Cara Memotong MicroSIM Card Secara Manual

loading...
Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar Cara Memotong MicroSIM Card Secara Manual.SIM Card merupakan sebuah kartu pintar dengan ukuran kecil yang tidak bisa di pisahkan dari telepon genggam kita.SIM Card berfungsi sebagai alat untuk menyimpan tanda pengenal dari jasa layanan komunikasi.Tanpa di lengkapi SIM Card,handphone yang kita punya tidak akan bisa di gunakan untuk melakukan beberapa operasi seperti mengirim SMS,memanggil nomor lain ataupun memakai layanan data.


Dengan SIM Card,pelayanan komunikasi akan dengan mudah mengenali jasa dari provider mana yang sedang kita gunakan.SIM Card memiliki kegunaan lain juga sebagai tempat untuk menerima pulsa.Sudah tau kan bagaimana jadinya kalau HP tanpa pulsa? pastinya nggak akan bisa untuk SMS,menelpon ke nomor lain,dan menggunakannya untuk layanan internet.Bicara soal SIM Card,sebenarnya SIM Card itu terbagi menjadi beberapa jenis,yaitu MiniSIM Card,Micro SIMCard,dan NanoSIM Card.SIMCard yang biasa kita temui di dalam handphone saat ini adalah yang jenisnya MiniSIM Card,atau sering juga di sebut dengan Standard SIMCard.


Yang membedakan dari ketiga jenis SIMCard tersebut adalah pada ukurannya yang bervariasi.MiniSIM Card adalah yang paling besar,kemudian di ikuti MicroSIM Card yang lebih kecil ukurannya.Sementara NanoSIM Card terlihat paling kecil.Untuk yang sering menggunakan Smartphone mungkin sudah tidak asing lagi dengan MicroSIM Card,karena SIMCard ini mulai banyak di pakai untuk jenis Smartphone/Gagdet terbaru.Contohnya saja pada Samsung Galaxy S 4, HTC One,OPPO Find 5 dan Sony Xperia Z.Merek Smartphone itu telah menerapkan MicroSIM Card sebagai SIM Card utama.

Masalahnya,terkadang kita tidak tau ketika sudah membeli Smartphone terbaru dan akan menyisipkan SIM Card ke dalamnya,dan baru sadar kalau ternyata SIMCard Standard yang sering kita pakai tidak bisa masuk karena terlalu besar.Sedangkan slot untuk MicroSIM Card hanya berukuran kecil.Padahal untuk mendapatkan MicroSIM Card ini tidak di semua tempat penjualan HP bisa di temukan.Lalu bagaimana solusinya? Jangan bingung dulu,MiniSIM Card itu masih bisa di gunakan.


Caranya dengan mengubahnya menjadi MicroSIM Card dengan memotong bagiannya agar sama persis seperti MicroSIM Card.Jika ingin lebih praktis,kalian bisa menggunakan alat bernama MicroSIM Cutter yang banyak di jual di pasaran.Alat ini dapat memotong SIMCard dengan cepat dan mengubahnya menjadi Micro atau NanoSIM Card.Harganya tidak mahal,sekitar 30 ribuan.Tinggal memasukkan SIMCard ke alat ini,maka sebentar saja SIMCard sudah terpotong dengan rapi.Cara pemakaiannya bisa dilihat pada gambar berikut ini.


Tapi jika kalian tidak mau repot-repot membeli MicroSIM Cutter,masih ada cara lain mengubah SIMCard Standard menjadi MicroSIM Card,yaitu dengan memotongnya secara manual.Untuk melakukan ini akan lebih baik jika kalian menyiapkan SIM Card lainnya dulu sebagai percobaan,agar saat memotong SIM Card utama tidak salah.Untuk memotongnya,beberapa alat harus di persiapkan terlebih dulu.

Alat dan bahan yang diperlukan :
1. Penggaris 
2. Pensil/Pulpen/Spidol
3. SIM Card
4. Gunting/Cutter
5. Pemotong kuku

Ok,setelah semua alat dan bahan siap,saatnya untuk memotong SIMCard nya.Prosesnya cepat,namun di perlukan ketelitian saat mengukur supaya potongannya pas dengan ukuran MicroSIM Card.Sedikit saja meleset,SIMCard itu bisa jadi tidak terbaca saat di masukkan dalam Smartphone kita.Nah,berikut ini langkah-langkah yang benar untuk memotong SIMCard,silahkan disimak baik-baik.
Cara Memotong MicroSIM Card Secara Manual :
1. Pertama,fokuskan perhatian pada lempeng tembaga pada SIMCard atau yang sering disebut Chip.Bagian itu jangan sampai terpotong.
2. Panjang sisi atas SIMCard yang akan di potong nanti akan berukuran 15mm,lebar kirinya 12 mm,dan lebar bagian kanan 9mm.Di bagian lebar sisi miring berukuran 3mm.


3. Beri jarak 1mm dengan garis dari sisi lebar tembaga ke arah kiri
4. Tarik garis lurus sepanjang 15mm dari ujung garis yang sudah berjarak 1mm dari tembaga,tandai garisnya dengan pulpen/pensil/spidol
5. Bagian bawah juga di garis sepanjang 15mm dari sisi kiri
6. Buat garis berukuran 1mm dari sisi lempengan tembaga ke atas
7. Tarik garis sepanjang 12mm dari ujung garis 1mm yang dibuat tadi untuk bagian lebar kirinya
8. Bagian lebar kanan,buat garis juga sepanjang 9mm dari ujung garis 1mm yang dibuat tadi
9. Pada lebar SIMCard bagian kanan,ukur garis dengan panjang 3mm setelah 9mm


10. Pada panjang bagian bawah juga di ukur 3mm setelah 12mm dari kiri
11. Tarik garis miring yang menghubungkan panjang dan lebar yang berukuran 3mm tadi
12. Sekarang semua garis sudah di bentuk,potong sesuai pola garisnya

MicroSIM Card pun sudah jadi dan siap di pakai.Sebelum di gunakan cek dulu apakah bagian pinggir SIMCard sudah rapi.Cobalah untuk memasukkannya perlahan ke slot SIMCard.Jika memasukkannya mudah,berarti ukurannya sudah pas.Tapi jika di masukkan dan di ambil lagi sedikit seret/tidak lancar,rapikan lagi pinggirnya.Gunakan pemotong kuku dan kikir pinggiran SIMCard nya sampai lebih halus.Bila sudah halus,masukkan lagi ke dalam tempat SIMCard.Cara ini sudah di praktekkan dan terbukti berhasil,jadi silahkan saja di coba buat kalian yang ingin memotong SIMCard secara manual.Semoga informasi yang saya bagikan ini bisa bermanfaat ^^

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*