaskan sebelumnya,istilah itu saja berasal dari Sunda.Lalu apakah baik jika dilakukan? Selama Ngabuburit itu mengarah kepada kegiatan yang postif,tidak jadi masalah.Islam pun tidak melarang seseorang melakukan ngabuburit,yang penting harus bisa menghindari dari aktivitas yang merugikan diri sendiri,contohnya kalau ngabuburit sambil balapan liar.Selain berbahaya,kegiatan itu juga tidak bermanfaat dan lebih baik di tinggalkan saja

Ngabuburit dengan cara islami


Penting/Tidak Ngabuburit Itu?
Jika di tanya ke masing-masing orang,jawabnya pasti beda-beda.Memang,semua orang punya pandangan masing-masing tentang ngabuburit ini,apakah perlu dilakukan atau tidak.Kembali lagi ke tujuan dan niatnya ngabuburit.Meskipun tidak ngabuburit juga nggak jadi masalah kan.Buat yang nggak punya banyak waktu,mungkin saja tidak sempat ikutan ngabuburit.Yah,nggak apa-apa juga sih,toh itu tergantung dari kemauan sendiri.

loading...

6 Comments

  1. @Huda Gamu
    Aku sendiri jg lagi sakit ringan pas puasa ini,cuma kena flu gan.Klo memang masih merasa kuat,ya di jalani aja nanti pahalanya lebih besar asal tdk memaksakan diri.Anggap saja sbg cobaan berpuasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*