Mengupas Tuntas Makna Lirik Lagu Prahu Layar

loading...
Haloo sobat media2give^^ Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Mengupas Tuntas Makna Lirik Lagu Prahu Layar.Hmm,kalau bicara soal lagu Jawa sebenarnya saya tidak terlalu banyak mengerti.Yah,meskipun tinggal di Pulau Jawa,tapi saya jarang mendengar lagu-lagu Jawa karena isi komputer Saya kebanyakan lagu barat dan lagu-lagu pop Indonesia hehe.. 

Kalau ngomongin lagu Jawa,ada satu lagu nih yang cukup populer,yaitu Prahu Layar.Pernah dengar lagunya? atau bahkan pernah menyanyikan? Wah,jadi inget jaman SMP dulu nih,waktu itu ada pelajaran Karawitan yang memakai lagu Prahu Layar ini sebagai lagu untuk latihan buat Pentas Seni atau acara tertentu di sekolah.Entah kenapa setelah dengar musiknya bisa langsung suka,enak di dengar gitu deh.Lagu ini cukup mudah dipelajari,apalagi dulu mainnya sama gamelan juga,salah satu alat musik khas Jawa Tengah.
Lagu ini termasuk dalam kategori Tembang Praon yang pertama kali di ciptakan oleh Ki Nartosabdho yang ikut serta dalam program mensukseskan pariwisata dalam event Visit Indonesia Year 2008.Lagu Prau Layar adalah lagu kebanggaan masyarakat yang hidup di pesisir pantau utara Jawa Tengah yang mayoritas bekerja sebagai nelayan.Lalu apa sih makna dari lagu Prahu Layar ini? Sebelum menuju ke pembahasan lebih lanjut,mari kita simak bersama lirik lagunya dulu.

Yo kanca ning nggisik gembira
(Yuk teman kita ke laut untuk bergembira)

Alerap lerop banyune segara
(Berkilau-kilau air lautnya)

Angliyak numpak prahu layar
(Hendak naik perahu layar)

Ing dina minggu keh pariwisata
(Di hari minggu banyak tempat wisata)

Alon prahune wis nengah
(Pelan-pelan perahu berjalan ke tengah laut)

Pyak pyuk pyak banyu pinelah
(Pyak pyuk pyak,bunyi air tersibak)

Ora jemu jemu karo mesem ngguyu
(Tidak bosan-bosan senyum dan tertawa)

Ngilangake rasa lungkrah lesu
(Menghilangkan rasa lemah dan lesu)

Adhik njawil mas jebul wis sore
(Adik mengingatkan mas,ternyata sudah sore)

Witing kelapa katon ngawe awe
(Pohon kelapa terlihat melambai-lambai)

Prayogane becik bali wae
(Sebaiknya pulang saja)

Dene sesuk esuk tumandang nyambut gawe
(Karena besok pagi akan bekerja kembali)

Makna Lagu Prahu Layar :

1. Liburan Itu Penting
Di bait lagu Yo kanca ning nggisik gembira,mengandung makna bahwa ayo kita berlibur kalau sudah saatnya tiba.Kapan waktu itu? di hari minggu,hari kita bersantai dan tidak bekerja.Lalu mau liburan kemana yang asik? Ke laut,karena disana kita bisa melihat keindahan yang terpacar dari air yang berkilau-kilau terkena sinar matahari seperti yang tertulis dalam bait Alerap lerop banyune segara.


Untuk menikmati liburan itu kita bisa naik kapal layar (Angliyak numpak prahu layar) agar bisa menuju ke laut.Terkadang setiap hari kita sibuk dengan rutinitas pekerjaan yang itu-itu lagi sehingga membuat kita jenuh.Di hari minggu lepaskanlah segala penat dan beban itu karena hari bebas,hari libur kita.Jadi jangan lupa berlibur untuk menyegarkan pikiran.

2. Saat Berlibur,Nikmatilah !
Ketika kita berlibur di pantai/laut dan perahu mulai berjalan ke tengah laut (Alon prahune wis nengah) dengan perlahan,nikmatilah masa-masa itu.Dengan deburan ombak dan angin yang berhembus,jadikan itu sebagai penyegar jiwa agar kita bisa melupakan sejenak segala tugas,pekerjaan yang membuat tubuh kita lelah.

Di dalam perahu kita bisa bercanda sambil tertawa-tawa sampai tak bosan berlama-lama berada di perahu (Ora jemu jemu karo mesem ngguyu) karena situasinya yang nyaman dan santai.Bunyi air yang tersibak Pyak pyuk pyak menambah sensasi liburan kita makin menyenangkan sehingga perasaan lemah dan lesu yang tadinya menempel di tubuh kita jadi hilang.Seperti yang tertuang dalam bait lagunya di bagian Ngilangake rasa lungkrah lesu.

3. Disiplin Waktu
Adhik njawil mas jebul wis sore adalah parafrase seseorang yang mengingatkan kakaknya agar jangan lupa.Lupa apa? lupa kalau ternyata hari sudah mulai sore.Ditandai dengan pohon kelapa di pinggir pantai/laut yang melambai-lambai (Witing kelapa katon ngawe awe).Itu merupakan isyarat bahwa matahari sebentar lagi terbenam dan hari berganti gelap.


Meskipun liburan itu nikmat,tapi jangan terlena dan lupa waktu.Jika sudah selesai saatnya liburan,mari kita kembali pulang ke rumah (Prayogane becik bali wae).Setelah puas menikmati liburan,otak kembali segar dan badan terasa lebih sehat,pulang pun perasaan akan senang karena semangat sudah pulih lagi setelah seharian menikmati keelokan pesona laut bersama orang-orang terdekat.

3. Jagalah Keindahan Laut Indonesia
Dalam lirik lagu itu di gambarkan sebuah tempat wisata di pantai yang indah dengan pohon kelapa yang ada di pantai yang biasanya kita gunakan sebagai tempat berteduh dari panas matahari.Selain itu air yang berkilau-kilau menandakan bahwa laut itu menyajikan berjuta pesona yang memanjakan mata kita.Maka dari itu,marilah untuk selalu menjaga keindahan pantai dengan cara peduli dengan lingkungan.

Tidak membuang sampah di sembarang tempat,tidak merusak alam agar pantai itu tetap asri,enak di pandang dan tetap menjadi tempat wisata untuk melepas lelah.Perahu layar juga merupakan alat transportasi tradisional yang perlu di lestarikan karena itu warisan budaya yang ada sejak dulu.Dengan tetap mengoperasikannya,berarti sama dengan mempertahankan alat transportasi ini tetap eksis di jaman modern sekarang.

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*