Hii Seram Ada Ular Masuk Ke Dalam Motorku

loading...
Haloo sobat media2give^^ Kali ini saya mau berbagi cerita nih,mungkin agak seram ya hehe.. Cerita ini berkaitan dengan ular,lebih tepatnya lagi soal Hii Seram Ada Ular Masuk Ke Dalam Motorku.Yap,kalau dengar nama ular,apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian? hewan yang panjang? meliuk-liuk dan tampangnya menakutkan? Mungkin itu yang kalian pikirkan tentang ular.Ular ini bisa membuat siapa saja menjadi ketakutan,apalagi kalau sampai berpapasan di jalan.Kebanyakan orang akan menghindari ular jika bertemu.Emangnya berani kalau ngajak duel satu lawan satu? nggak kan? hahaha.. mendingan kabur aja deh cari aman daripada kita kena serangannya.

Nah,ular ini mudah di temui pada habitat yang biasa di tempatinya untuk hidup.Ular adalah makhluk yang hidup berpindah-pindah dan tak bersarang secara menetap.Ular akan pindah ke tempat dimana banyak mangsanya.Diantara mangsa yang sering di incar adalah tikus ataupun ayam.Lokasi di pinggir sawah serta yang banyak semak belukarnya menjadi tempat favorit ular untuk tinggal.Terkadang ular bisa juga datang ke rumah-rumah warga,mungkin lagi nyasar ya? atau mau kenalan kali hehe.. Kenapa ular datang ke rumah kita? Bisa jadi karena di dalam rumah kita ada tikus,karena ular mencari tikus untuk di mangsa.

Otomatis kalau ada tikus di dalam rumah,akan mengundang ular untuk datang.Pada dasarnya ular takut dengan manusia,ketika bertemu manusia ular akan berusaha menghindar.Tapi perlu di ingat juga bahwa ular bisa jadi agresif jika merasa terganggu.Maka jangan suka usil ya kalau ngeliat ada ular di dekat kita hehe.. Ular suka dengan tempat-tempat yang gelap dan sempit dan yang bersuhu hangat.Jika rumah kalian suhu di dalamnya lebih hangat daripada di luar,bisa saja tuh si ular menghampiri rumah kalian.Seperti yang terjadi pada rumah saya beberapa hari yang lalu.Ada seekor ular yang tiba-tiba muncul di dalam rumah.

Waktu itu saya sedang beres-beres rumah dan membuang sampah di belakang rumah.Saat kembali ke dalam rumah,saya langsung makan karena capek dan ingin mengisi tenaga lagi.Di meja makan cuma ada mie instan,yaudah langsung sikat aja deh haha.. Lalu saya pergi sebentar ke kamar dan waktu balik lagi ke ruang makan,tiba-tiba ada ular di lantai.Waduuhh gawatt!! Mana saya sendirian lagi di rumah.Soalnya saya termasuk takut dengan ular hehe.. Karena kaget waktu berpapasan,ular itu pergi dan merayap ke lubang bawah pintu untuk keluar rumah.Nah,untuk jaga-jaga saya langsung ambil tongkat panjang.

Walaupun agak takut,tapi saya berusaha menguatkan diri untuk berani mengusir ular itu.Salah satu faktor pendukung keberanian itu juga karena saya melihat ciri fisik ular yang saya jumpai itu.Bentuk tubuhnya ramping,kepalanya berbentuk oval,pupil matanya bulat dan tidak ada lubang di bawah hidungnya.Dari situ saya sudah menduga kalau ular ini tidak berbisa.Saya nggak tau darimana ular itu datang.Padahal jeda waktu saya ke kamar dan kembali lagi ke ruang makan kurang dari 1 menit.Kalau jatuh dari atap kayaknya nggak mungkin,karena kalaupun iya pasti ada bunyi jatuh seperti plaak gitu.


