Cara Membuka File/Folder Access Denied

loading...
Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi ya dengan kalian di posting ini hehe.. Setelah beberapa hari tidak sempat update artikel lagi,kali ini ada juga deh waktu buat sharing-sharing informasi kembali.Pada pembahasan ini saya akan menjelaskan informasi tentang Cara Membuka File/Folder Access Denied.Pernah nggak kalian membuka salah satu folder di komputer dan menemui pesan Access Denied? Hmm,kira-kira kenapa ya kok sampai bisa terkunci begitu folder/file di komputernya? padahal kita tidak memberikan password/memproteksinya.Ya,itu memang sering terjadi dan disebabkan oleh beberapa hal.

File/Folder umumnya dibuat pada System NTSF.Jika ada perubahan Security ID pada bagian itu maka otomatis folder tidak akan bisa dibuka dan aksesnya langsung terblokir.Penyebab lainnya bisa juga karena sewaktu menginstall ulang Windows,kita memberikan password tapi lupa apa passwordnya setelah proses install selesai.Akibatnya ketika membuka folder tertentu di komputer akan muncul pesan peringatan File/Folder Access Denied.Pesan itu menandakan bahwa User yang sedang beroperasi tidak memiliki hak administrasi penuh pada komputer.Bila kalian masuk ke komputer sebagai User Standar,maka kesalahan akan timbul ketika akan membuka folder yang terlindungi.


Hak administrasi penuh hanya dimiliki oleh Local Administrator,yaitu orang yang dapat mengatur perubahan pada sistem komputer yang sedang di pakai.Pada jaringan komputer yang terhubung satu sama lain di sebuah tempat,jika kita ingin mengatur semua komputer,kita harus login sebagai Local Administrator,bukan hanya Domain Administrator.Karena jika kita login sebagai Domain Administrator,terkadang ada kebijakan Domain yang membatasi akses ke folder/file tertentu di komputer.Contoh sederhananya adalah ketika kalian menginstall Microsoft SQL Server.

Jika yang mengakses bukanlah Local Administrator,otomatis kalian akan sering mendapatkan pesan error seperti “Microsoft SQL Server Fails to Start”.Dan bukan cuma itu saja,Access Denied dapat timbul karena adanya pembatasan pada User Account Control (UAC).Akibatnya ada registry yang tidak dapat di buka.Jadi untuk mengaksesnya,pastikan untuk membuka folder dengan klik kanan dan pilih Run as Administrator.Tapi cara ini tidak selalu berhasil.Nah,gimana kalau nggak bisa  juga walaupun sudah memilih Run as Administrator? Tenang,masih ada solusi lainnya dan supaya lebih jelas lagi silahkan saja disimak Cara Membuka File/Folder Access Denied berikut ini :
1. Buka Window Explorer 
2. Pilih menu Organize
3. Klik tulisan Folder and Search Options


4. Aktifkan Show Hidden Files,Folders and Drivers


5. Hilangkan tanda centang pada Hide Protected Operating System Files 
6. Klik Ok
7. Klik kanan pada Folder yang mau di buka
8. Pilih Properties


9. Klik menu Security > pilih Advanced


10. Klik pada tulisan Administrators


11. Beri tanda centang pada “Replace Owner on Subcontainers and Objects”
12. Klik Ok

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*