Cara Menghitung Penghasilan Dari Situs Iklan

loading...
Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas tentang Cara Menghitung Penghasilan Dari Situs Iklan.Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia tulis menulis online atau yang berkaitan dengan sebuah situs online,pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya iklan.Iklan merupakan sumber pendapatan yang sering di pakai para blogger,baik yang masih pemula ataupun yang sudah professional.

Hampir semua blog kini di isi dengan iklan,entah sedikit/banyak,yang jelas selalu saja muncul iklan di dalamnya.Kenapa begitu? karena iklan menjadi sponsor utama yang mendatangkan keuntungan material bagi si pemilik situs.Banyak pilihan iklan yang tersedia,mulai dari yang jenisnya CPC,CPM,Pop Up,Short Link,Text Link Ads,Video Ads,PPD,PPI dan juga CPL.Setiap jenis iklan memiliki cara kerjanya masing-masing.
Misalnya saja iklan CPC yang menggunakan sistem Cost Per Click.Yang artinya Publisher dibayar setiap kali terjadi valid click pada banner iklan yang di tampilkan.Google Adsense adalah salah satu iklan yang tergolong bertipe CPC/PPC.Terkadang ketika baru terjun ke dunia blogger,kita di pusingkan dengan banyaknya pilihan iklan tersebut,mana yang kira-kira menguntungkan dan mana yang kurang cocok dengan blog kita.

Cara mengetahui tipe iklan apa yang pas di pasang pada blog bisa di lihat dengan memperhatikan niche blog kita terlebih dahulu.Contohnya saja jika kita mengelola blog download,tentu jenis iklan Pay Per Download,Pay Per Install dan Pop Up cocok untuk di pasang di blog.Iklan-iklan itu akan memberikan hasil maksimal karena visitor blog yang berkonten download umumnya tertarik melakukan klik pada gambar/banner bertuliskan Download.


Lain lagi dengan blog kesehatan,mungkin akan lebih tepat jika memasang iklan dari situs PPC,bisa yang lokal atau PPC luar negri.Untuk yang berkategori umum,Google Adsense masih menjadi pilihan utama.Namun perlu di perhatikan juga jika kalian ingin menjadi Publisher Adsense,pastikan untuk memenuhi semua persayaratan saat akan mendaftar,karena banyak kasus permintaan menjadi Publisher yang di tolak.

Nah,jika sudah menentukan jenis iklan yang kita gunakan di blog,langkah utama yang tidak boleh terlewatkan adalah memaksimalkan pendapatan.Metode seperti blogwalking sering di pakai para pemilik blog untuk meningkatkan dollar dari situs iklan yang mereka ikuti dan terbukti berhasil.Semakin banyak visitor blog,kemungkinan earning yang di peroleh dari situs iklan juga akan makin tinggi.Dalam dunia advertising di kenal banyak istilah seperti Page Impression,Page Views,eCPM dan eRPM.Tahukah kalian apa maksud dari istilah-istilah itu?

Page Impressions
Page Impressions adalah Jumlah penayangan iklan yang di hitung berdasarkan berapa kali banner iklan ataupun script iklannya muncul dan di lihat oleh pengunjung blog.Perhitungan di mulai sejak Javascript dari iklan tersebut bekerja dan tampil pada browser.Jumlah unit iklan yang di pasang untuk 1 situs tidak mempengaruhi jumlah Page Impression yang di dapat.Jika kalian meletakkan 3 unit iklan Adsense pada 1 blog dan dibuka 2 kali oleh visitor,maka Page Impression yang masuk hanyalah 2.Sedangkan Unit Impressions nya menjadi 6 (3 unit iklan x 2 klik).


Page Views
Page Views ini hampir mirip dengan Page Impressions.Perbedaannya adalah pada cara menghitung tampilan iklan.Page Views di kalkulasi berdasarkan halaman yang berisi iklan di lihat oleh visitor blog,termasuk dari Googlebot juga ikut di hitung.Besar kecilnya Page Views di pengaruhi oleh traffik dan besarnya kunjungan pada blog tersebut.Terkadang Page Views bisa menurun karena blog yang lama tidak update artikel atau karena iklannya yang tidak muncul.

Kenapa bisa tidak muncul? jika Javascript pada browser yang di pakai di non aktifkan,otomatis iklan tidak akan terlihat.Selain itu,bila visitor blog menggunakan AdBlocker,iklan dari situs kita juga tidak akan bisa terlihat di browser mereka.Meski tidak muncul,Page Views nya masih terhitung karena sudah terbuka pada browser,hanya saja untuk Page Impressions nya tidak di hitung.

eCPM
Apa itu eCPM? eCPM (Effective Cost Per Mille) adalah biaya yang di bayarkan oleh Advertiser kepada Publihser untuk setiap kali terjadi Impressi.eCPM di hitung dengan simbol M yang di artikan sebagai Mille/1000 kali penayangan iklan.Jadi pendapatan akan bertambah tiap 1000 kali iklan tampil di blog.

Fungsi dari eCPM adalah untuk membandingkan total penghasilan dari channel iklan dan jenis iklan yang berbeda.Angka yang terdapat pada eCPM dapat menggambarkan se-efektif apa iklan itu bekerja pada sebuah situs.Dengan eCPM kita akan tau mana tipe iklan dan banner yang memberikan keuntungan lebih.
eRPM 
eRPM (Effective Revenue Per Mille) adalah jumlah pendapatan yang di peroleh setiap 1000 kali penayangan iklan.eRPM di pengaruhi oleh konten dan gambar.Untuk artikel dengan tambahan gambar akan menghasilkan eRPM yang lebih tinggi.Ini di sebabkan karena umumnya pengunjung blog tertarik melihat gambar terlebih dulu di bandingkan membaca keseluruhan teks dalam artikel itu.

Dalam situs iklan,eRPM dan eCPM memiliki pengertian yang sama.eCPM lebih di fokuskan untuk Publisher,sementara eRPM di pakai oleh Adveriser.Advertiser selalu berpikir tentang jumlah biaya yang mereka keluarkan,sedangkan Publisher akan berbicara tentang berapa banyak penghasilan yang mereka dapatkan.


Baik Page Impression,Page Views,eCPM dan eRPM semuanya digunakan untuk menentukan berapa earning yang kita peroleh dari situs iklan online.Pemakaiannya tergantung dari jenis iklannya.Untuk tipe iklan CPM dan Pop Under misalnya,hanya menggunakan eCPM,click dan Impressions.Lalu bagaimana caranya kita tau earning yang di peroleh setiap harinya dari iklan itu? Untuk menghitungnya,bisa dengan rumus seperti berikut ini :

                              eCPM
Earning/Revenue =  ——- x Impressions
                              1000

Agar lebih mudah memahami,akan Saya contohkan statistik earning dari Revenuehits ini.Revenuehits adalah situs iklan dengan sistem PPC,Pop Under dan CPM.Rate iklannya cukup tinggi dan cocok di pakai untuk semua platform dan blog yang low traffic ataupun high traffic.Dari Revenuehits Saya mendapatkan penghasilan yang lumayan.Jika kalian ingin mencobanya,bisa langsung daftar DISINI.



Disitu terlihat Impressions dan Clicks sebanyak 3.900,CTR 100 %,eCPM $0,19.Nah,untuk mengetahui jumlah Revenue,kita bisa memakai rumus perhitungan tadi dan seperti inilah hasilnya :

                              $0.19
Earning/Revenue =  ——- x 3.900 = $0,741 (di bulatkan menjadi $0,75)
                               1000

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*