Performa Balap Valentino Rossi Dengan Special Livery

loading...
Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Performa Balap Valentino Rossi Dengan Special Livery.Hmm,udah pada tau belum apa itu Livery? apa ya Livery itu? sering dengar namanya di MotoGP tapi nggak tau apa artinya.Nggak perlu penasaran sob,disini akan di bahas tuntas tentang Livery.Yap,Livery dalam bahasa inggris,jika diartikan adalah “Pakaian Seragam”.Seragam buat siapa? Sudah tentu seragam untuk motor.

Jadi dalam pemahaman mudahnya,Livery ini adalah corak khusus yang dibuat pada motor agar menjadi berwarna dan menjadi ciri khusus yang membedakan dengan motor lain.Di MotoGP masing-masing motor memiliki desain unik yang bervariasi,terkadang di sesuaikan dengan pribadi atau style yang di sukai ridernya.Tanpa Livery,penonton pasti susah membedakan itu motornya siapa yang lagi balapan.Kebayang kan,kalau semua cat motornya putih,gimana tuh membedakannya? paling-paling harus melihat nomor urut pembalapnya.


Bukan cuma penonton yang bingung,komentatornya juga pasti bakalan pusing menyebut nama ridernya ya hehe.. Livery ini biasanya dipilih dengan warna yang menjadi warna utama dalam pabrikan/tim itu sendiri.Misalnya kalau Yamaha,warna dominannya pasti biru tua,sedangkan Honda dengan warna orange cerah dan Ducati dengan warna merah kebanggaannya.Livery ada juga yang dibuat khusus untuk seorang rider dan bisa dipakai sebagai sample untuk di produksi massal.Setiap tahun Livery ini akan diperbarui agar tidak membosankan sekaligus karena adanya perubahan sponsor.

Pada setiap bagian motor,logo sponsor akan di pasang dengan cat khusus.Penempatan sponsor tergantung dari kesepakatan sebelumnya dengan tim yang di sponsori.Makin besar pendanaan dari sponsor,maka logonya juga akan makin besar ukurannya dan di letakkan pada posisi yang strategis dan mudah di lihat.Begitu juga dengan sponsor yang menaungi Yamaha,yang telah berganti dari dulu mulai Gauloises,Camel,Fiat sampai Movistar.Bicara soal Livery,nggak lengkap rasanya jika tidak menghubungkannya dengan nama Valentino Rossi.

Rossi terkenal bukan karena prestasi dan kehebatannya saja di lintasan,tapi juga dari sisi seni dan entertain yang dia miliki.Salah satunya di tuangkan dalam bentuk Livery ini.Rossi tercatat sudah berganti Livery sampai 9 kali sejak tahun 2001.Itu belum termasuk beberapa Livery saat sesi uji coba/tes untuk musim berikutnya.Terakhir kali mengganti Livery,Rossi finish di urutan ke 3 pada GP Laguna Seca,Amerika.9 pergantian Livery itu masing-masing 2 kali saat masih membela Honda dan 7 kali saat bersama Yamaha.

Lalu bagaimana performa Rossi jika memakai Special Livery? apakah bagus/justru kurang bagus? Mari disimak prestasi Rossi ketika berganti Livery berikut ini :
2001 GP Mugello (Italy)
Hawaiian Livery – Tidak Finish (DNF)
2003 GP Valencia (Spanyol)
Austin Powers Livery – Podium 1
2005 GP Laguna Seca (US)
Yamaha 50th anniversary (yellow/black) – Podium 3
2005 GP Laguna Seca (US)
Yamaha 50th anniversary (white/red) – Podium 3
2007 GP Assen (Netherlands)
Fiat 500 – Podium 1
2007 GP Phillip Island (Australia)
Fiat Abarth – Podium3
2008 GP Catalunya (Spanyol)
Italian World Cup colours – Podium 2
2009 GP Estoril (Portugal)
Fiat Punto Evo – Posisi 4
2010 GP Laguna Seca (US)
Fiat Laguna Seca – Podium 3
Test Bike Special Livery 
 2007 Test Valencia Livery
2009-2010 Test Valencia Livery

2013 Test Valencia Livery
2014 Test Valencia Livery
Festival  Special Livery
2015 Goodwood Festival Livery

Dari total 9 race dengan Special Livery,Rossi meraih 7 kali podium dengan 2 kemenangan.Dan jika di hitung berdasar presentase kemenangan,maka Special Livery ini memberikan 22% kemenangan untuk Rossi,sedangkan 78% nya adalah podium.Lalu bagaimana jika memakai Livery Yamaha yang biasa? Ternyata Rossi mencatat 2 kali lipat hasil yang lebih baik.Dengan Livery biasa,presentase kemenangan Rossi di tiap race sebesar 48% dengan 76% meraih podium.

Artinya kalau memakai Special Livery justru peluang Rossi menang di race lebih kecil,tapi kesempatan podium tetap besar karena cuma selisih 2% (78%-76%) antara memakai Livery biasa dan Special Livery.Setelah crash di GP Mugello 2001,Rossi tidak pernah mengganti Livery jika membalap di Mugello.Itu menurut kepercayaan yang dia yakini,mungkin takut hasilnya nggak bagus.Sebagai gantinya,Rossi tetap memberikan hiburan untuk penikmat MotoGP,terutama fansnya dengan membuat desain helm yang unik setiap kali akan membalap di Home Racenya sendiri,Italy.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*