Cicak jatuh dari atap aja saya denger kok,masa ular nggak kedengeran suaranya.Sedangkan kalau merayap dari tempat lain,kayaknya nggak juga.Soalnya ular itu ada di lantai yang licin,pastinya susah bergerak.Trus gimana caranya ular itu bisa nongol tiba-tiba? entahlah,masih jadi misteri buat saya.Setelah ularnya keluar rumah,timbul lagi masalah baru.Ular itu merambat naik ke motor saya yang kebetulan waktu itu di parkir diluar.Sesaat kemudian ular itu malah masuk ke mesin motor.Duh gimana ini? saya langsung bingung waktu itu.Saya ambil center untuk menyoroti dimana ular itu sembunyi tapi nggak kelihatan juga.

Pelan-pelan motor saya nyalakan,berharap ularnya terganggu dengan mesin yang panas dan getaran suaranya.Namun usaha itu gagal,ularnya nggak mau keluar.Saya coba goyang-goyangkan motor,tapi tetap sama hasilnya.Akhirnya saya putuskan nungguin itu ular sampai bosan di dalam.Saya coba intip ke dalam motor,mencari lokasi ular itu sembunyi.Disini nggak ada,disitu nggak ada.. trus dimana dia sembunyi? Akhirnya kepala ular itu nongol sedikit,rupanya dia sembunyi di bagian belakang motor,di dalam ekor motor.Langsung aja saya sodok pakai tongkat,tapi justru ular itu masuk lagi ke motor.

Aduh gimana ini? Setelah kebingungan,akhirnya saya dapat ide.Saya ambil VAPE (semprotan serangga) untuk mengeluarkan ular itu.Beberapa kali di semprot,ular itu mulai nggak betah di dalam.Saya ingat informasi tentang ular yang tidak suka bau menyengat,jadi timbullah ide untuk pakai semprotan itu.Ternyata benar,nggak lama habis kena semprot ular itu merayap keluar motor.Tapi.. kok malah mendekati saya? Saya jadi panik dan dengan gerakan refleks langsung memukul ular itu beberapa kali sampai ular itu tidak bergerak dan mati.

Serem juga liat ada darah berceceran gitu di lantai.Saya pernah baca-baca info sih yang katanya tidak boleh membunuh ular.Karena penasaran,saya coba searching di internet.Rupanya banyak penjelasan tentang ular dan boleh/tidak membunuhnya.Di dalam agama islam ada tata cara membunuh ular dan ada ular yang tidak boleh di bunuh.Ular yang ada di rumah-rumah itu bisa jadi adalah Jin Awamir,yaitu Jin yang tinggal di rumah dan menyerupakan diri saat muncul seperti menunjukkan diri dalam wujud ular.

“Jin itu ada tiga golongan. Satu golongan yang mempunyai kepak yang terbang ke sana ke mari, satu golongan pula berbentuk ular dan anjing, manakala golongan yang ketiga ada yang tinggal setempat dan ada yang berpindah randah.” (Mustadrak Al-Hakim)

Rasulullah saw bersabda, “Janganlah membunuh ular penghuni rumah kecuali ular yang pendek ekornya (Al-Abtar) dan mempunyai dua garis putih yang ada di punggung ular tersebut (Ath-Thufyatan)  karena ia dapat menggugurkan kandungan dan membutakan mata. Bunuh-lah ular itu “. (HR Bukhari)

Sedangkan untuk ular yang muncul di rumah itu,ada larangan untuk membunuhnya dan bila bertemu sebaiknya di halau dan mengatakan.“Engkau berada dalam kesulitan!” Jika ular itu adalah Jin maka dia bisa mengerti perkataan tersebut.Bila ularnya tidak pergi atau muncul lagi sampai 3 kali setelah itu,maka boleh dibunuh karena dia adalah syaitan yang kafir.

Sementara ada hadits yang memperbolehkan untuk membunuh ular seperti hadist berikut ini :

“Bunuhlah ular-ular, karena sesungguhnya kami tidak pernah berdamai dengan mereka sejak kami memerangi mereka.” (Hadits Riwayat Thabarani, hadits ini hasan)

“Bunuhlah ular seluruhnya, barangsiapa yang mengkhawatirkan balas dendamnya ular-ular tersebut maka dia bukan dari golonganku.” (Hadits Riwayat Abu Dawud no. 5249)

Lalu bagaimana membedakan mana ular yang boleh dan tidak boleh di bunuh?

