Penyebab Facebook Down : Sorry, Something Went Wrong

loading...
Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi ya dengan kalian di posting ini hehe.. Setelah beberapa hari nggak bisa update karena banyak kegiatan,akhirnya sekarang ada juga deh kesempatan buat sharing ilmu lagi.Yap,pada artikel ini saya akan membahas informasi tentang Penyebab Facebook Down : Sorry, Something Went Wrong.Hmm,Facebook error lagi ya? Jika kalian yang menggunakan Facebook pada tanggal 24 September 2015 jam 23.30 WIB pasti menyadari masalah ini.

Saya sendiri juga terkejut ketika sedang asyik memakai facebook tiba-tiba langsung error.Waktu itu bingung juga apa masalahnya kok nggak bisa buka Facebook.Apakah jaringan internet saya yang bermasalah atau bagaimana ya? Yang saya takutkan kalau akun saya di hack/di ambil orang yang tidak bertanggung jawab dan menggunakannya.Karena dulu juga pernah sih kejadian mau kena hack,akhirnya akun saya di bekukan sampai bisa memverifikasinya dan baru bisa di pakai lagi.


Karena penasaran,saya coba login dengan browser yang lainnya,namun hasilnya tetap sama.Facebook nggak bisa di akses juga dan hanya muncul pesan peringatan yang bertuliskan Sorry, Something Went Wrong.Dari situ saya mulai menduga kalau problem ini mungkin saja karena Facebook yang sedang maintenance atau melakukan perbaikan sistem.Saat mencoba mengaksesnya beberapa saat kemudian,halaman Facebook sama sekali tidak muncul.Baru kira-kira 30 menit setelah itu Facebook normal kembali.



Rupanya penyebab utama Facebook tidak bisa di akses itu karena adanya serangan DDos dari sekelompok peretas jaringan.Mereka menggunakan nama anonymous.Kelompok ini adalah bagian dari sekumpulan hacker yang biasa melakukan aksinya pada situs-situs di internet dan memiliki akun di Twitter (@AnonOps).Tapi mereka menolak jika masalah pada Facebook itu diakibatkan karena ulah mereka.Serangan sebenarnya berasal dari user Twitter yang mengatas namakan @YourAnonNews.Apa itu serangan DDos (DDos Attack)? 

DDos (Distributed Denial of Service) Attack merupakan upaya untuk membuat sumber daya pada sistem tidak mampu di gunakan oleh user sehingga pengguna tidak dapat mengakses sistem jaringan tersebut.DDos/Penolakan Layanan Terdistribusi bertujuan untuk menyerang target agar tidak bisa melayani permintaan user,caranya dengan memakai komputer zombie yang jumlahnya besar.Komputer zombie ini adalah komputer pengguna yang dipaksa menjadi zombie setelah terinfeksi malware/virus.Hacker menggunakan malware/virus tersebut untuk mengendalikan komputer lain dari berbagai tempat dan menyerang targetnya.


Cara Hacker mencegah akses pengguna pada jaringan :
– Membanjiri lalu lintas dengan banyak data sehingga server menjadi terlalu sibuk dan mengabaikan permintaan user.
– Membanjiri jaringan dengan fake request sehingga sistem akan overload dan kewalahan melayani permintaan.

Fake Request  Vs User Request
Akibat paling fatal jika terkena DDos Attack adalah sistem yang down,baik itu untuk sementara waktu maupun selamanya.DDos Attack bisa menyerang ke target mana saja seperti sistem operasi,layanan jaringan ataupun aplikasi.DDos bekerja dengan mengirimkan request ke server yang jumlahnya sangat banyak.Serangan ini bisa di ibaratkan dengan kondisi saat di Supermarket,dimana kasirnya adalah server.Sedangkan pembeli sebagai usernya.


Saat pembeli ingin membayar barang,dia akan pergi ke kasir dan mengantri.Kasirnya akan melayani permintaan itu satu per satu.Nah,seperti cara kerja DDos Attack tadi,Hacker menggunakan banyak fake request,di ibaratkan sebagai pembeli yang berpura-pura mau membayar tapi kelupaan dengan barang yang belum di beli.Akhirnya dia akan balik lagi mencari barangnya,sedangkan pembeli lain harus menunggu sampai selesai.Ini sudah memakan banyak waktu,sementara jumlah kasirnya sedikit untuk melayani pembeli.

Jika semua pembeli melakukan ini,lama-kelamaan kasir akan kewalahan,tidak bisa melayani pembeli lain dan bebannya bertambah karena makin lama yang mengantri makin banyak,bahkan sampai keluar Supermarket.Dalam keadaan ini Supermarket tidak mampu lagi melayani pembeli dan akhirnya tutup.Nah,DDos Attack juga akan berakibat seperti itu.Selama Facebook down,bagi sebagian pengguna tidak akan bisa mengaksesnya dan sebagian lainnya masih bisa membuka Facebook,namun hanya pesan error yang muncul di layar.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*