Rahasia Di Balik Ban Marquez Di Tutup Setelah Race

loading...
Haloo sobat media2give^^ Pada artikel kali ini Saya akan berbagi informasi tentang Rahasia Di Balik Ban Marquez Di Tutup Setelah Race.MotoGP 2016 telah di mulai dengan race Losail,Qatar sebagai pembukanya.Di musim ini,MotoGP di prediksi berjalan lebih seru karena terdapat banyak perubahan yang membatasi tim Pabrikan agar tidak bisa mengembangkan motor terlalu cepat.Tujuan aturan itu adalah untuk membuat persaingan menjadi lebih merata antara tim Pabrikan dan Satelit.
 
Sejak tahun 2011,MotoGP memang boleh di bilang berkurang keseruannya.Ini terjadi akibat penggunaan perangkat elektronik yang makin mendominasi.Efeknya,rider yang kurang memiliki kemampuan dan skills akan terbantu karena mereka tidak harus mengandalkan feeling untuk merasakan kondisi motor.Asal punya nyali dan berani mendorong motor dengan keras,pasti rider itu bisa melesat di depan.Dan kondisi itu berlangsung lama sampai tahun 2015 kemarin.
 
Rider tim Satelit seolah kesulitan mengejar dan tak mampu memberikan perlawanan jika di overtake.Padahal yang di tunggu penonton adalah aksi salip menyalip itu.Mengetahui bahwa harus di lakukan perubahan,maka aturan baru di berlakukan pada MotoGP musim ini.Setiap motor di wajibkan memakai ECU yang sama,yaitu buatan Magneti Marelli.Di tambah lagi dengan pergantian tipe ban dari yang tadinya menggunakan Bridgestones,kini berubah jadi Michelin.
 
 
Terkait penyamaan ECU itu,Rossi mengatakan jika aturan tersebut dapat membuat permainan terlihat menarik di lintasan.Rossi juga mengatakan bahwa Honda di prediksi akan mengalami banyak kendala,meski Rossi tau kalau  Honda adalah tim yang punya manajemen mesin tercanggih saat ini.Namun mereka tak akan bisa menampilkan hasil maksimal seperti ketika masih memakai ECU sendiri.Bahkan saking tergantungnya dengan teknologi,Honda di sebut-sebut membalap dengan robot asimo.
 
Perkiraan Rossi ternyata meleset karena nyatanya Honda justru yang paling cepat beradaptasi dengan perubahan.Motor itu memiliki manajemen mesin yang canggih.Apalagi ada Marquez di tim itu.Skills hebatnya yang klop dengan motor membuat Marquez sulit tertandingi.Di saat motor lain bermasalah dengan ban depan,RC213V milik Marquez tetap bisa tampil maksimal.Race kurang maksimal di Losail di tebus dengan 2 kemenangan penting di GP Termas de Rio Hondo dan GP Austin 2016.
 
 
Tapi ada momen menarik dan tidak biasa yang di perlihatkan kubu Marquez.Pada Parc Ferme GP Argentina yang lalu,ban motor Marquez langsung di tutup memakai Tyre Warmer setelah motor berhenti.Sebenarnya ini bukan hal baru karena kru Honda pernah melakukannya juga sejak GP Jerez 2015.Banyak spekulasi yang timbul akibat hal ini.Bahkan sebagian pihak ada yang menuding Marquez bermain curang,malahan ada yang berkata jika Marc menggunakan ban Bridgestones supaya menang.
 
Pemakaian ban sebetulnya bisa di lihat ketika race akan di mulai.Michelin menyediakan ban tipe Soft,Medium dan Hard untuk pembalap.Masing-masing jenis ban di tandai dengan warna yang berbeda.Ban Hard mempunyai ciri bergaris merah,sedangkan ban Medium garisnya berwana hitam dan untuk yang Soft cirinya adalah ada warna putih di bagian pinggir ban.Lalu kenapa kru Honda Marc repot-repot menutup ban seusai race? 
 
Rupanya tujuan mereka adalah untuk menyembunyikan kondisi akhir dari ban.Nampaknya Honda tak mau jika publik dan rider tim lain tau seberapa parah keausan ban.Perlu di ketahui bahwa meski memakai ban yang tipenya sama,tingkat keausan antara motor pembalap satu dan lainnya bisa berbeda.Faktor seperti Set Up motor,tingkat pengereman dan akselerasi dapat mempengaruhi keausan/kerusakan pada permukaan ban tersebut.
 
 
Pada GP Austin 2015 yang lalu,Rossi yang penasaran dengan performa motornya yang kalah dari Marc karena finish dengan gap yang jauh,mencoba mencari kesempatan untuk mendapatkan data untuk bahan analisis.Rossi tertangkap kamera tengah memperhatikan motor Marquez selagi si rider itu membelakangi motornya.Apa yang Rossi perhatikan? Rossi melihat ban belakang RC213V Marc dan seperti sedang memata-matai motornya secara sekilas.
 
 
Mumpung ada kesempatan,ngintip dulu deh hehe.. Nah,kru Honda yang mengetahui aksi Rossi itu lalu berinisiatif untuk menutup Ban di Parc Ferme.Mereka seperti takut jika Rossi sampai tau strategi Honda.Sementara di kubu Yamaha,ban adalah masalah besar yang mereka alami dan belum terselesaikan.Ban Yamaha tidak tahan lama dan cepat aus sehingga membuat ridernya kedodoran saat memasuki akhir race.
 
Perbedaan keausan ban Yamaha dan Honda
 
Mau di paksa pun percuma,yang ada motor bisa crash dengan kondisi ban itu.Kru Yamaha masih di pusingkan dengan hal ini,karena untuk merubah dampak keausan ban,maka banyak yang perlu di ganti seperti setting suspensi,kontrol traksi dan pusat gravitasi motor.Kedepan di harapkan ada solusi bagi Yamaha agar mampu bersaing dengan Honda dan menambah keseruan kompetisi MotoGP lagi.

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*