Apa Ciri-Ciri Burung Jalak Nias?

loading...
Burung Jalak Nias,salah satu jenis burung yang kini mulai banyak di gemari penyuka burung.Meskipun namanya Jalak Nias,namun burung ini sebenarnya bukanlah burung endemik di pulau Nias,Sumatera Utara.Jalak Nias masih termasuk dalam family Sturnidae (Jalak).Dalam dunia internasional,burung Jalan Nias biasa disebut juga dengan nama Common myna dan masih satu jenis dengan burung Beo (Mynas).Burung ini memiliki nama latin Acridotheres tristis.

Jalak Nias termasuk burung yang cukup terkenal,tidak kalah populer dari jenis jalak lainnya,seperti Jalak Suren.Burung yang satu ini tergolong dalam tipe burung ominovora yang memiliki insting menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan yang kuat.Bahkan Jalak Nias bisa hidup di daerah perkotaan yang kondisinya ekstrim,karena burung ini mempunyai kemampuan adaptasi yang cepat.Jumlah populasi penyebarannya meluas dan meningkat sejak tahun 2000 dan merupakan salah satu yang terbanyak dan invasif.

Acridotheres tristis termasuk pada 3 jenis dari 100 spesies burung yang memiliki dampak langsung pada lingkungan.Burung ini sering berada di area pertanian dan karena jumlahnya yang banyak,sering juga di namai sebagai burung hama.Adapun ciri khas burung Jalak Nias bisa di lihat langsung pada warna tubuhnya.Umumnya burung Jalak Nias memiliki warna tubuh dominan coklat dengan bagian kepala berwarna hitam dan membentuk seperti kerudung.

Bagian sekitar matanya terdapat area berwarna kuning yang nampak jelas,sedangkan paruhnya juga berwana kuning.Begitupun dengan warna kaki,yang sama-sama kuning.Pada bagian sayap terdapat warna putih,lebih tepatnya di sekitar sisi luar sayap.Burung ini adalah tipe burung yang hidup berpasangan antara jantan dan betina.Untuk membedakan jantan dan betina,ada beberapa cara mudah yang bisa di lakukan,misalnya saja dengan membandingkan berat tubuhnya.

Jalak Nias jantan memiliki berat kurang lebih 109 gr,sementara yang betina beratnya 120-138 gr.Selain itu,perbedaan dapat dilihat dari kebiasaannya berkicau.Burung jantan lebih suka mengeluarkan suara kicau,berperilaku lebih agresif dan saat berkicau akan mengembangkan jambulnya.Pada burung betina tidak ada ciri seperti itu.Cara lain adalah dengan melihat cakarnya,jika panjang berarti itu adalah yang jantan.

Bisa juga dengan memperhatikan bagian kepala,karena burung jantan biasanya kepalanya berbentuk pipih dengan sedikit jambul.Dari segi warna bulu,untuk Jalak Nias betina akan berwarna kusam,lain dengan burung jantan yang terlihat mengkilap.

Habitat
Burung Jalak Nias hidup di kawasan Asia,karena burung ini adalah burung asli dari Asia.Penyebarannya meliputi negara Iran,India,Sri Lanka,Malaysia,Indonesia dan China.Kini dengan populasinya yang semakin bertambah,Jalak Nias bisa di jumpai pula pada negara Canada,Austalia,Israel,New Zealand dan South Africa.

Kebiasaan
Burung Jalak Nias terkenal karena suara kicaunya yang keras,lantang dan merdu.Burung ini bisa menirukan kata/kalimat yang di ucapkan oleh manusia.Meskipun tidak sepintar burung Beo,namun jika di bandingkan Jalak jenis lain,burung yang satu ini lebih mudah di latih berbicara.

Hanya yang jantan saja yang mempu menirukan suara manusia,sedangkan betinanya tidak bisa.Jalak Nias akan mengeluarkan suara pekikan untuk 2 kondisi yang berbeda.Pertama,saat akan terbang dan kedua,untuk memberi peringatan pada pasangannya jika ada bahaya yang mendekat.

Berkembang Biak
Burung Jalak Nias di yakini hidup dengan pasangannya dan berkembang biak dengan lokasi berbeda-beda dan suka berpindah tempat.Sarang mereka di bangun pada celah-celah pohon atau dinding rumah.Dalam berkembang biak,Jalak Nias akan bertelur sebanyak 4-6 butir dengan masa pengeraman selama 17 hari.Di musim kawin,burung ini lebih banyak menghabiskan waktu di sarang.

Menurut sebuah penelitian pada April-Juni 1978,aktivitas yang mereka lakukan di masa kawin adalah 42% bersarang,28% mengawasi lingkungan sekitar,12% bergerak,4% makan,7% berkicau dan 7% kegiatan lainnya.Burung Jalak Nias tidak suka membuat tempat sarang sendiri.Biasanya mereka akan mengambil alih sarang burung pelatuk dan parkit,lalu mengusir pemiliknya,untuk kemudian menggunakannya.

Makanan
Makanan utama dari burung ini adalah belalang,serangga lain,mamalia,biji-bijian dan buah-buahan.Jalak Nias biasa mencari makan di tanah dan rumput-rumput untuk mencari serangga.Makanan kesukaan mereka adalah belalang.Sehingga mendapat julukan khusus,Acridotheres (pemburu belalang).


Bertengger
Bertengger adalah aktivitas umum kebanyakan burung,sama dengan Jalak Nias.Yang membedakan adalah,kebiasaan burung ini bertengger secara komunal/bersama-sama.Tujuannya adalah untuk menghindari predator yang mengincar mereka dan saling bertukar informasi tentang sumber makanan dengan burung lain.Waktu bertengger mereka di mulai sebelum matahari terbit sampai matahari terbenam.

Perawatan
Bagi Anda yang ingin menangkarkan burung Jalak Nias,perlu dengan rajin untuk selalu memperhatikan kebersihan kandang dan pakan,karena burung ini adalah burung yang aktif,sehingga kandangnya juga lebih cepat kotor.Beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk menjaga agar burung Jalak Nias tetap bersih dan juga sehat.

1. Jalak Nias sangat suka dengan air,tempat minumnya pun cepat kotor.Oleh karena itu mengganti tempat minumnya harus diperhatikan.
2. Untuk pakan,pastikan memberi makanan yang bervariasi selama 2-3 hari sekali agar burung mendapatkan nutrisi yang berbeda-beda.
3. Bersihkan kandang 2 hari sekali,pada pagi hari dan sore hari demi menjaga agar tidak terkontaminasi bakteri dari kotoran di kandang.
4. Memandikan burung sebelum makan dengan metode semprot sampai tubuhnya basah.
5. Anda juga bisa memberikan Testobird Booster untuk membuat kicaunya lebih gacor.
6. Jika ingin agar burung pandai berbicara/meniru suara,sebaiknya di pelihara sejak masih anakan.

Tips Menjinakkan Jalak Nias
Ketika baru awal di tangkarkan,seringkali burung ini susah diam dan bergerak sangat aktif.Nah,untuk membuatnya menjadi jinak,Anda bisa memakai metode mudah,dengan memandikan burung tersebut hingga basah kuyup.Saat tubuhnya basah,burung akan merasa lapar dan disitulah waktu yang tepat untuk menjinakkannya.Perlu dilakukan secara rutin agar efeknya terasa dan membutuhkan kesabaran.Info lengkap seputar burung Jalak Nias bisa Anda cek di web Budidaya Kenari.

loading...

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*