Olahan Lezat Permen Jelly Rasa Wortel

loading...
Haloo sobat media2give^^,ketemu lagi nih dengan kalian di posting ini ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Olahan Lezat Permen Jelly Rasa Wortel.Hmm,sobat semua suka makan sayur nggak? terutama wortel nih.Wortel ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh kita.Wortel tergolong dalam famili Umbeliflorae,yaitu tanaman berbentuk rumput.Ketika sudah tumbuh,akar tunggang di bagian wortel akan berubah bentuk menjadi bulat dan panjang.

Wortel mudah di bedakan dengan tanaman lain karena warnanya yang cerah.Wortel mengandung beta karoten yang tinggi.Karoten sendiri adalah pigmen berwarna kuning oranye dan berfungsi melindungi tanaman di saat terjadi fotosintesis.Salah satu jenis karoten yang penting adalah beta karoten,yang bermanfaat memperkuat kekebalan tubuh untuk menangkal pengaruh radikal bebas.Seperti yang kita tau,mungkin juga sering di jelaskan waktu kita sekolah,bahwa wortel ini kaya akan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

Wortel biasanya di pakai untuk campuran sayur seperti sup,capcay atau mie kuning.Selain itu,wortel bisa dibuat menjadi jus,yang membuatnya bisa dinikmati sambil meminumnya.Tapi perlu di ingat kalau vitamin A ini adalah jenis yang tidak mudah larut dalam air,jadi meski di ubah menjadi jus,vitaminnya tidak ikut larut.Bagi sebagian anak,mungkin wortel kurang disukai karena rasanya memang tidak terlalu kuat dan sedikit manis,cenderung hambar.Yah,meskipun kalau di kunyah memang renyah,tapi itu belum cukup membuat anak-anak menyukainya.

Agar lebih menarik,wortel dapat diolah menjadi makanan yang berbeda dan tentunya disukai anak.Pernah dengan olahan permen jelly dari wortel? mungkin belum banyak yang tau ya.Permen pastinya di gemari anak-anak,dan mengolah wortel menjadi permen merupakan cara yang bagus untuk membuat wortel menjadi sajian yang unik dan lezat,apalagi dibentuk menjadi permen jelly yang kenyal dan manis.Nggak kebayang ya,kok bisa wortel di bikin jadi permen? 

Permen jelly rasa wortel

Ya,permen jelly rasa wortel ini adalah kreasi unik untuk memberikan nilai tambah ekonomis pada wortel itu sendiri,karena jika sudah jadi peminatnya akan banyak dan harga jualnya lebih tinggi dibandingkan jika langsung di jual dalam kondisi mentah.Apalagi mengingat setelah panen,harga wortel di pasaran reatif rendah/murah.Nah,trus gimana cara membuatnya? Buat yang ingin langsung praktek,bisa di simak cara membuat permen jelly rasa wortel berikut ini :

Bahan-bahan :
Air 700 ml
Agar-agar 1 bungkus (lebih bagus jika tanpa rasa)
Gula pasir 200 gr
Asam sitrat 1 gr
Wortel secukupnya

Cara membuat :
1. Kupas wortel dan cuci bersih dengan air,kemudian haluskan dengan blender dan ambil sarinya
2. Rebus 700 ml air hingga mendidih selama 10 menit
3. Masukkan sari wortel dan agar-agar ke air mendidih
4. Masukkan 200 gr gula pasir,aduk terus perlahan sampai merata
5. Masukkan asam sitrat dan aduk kembali
6. Pastikan gunakan api kecil saat memasak
7. Setelah itu tuang adonan permen jelly ke dalam loyang,diamkan selama 30 menit
8. Potong wortel kecil-kecil seukuran dadu/berbentuk kubus
9. Masukkan permen yang sudah di potong ke dalam oven dengan suhu 60 derajat celcius selama 12 jam
10. Keluarkan permen jelly dari oven dan taburkan gula pasir di atasnya
11. Permen jelly rasa wortel pun siap di nikmati

loading...

3 Comments

  1. wah mantab nih mas, karya yang cukup kreatif, selain manfaat wortel kaya vitamin A yang baik untuk mata, ternyata wortel bisa dibuat juga untuk permen, nice info gan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*