Ular yang boleh dibunuh adalah ular yang berada di luar rumah dan yang membahayakan/berbisa.Oleh karena itu paling nggak kita harus tau cara mengenali ciri-ciri ular berbisa dan yang tidak berbisa.Ular yang merupakan Al-Awamir ini tidak boleh di bunuh karena pada zaman Nabi,Al-Awamir (jin berwujud ular) ini telah banyak memeluk islam di Madinah.Jika ingin agar ular dari golongan Awamir ini pergi,perlu diberi peringatan dulu.

Terkait ular yang saya pukul sampai mati itu,saya sendiri masih bingung apakah tindakan saya salah/tidak.Masalahnya,sulit membedakan itu ular asli ataupun Jin.Dan kondisi saat itu juga menegangkan karena ular itu mendekati saya.Jadi tanpa pikir panjang,saya berusaha mempertahankan diri.Dalam pikiran saya,sepertinya saya pernah melihat ular dengan corak seperti itu,tapi lupa apa namanya.

Elaphe Radiata
Dan saya coba cari info lagi,rupanya benar kalau ular itu tidak berbisa.Ular itu masuk dalam jenis Elaphe Radiata/ular tikus.Ciri khas ular ini adalah wananya yang kecoklatan dengan tubuh yang kecil dan memiliki garis hitam melintang di bagian atas kepalanya.Jika ular ini merasa terancam/terganggu,maka dia akan marah dan uniknya saat sedang marah,ular ini akan menarik badan ke belakang dan memposisikan kepala serta tubuhnya membentuk huruf “S”.


Bagi kalian yang takut dengan ular atau tidak tau bagaimana cara menghadapi ular di rumah,saya ada beberapa tips yang bisa di terapkan.Setidaknya dengan cara ini akan membantu kita untuk bisa menjaga keselamatan diri sendiri jika berpapasan dengan ular.


Tips mencegah ular datang ke rumah kita :
1. Ular datang ke rumah karena ada mangsa,artinya kita harus singkirkan mangsa itu,bisa seperti tikus di rumah
2. Jangan menyimpan barang bekas sampai menumpuk tinggi karena bisa di pakai sebagai sarang ular
3. Tanam pohon serai di sekitar rumah karena ular tidak suka dengan aroma serai
4. Pastikan tidak ada timbunan sampah di sekitar rumah,karena ada sampah pasti ada tikus,dan ada tikus kemungkinan ular juga akan datang
5. Pelihara hewan yang bercakar dan bertaring seperti kucing karena ular biasanya menghindari hewan ini

Tips mengusir ular keluar dari rumah :
1. Jika berpapasan jangan panik dan melakukan gerakan tiba-tiba
2. Gunakan semprotan serangga untuk mengusirnya pergi,pastikan ada jarak aman saat menyemprot
3. Jika ular mulai mendesis,waspadalah karena dia mulai marah
4. Ambil tongkat untuk menjauhkan ular dari rumah,jika sempat cobalah untuk melilitkan kain di ujung tongkat dan menyiram dengan bensin/minyak tanah.Tujuannya agar penciuman ular terganggu dan tidak fokus ke kita.
5. Jangan gunakan senter karena ular sensitif dengan cahaya.Gerakan senter bisa memprovokasi ular untuk menyerang sumber cahaya.
6. Jangan taburi tubuh ular dengan GARAM,karena percuma.Ada anggapan kalau garam bisa membuat hewan yang berkulit licin,lengket atau berlendir akan mati jika kena garam.Nyatanya kulit ular itu tahan garam dan tidak berlendir.

loading...

10 Comments

  1. @yanto cungkup
    iya mas,mau besar ataupun kecil tetep aja takut klo ketemu dengan ular.Saya sendiri masih bingung darimana munculnya.Apa itu ular beneran/bkn saya jg nggk tau krn di Agama islam bisa jadi itu Jin Awamir yg berwujud ular

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*