Daftar Toko Charger Aki (Accu) Di Daerah Solo

loading...
Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi nih dengan kalian di posting ini ya.Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas informasi mengenai Daftar Toko Charger Aki (Accu) Di  Daerah Solo.Pastinya sudah pada tau kan apa itu Aki? Aki atau Accu merupakan bagian yang tidak bisa di lepaskan dari sebuah kendaraan.Kata Accu sebenarnya di ambil dari bahasa asing “Accumuleren” yang berarti mengumpulkan/menyimpan.Sedangkan jika di artikan menurut istilah,Aki adalah alat yang dapat di gunakan untuk menyimpan energi listrik ke dalam bentuk energi kimia.

Ada beberapa alat yang di kategorikan sebagai Accu,contohnya baterai dan kapasitor.Pada motor dan mobil,Aki berperan layaknya baterai yang mengalirkan listrik ke perangkat elektronik.Dalam sebuah aki,terdapat Anoda/lempeng positif yang terbuat dari Pb (timbal) dan juga Katoda/lempengan negatif yang berasal dari PbO2 (timbal dioksida).Kedua bagian ini masing-masing menjadi kutub positif dan negatif.Selain timbal,di dalam aki kita akan melihat juga Larutan Elektrolit yang terbuat dari Asam Sulfat (H2SO4) dengan tingkat kepekatan mencapai 30%.


PbO2 dan Pb di susun saling menyisip sehingga membentuk sepasang sel.Antara bagian yang berdekatan ini di pisahkan dengan Isolator sebagai penyekatnya.Lalu bagaimana caranya Aki/Accu menghasilkan listrik? Listrik dari ini timbul akibat reaksi kimia pada Asam Sulfat dengan timbal serta timbal dioksida.Ada yang namanya proses pengisian dan pelepasan/pemakaian.Saat pelepasan muatan listrik,oksigen pada PbO2 bereaksi terhadap hidrogen dari H2SO4 yang membentuk air.


Di waktu bersamaan,Pb dari PbO2 juga berekasi dengan ion sulfat sehingga membentuk PbSO4.Ini terjadi pula pada Anoda yang berubah menjadi PbSO4.Apabila prosesnya berlangsung secara terus-menerus,Asam Sulfat akan menjadi encer dan energi kimia dalam aki berubah menjadi energi listrik.Lapisan timbal dan timbal dioksida yang terpengaruh akan berubah wujud menjadi timbal sulfat dan berdampak pada kemampuan menghasilkan energi listrik yang berkurang.Jika ini terjadi,maka harus segera di lakukan pengisian ulang/penyetruman aki.
Kedua kutub lama-kelamaan akan memiliki potensial yang sama dan listrik berhenti mengalir.Kondisi inilah yang di sebut dengan Aki kosong.Setiap 1 sel aki mempunyai tegangan 2 Volt,jadi untuk menghasilkan tegangan 12v (Volt) di perlukan 6 batang sel dan untuk tegangan 24v di butuhkan 12 sel.Sel ini sifatnya adalah sel sekunder,yang berarti dapat di isi ulang jika sudah habis.Pada motor biasanya memakai tegangan 12 Volt dengan kapasitas yang beragam,mulai dari 2-8 Ampere.
Bisa di bayangkan bagaimana jadinya bila di motor/mobil tidak ada aki.Sudah tentu akan menyusahkan,apalagi kalau mau menghidupkan kendaraan yang memakai Starter Electric.Belum lagi perangkat lain seperti lampu yang juga memerlukan tenaga listrik dari aki.Kira-kira sudah mengerti/belum,ada berapa jenis Accu (Aki)? Hmm,pasti kebanyakan jawab 2 jenis kan? Aki basah dan kering.Ya,memang betul 2 jenis itu yang paling terkenal.Tapi selain itu masih ada jenis yang lain lho.Mau tau? Yuk disimak ulasan berikut ini :
Jenis-Jenis Accu (Aki) :
1. Aki Basah
Aki basah selalu terdapat Asam Sulfat (H2SO4) di dalamnya dan di fungsikan pada motor-motor yang memakai sistem elektrik AC.Aki ini banyak di jual di tempat penyedia aki dengan harga relatif terjangkau.


