Penyebab Aroma Hujan Terasa Menenangkan Hati

loading...
Haloo sobat media2give^^ Setelah beberapa hari nih nggak update artikel karena ada sedikit masalah,kali ini akhirnya bisa juga deh lanjutin bagi-bagi informasi lagi untuk kalian semua hehe.. Yap,pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Penyebab Aroma Hujan Terasa Menenangkan Hati.Berhubung sekarang masih musim hujan,pas banget kan kalau saya mengulas tentang hujan? hehe.. Waktu hujan turun,apa yang biasanya kalian lakukan? 


Main air? di dalam rumah saja? atau malahan tidur? hahaha.. mentang-mentang udaranya dingin,keenakan deh kalau mau tidur,bisa langsung pules tuh.Tapi pernah nggak kalian berpikir lebih dalam tentang hujan? Hujan ini merupakan salah satu nikmat yang di turunkan Allah SWT untuk umat manusia agar mendapatkan berkah dari air hujan,karena air hujan dapat membantu tanaman tumbuh dengan subur yang hasilnya nanti juga untuk kepentingan hidup manusia.
Selain itu,hujan selalu membangkitkan kenangan masa lalu kita,seperti teringat kembali masa-masa dulu yang pernah dilalui.Entah saat bahagia di waktu kecil dulu,saat kita merasa sendiri ataupun momen romantis bersama pasangan di saat hujan.Seolah-olah kita ingin balik lagi menjalani masa-masa itu lagi.Terutama jika sedang merenung sendiri sambil mendengarkan rintik hujan yang membasahi bumi.

Rinai hujan basahi aku
Temani sepi yang mengendap
Kala aku mengingatmu
Dan semua saat manis itu
Masih ingat kan dengan lirik lagu itu? Ya,itu adalah lagu berjudul Hujan dari grup band Utopia.Lagu itu terasa romantis jika di nyanyikan ketika hujan sedang turun.Lagu itu menceritakan tentang seorang kekasih yang merindukan hujan turun karena di saat itu dia bisa bersama kekasihnya lebih lama,melewati hal-hal menyenangkan bersama.Sungguh memori indah yang pastinya sulit terlupakan.
Lalu apakah cerita di lagu itu ada di dunia nyata? Hmm,mungkin saja ya hahaha.. Entah kenapa kalau pas hujan tiba-tiba kita jadi melankolis dan bisa membuat kata-kata puitis bak penyair hehe.. Kali aja kebawa suasana dingin yang mundukung ya.Bagi saya,hujan dapat meresonansikan kenangan di masa lalu yang menggetarkan hati.Sampai ada ungkapan “di dalam rintik hujan terdapat lagu yang hanya dapat di dengar mereka yang rindu.” Wiihh,saya jadi ikutan romantis nih hehehe..


Nah,bicara soal hujan nih,ternyata ada hal lain yang menarik dari air hujan karena sadar atau tidak,ketika sedang hujan kita akan merasakan sesuatu yang berbeda,seperti mendapatkan ketenangan dalam hati.Air hujan selalu punya aroma khas yang menenangkan.Sebenarnya kenapa sih kok aroma hujan bisa menangkan hati? pada dasarnya air itu tidak memiliki aroma khusus,kecuali jika ada faktor lain yang mempengaruhinya.Bau yang menenangkan saat hujan itu disebut dengan istilah Petrichor.

Istilah ini pertama kali muncul di Yunani.Petrichor berasal dari kata “Petra” yang berarti batu dan “Ichor” yang berarti cairan yang mengalir dalam tubuh dewa Yunani.Istilah Petrichor mulai diperkenalkan oleh ilmuan bernama Isabel Joy Bear dan Roderick G.Thomas yang memakai istilah itu dalam jurnal mereka berjudul “Nature” yang terbit tahun 1964.Petrichor sendiri jika diartikan adalah bau yang di hasilkan saat air hujan jatuh ke tanah yang kering.Lalu kenapa Petrichor itu bisa mempunyai aroma/bau yang khas? 

Asal Aroma Petrichor
Petrichor bisa memiliki bau karena di pengaruhi oleh bakteri Actinomycetes.Bakteri ini bentuknya filamen dan hidup di tanah yang kondisinya lembab dan hangat.Bakteri ini berperan dalam menghasilkan humus untuk menyuburkan tanah.Saat musim kemarau dan tanah kering,bakteri ini akan membentuk spora tanah.Ketika tiba musim penghujan dan air hujan jatuh ke tanah,spora yang di hasilkan bakteri Actinomycetes akan terhempas ke udara dan berterbangan kemana-mana.


Spora ini tidak berbahaya,bahkan baunya mirip seperti penyegar udara.Dan bukan hanya spora saja yang menyebar di udara,melainkan masih ada 2 molekul lainnya,yaitu Geosmin dan Metilisoberneol.Geosmin sering tercium oleh manusia di kawasan yang banyak pepohonan.Jadi bau yang selama ini kita cium saat hujan sebetulnya bukanlah bau air hujan itu,melainkan spora tanah.Petrichor akan beraroma tajam di saat hujan pertama setelah kemarau panjang,sehingga baunya lebih terasa dan menimbulkan efek menenangkan. 

Aroma Hujan Tidak Selalu Menenangkan
Satu hal yang perlu di ingat bahwa tidak selamanya aroma yang tercium saat hujan itu membawa ketenangan hati.Sebab di daerah tertentu bisa saja aroma ini berbeda baunya.Jika kita tinggal di desa,kemungkinan besar akan bisa menghirup Petrichor ketika hujan,tapi lain halnya jika kita hidup di daerah perkotaan yang minim tumbuh-tumbuhan dan kawasan hijau.


Di kota yang sudah tercemar polusi udara,aroma yang di hasilkan saat hujan justru tidak enak.Ini di sebabkan karena bahan kimia yang tercampur bersama dengan air hujan membuat air hujan menjadi asam dan tidak menyehatkan.Hujan bisa saja menimbulkan kerugian pada manusia,seperti akan menyebabkan munculnya banjir.Tapi bukan hujan yang jadi masalahnya,melainkan ulah manusia itu sendiri yang tidak menjaga lingkungan dengan baik.

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*