Cara Membuat Form Contact Us Di Blog

loading...
Haloo sobat media2give^^ Kali ini saya akan berbagi tips tentang dunia blogger,lebih tepatnya soal Cara Membuat Form Contact Us Di Blog.Jika kalian sudah lama terjun ke dunia blog pasti sudah tau tentang Contact Form ini.Contact Form punya beberapa nama sebuatan yang populer seperti Contact Us,Kontak Kami dan Hubungi Kami.Membuat halaman Contact Us ini penting bagi yang ingin tampilan blognya terlihat lebih bagus dan professional.Untuk blog yang sudah ramai di kunjungi visitor tentunya di sarankan untuk memakai Contact Us pada blognya.

Kenapa? karena Contact Us ini akan memudahkan pengunjung yang ingin menghubungi admin blog jika ingin menanyakan sesuatu.Bayangkan saja jika tidak ada Contact Us,visitor nanti akan kebingungan saat ingin berkomunikasi dengan pemilik blog dan akhirnya terpaksa meninggalkan pesan di salah satu artikel blog.Sebenarnya tidak memasang Contact Us di blog pun tidak masalah.Penggunaannya tergantung dari kebutuhan pemilik blog tersebut.Yang jelas agar membuat visitor blog kita senang adalah dengan merespon apa yang mereka katakan terkait informasi yang terdapat pada artikel yang sudah kita publish di blog.

Semakin bagus dan cepat respon admin terhadap komentar pengunjung,semakin baik pula blog itu di mata visitor.Karena mereka akan merasa di hargai jika pertanyaannya di jawab secara jelas oleh admin.Contact Us juga memungkinkan kita mendapatkan tawaran dari pihak lain misalnya ada ketertarikan terhadap blog yang kita kelola dan mengajukan permintaan untuk menjalin kerjasama.Hal ini sering dijumpai di blog-blog yang memiliki trafik tinggi.Selalu ada saja tawaran seperti pemasangan iklan atau jasa lainnya.Contact Us menjadikan blog kita terlihat professional,sekalipun konten di dalamnya campur-campur,tidak khusus membahas 1 atau 2 niche saja.

Selain itu bagi yang ingin menjadi publisher AdSense,perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Contact Us ini.Berdasar dari pengalaman beberapa blogger lain,Contact Us ini sangat membantu agar bisa cepat di approve oleh AdSense.Dari semua kegunaan Contact Us tersebut,masih ada sedikit kekurangannya.Contact Us kadang dipakai orang yang iseng untuk mengirim pesan yang aneh atau tidak jelas ke email kita.Contact Us ini terhubung ke email sehingga setiap pesan yang di kirimkan otomatis masuk juga ke email kalian.Tapi tidak perlu khawatir,yang menyalahgunakannya cuma segelintir orang saja.Sebagian besar menggunakannya dengan benar untuk menghubungi admin.

Manfaat memasang Form Contact Us pada blog :
1. Memudahkan pengunjung yang ingin menanyakan sesuatu tentang blog kita.Contact Us ini jika di pasang akan terlihat di bagian atas/header blog sehingga mudah di temukan/di lihat visitor blog.
2. Pengunjung dapat bertanya secara pribadi,berbeda halnya jika mereka bertanya lewat kotak komentar blog.Dengan begitu hanya pengirim pesan dan admin lah yang tau apa isi pesan yang di kirimkan.
3. Pengunjung bisa memberikan kritik atau saran terkait blog itu,misalnya saja jika mereka merasa kurang nyaman dengan tampilan atau iklan yang menggangu.Semuanya bisa di beritahukan kepada admin lewat Contact Us
4. Pengunjung dapat request sesuatu pada admin.Kadang ada pengunjung yang membutuhkan bantuan dan meminta tolong untuk menyediakan informasi atau file yang mereka butuhkan.Contohnya seperti file penting,musik,film,game atau aplikasi

Nah,lalu bagaimana cara untuk membuat/memasang Form Contact Us pada blog? Caranya cukup mudah dan cepat,dengan memanfaatkan sebuah situs online penyedia Contact Form.Kalian tidak perlu repot-repot mendaftar karena layanan ini gratis.Agar lebih jelasnya lagi,kalian bisa langsung saja menyimak langkah-langkahnya berikut ini :


1. Buka situs www.foxyform.com
2. Pada menu Settings,pilih opsi yang mau di pakai 


3. Agar mudah aktifkan saja tanda ceklist pada Name dan E-Mail
4. Pada Advanced Settings dipakai untuk merubah tampilan warna dan font


5. Pada menu Target E-Mail Address isi dengan email kalian


6. Jangan lupa isi captcha di bagian bawah > klik Create Formular


7. Setiap perubahan format Form bisa dilihat pada bagian Preview
8. Copy script kodenya > buka menu Laman blog
9. Pilih Laman Baru 


10. Beri judul Contact Us > ubah tampilan menjadi HTML
11. Tambahkan tag <center> </center> pada kode tadi
12. Contoh : <center>KODE SCRIPT DISINI</center>
13. Paste kodenya > klik Publikasikan
14. Agar halaman Contact Us tidak di komentari pengunjung,klik menu Pilihan


15. Klik Jangan bolehkan, sembunyikan yang ada > klik Selesai


16. Masuk ke menu Tata Letak > klik pada tulisan Edit di Pages – Menu


17. Aktifkan tanda ceklist pada Contact Us > klik Simpan

loading...

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*