Karena harganya murah,aki jenis ini marak beredar dan sering di pakai untuk kendaraan.Keuntungan menggunakan aki basah adalah karena bisa di pakai berulang kali.Jika aki habis,tinggal di isi lagi.Yang perlu di perhatikan bila memakai aki basah adalah soal perawatan dan pengecekan ketinggian air,sebab elektrolit di dalam aki mudah menguap.

2. Aki Kalsium
Apaan tuh Aki Kalsium? kok kayak tulang? ada Kalsium segala.Namanya memang seperti itu dan Kalsium disini tidak ada hubungannya dengan tulang ya,melainkan pada bahan komponen aki.Jika di lihat dengan teliti,aki kalsium hampir sama dengan aki basah.


Letak perbedaannya ada di bagian kutub postif (+) dan negatif (-) yang bahannya di buat dari Kalsium.Oleh sebab itulah di beri nama Aki Kalsium.Aki ini punya daya penyimpanan listrik lebih bagus dari aki basah.Sayangnya memang tidak di setiap bengkel bisa di temukan untuk jenis yang satu ini.

3. Aki Hybrid
Aki Hybrid adalah aki hasil kombinasi dari Aki Basah dan Aki Kalsium.Pada kutub positifnya di buat dengan bahan Low Antimonial seperti Aki Basah,sementara kutub negatifnya berasal dari bahan Kalsium.


Aki Hybrid tidak terlalu sering di pakai.Meski begitu,kemampuan Aki ini lebih hebat dari 2 tipe aki tadi karena ketahanan dan usia Aki Hybrid terbilang lama jika di bandingkan dengan Aki Basah dan Kalsium.

4. Aki MF (Maintenance Free) 
Aki MF (Maintenance Free) ini merupakan sebutan untuk Aki Kering.Walaupun namanya Aki Kering,jangan di kira tidak ada larutan elektrolit di dalamnya ya.Karena bagaimanapun juga larutan itu tetap di perlukan.


Ciri khas Aki Kering bisa di amati pada bagian aki yang diberi segel khusus yang fungsinya menahan penguapan elektrolit.Maintenance Free sama artinya dengan bebas perawatan.Ya,aki ini hanya digunakan sekali pakai dengan umur yang singkat.Kita tidak perlu repot mengecek ketinggian air seperti Aki Basah.Asalkan segelnya masih bagus,di jamin tingkat penguapan akan kecil.

5. Aki Gel
Tidak seperti jenis aki lainnya yang elektrolitnya mudah bocor,Aki Gel punya keunggulan lebih tinggi.Gel di pakai sebagai pengganti elektrolit sekaligus mencegah agar tidak terjadi elektrolit yang tumpah dan membahayakan mesin kendaraan.


Jika pada Aki Basah/Kering kita harus berhati-hati memegangnya supaya larutan di kutub positif dan negatif tidak bercampur,lain halnya dengan Aki Gel.Bahkan di bolak-balik dengan tangan pun tetap aman karena ada gel di dalamnya.Aki ini cukup mahal harganya dan mungkin tidak sepopuler Aki Basah/Kering.

Masalah yang sering timbul pada Accu (Aki) :
Dalam pemakaian jangka panjang,kadang Aki bisa bermasalah dan di akibatkan oleh beberapa faktor.Misalnya karena terjadi arus pendek,konsleting,pengisian daya yang tidak normal,komponen sel aki tidak berfungsi/rusak dan air aki yang kotor.Jika itu terjadi,bisa-bisa aki kehilangan kemampuan menyimpan energi listrik dan akhirnya soak.Jika sudah soak,terpaksa kita membeli yang baru dan harganya bisa saja mahal.

Ada sebuah kejadian unik ketika pemeriksaan aki dimana Aki Kering yang tidak berfungsi mesti di ganti yang baru.Mungkin kalian pernah mengalaminya juga,waktu mau beli aki baru ada yang menyarankan untuk membawa Aki Kering yang lama karena bisa di jual,lumayan harganya.Pertanyaannya adalah apakah Aki Kering bisa si cas/di isi ulang? Bukannya hanya sekali pakai? Jika kalian bawa Aki Kering yang tidak bisa di pakai itu,nanti akan di cek dulu kondisinya.


Aki bisa saja tidak berfungsi akibat dayanya yang melemah,tapi sebenarnya belum soak.Kalau di bawa ke bengkel resmi juga percuma,karena kebanyakan di bengkel tidak ada alat charger aki.Malahan kita di suruh membeli aki yang baru.Padahal mungkin saja aki kita belum benar-benar rusak.Untuk itu harus di cek dulu elemen batangan di dalam aki,jika masih bagus artinya aki bisa di setrum.Pada Accu baru,terjadinya drop dapat di sebabkan karena aki yang tidak pernah dipakai/kelebihan daya pemakaian.

Jika ada satu saja elemen rusak,tentu aki tidak bisa di charge lagi.Lalu bagaimana solusinya? Membeli Charger Aki adalah solusi yang tepat untuk mengatasinya.Jika kalian tinggal di daerah Solo dan sekitarnya,kalian bisa mengunjungi salah satu Toko Charger Aki berikut ini.Kenapa hanya Solo saja? karena kebetulan saya tinggalnya di Solo.Jadi Saya share lokasi yang ada di wilayah sendiri saja hehehe.. Semoga informasinya bermanfaat^^
Toko Aki Thio 

Alamat : Jl. Kapten Mulyadi 101 (Loji Wetan) Kedung Lumbu Ps. Kliwon,Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133
Contact : +62 271 634787

Toko Zigma
Alamat : Jl. RE Martadinata No.112 (timur pasar gedhe) Jebres,Kota Surakarta,Jawa Tengah 57121
Contact : +62 271 647791

ACE Hardware

Alamat : Lantai LG 01-A, Solo Paragon, Jl.Yosodipuro,Banjarsari,Kota Surakarta,Jawa Tengah 57139
Contact : +62 271 731800

Toko Perkakas Krisbow
Alamat : Komplek Ruko Mesen Square, No. 1½, JL. Urip Sumoharjo No. 90 A,Kota Surakarta,Jawa Tengah 57128
Contact : +62 271 665 028

Toko Otomotif

Alamat : Jl. Veteran 156 Kel. Kratonan,Kec. Serengan,Kota Surakarta,Jawa Tengah 57156
Contact : +62 271 631654

loading...

11 Comments

  1. ternyata aki itu banyak juga yah mas?

    tidak Bisa di bayangkan bagaimana jadinya bila di motor/mobil tidak ada aki nya mas. orang kalo aki sudah lemah ajah susah. hehe.

  2. ternyata aki itu banyak juga yah mas?

    tidak Bisa di bayangkan bagaimana jadinya bila di motor/mobil tidak ada aki nya mas. orang kalo aki sudah lemah ajah susah. hehe.

  3. charger aja akinya pakai stabilizer (harga 50 ribuan spt merk Stavolt atau Kasugawa) yg biasa dipakai buat pc komputer. Bengkel kakakku sering memakainya lebih praktis

  4. @Warim
    iya,ada beberapa jenisnya dan kebanyakan yg di ketahui orang cuma aki basah dan aki kering.Tanpa aki pastinya perangkat yg pakai listrik spt lampu,starter dll tdk bisa di gunakan gan,jadi repot tuh.

  5. kalo darurat misal mau menyalakan mobil bisa juga pakai powerbank utk charge akinya (tentunya yg level atas yg harganya lebih mahal dari powerbank biasa pd umumnya)

  6. @Huda Gamu
    iya,pakai powerbank jg bisa untuk charge aki.Cuma aku belum pernah nyobain gan.Kira-kira butuh waktu brp lama ya? klo ngecas di tempat setrum aki lumayan murah,di tempatku hanya 5000 perak udh full

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*