Rossi Satu-Satunya Peraih Benchmark Rider Era Millenium 2

loading...
Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi nih dengan kalian ya hehe.. Di artikel kali ini kita akan mengulas bersama sebuah informasi unik,lebih tepatnya tentang Rossi Satu-Satunya Peraih Benchmark Rider Era Millenium 2.Lagi-lagi Rossi yang di bahas haha.. habisnya rider yang satu ini punya setumpuk prestasi dan penghargaan.Nama besarnya sudah di kenal seantero dunia,dari kalangan manapun pastinya tau siapa itu Rossi.Atau paling nggak ya pernah dengar namanya deh,The Doctor Valentino Rossi,sang maestro balap asal Italy.
 
Generasi berganti dan era pembalap penguasa MotoGP juga ikutan berubah,tapi Rossi tetap menghiasi persaingan di lintasan dengan membalap untuk timnya,Yamaha.Sederet nama-nama muda seperti Marc Marquez,Jorge Lorenzo,Dani Pedrosa,Andrea Iannone,Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales nyatanya belum bisa menandingi popularitas Rossi.Nama Rossi itu punya nilai jual yang tinggi lho,makanya sponsor banyak yang memilih Rossi ketimbang pembalap lainnya.
Ini di karenakan skills Rossi terbukti menghasilkan banyak prestasi,bahkan Rossi jadi satu dari sedikit rider yang mampu menghadapi lawan beda generasi.Sewaktu muda,Vale sudah berhadapan dengan seniornya,semisal Biaggi,Gibernau dan Capirossi.Dan sekarang dia melawan juniornya yang penuh ambisi juara.Menjadi runner up di tahun 2015 merupakan pertanda sekompetitif apa Rossi di usianya yang tak lagi muda itu.Cuma Rossi yang bisa begitu.. 
 
 
Dia punya semangat dan motivasi tinggi untuk terus menang dan bertahan selama mungkin di MotoGP.Selain jago dalam urusan mengalahkan lawan,Rossi juga termasuk rider dengan prestasi yang langka.Kenapa? karena dia tergolong dalam rider yang sukses mendapatkan “The Benchmark Riders”.Apa itu? Benchmark Riders berasal dari 2 kata,“Riders” berarti pembalap dan “Benchmark” adalah istilah yang di pakai untuk membandingkan progress dan kinerja seorang olahragawan berdasarkan kategori tertentu.
 
Dalam dunia olahraga,Benchmark sering dipakai untuk atlet,misalnya saja atlet lari.Juara lari 100 meter usia 12-14 tahun adalah contoh dari Benchmark.Nah,istilah Benchmark ini juga berlaku di MotoGP.Rider yang memperoleh Benchmark adalah mereka yang berprestasi dan prestasi tersebut dapat di jadikan rujukan bagi rider lain/generasi sesudahnya.Tidak sembarang rider bisa memperoleh Benchmark karena ada 5 persyaratan yang harus di penuhi terlebih dahulu.
 
5 Syarat Mendapatkan Benchmark Riders :
1. Bisa juara dunia dengan motor Pabrikan minimal 3x
2. Bisa juara dengan motor Satelit/yang setara dengan teknologi Satelit minimal 1x
3. Bisa juara dunia dengan 2 motor Pabrikan berbeda
4. Mempunyai 1 kader yang berhasil menjadi juara dunia
5. Bisa meraih juara dunia di era yang berbeda minimal 2x
 
 
Seorang rider yang ingin mendapatkan Benchmark harus memenuhi minimal 2 dari kriteria tersebut.Jadi walaupun bisa juara dunia,belum tentu rider itu masuk dalam kategori Benchmark.Sampai sekarang ini total ada 25 rider yang mampu juara dunia.11 diantara mereka hanya memenuhi 1 kriteria saja (syarat pertama) dan cuma 5 rider yang bisa memenuhi 2 syarat sehingga pantas disebut Benchmark Riders.Siapa sajakah rider-rider hebat itu? Untuk memudahkan dalam memahaminya,berikut ini nama-nama rider yang dapat masuk dalam syarat Benchmark :
 
11 Rider yang memenuhi 1 syarat :
 
Generasi 1949 – 1965
Geoff Duke,John Surtees,Mike Hailwood
 
Generasi 1966 – 1985
Giacomo Agostini,Kenny Roberts,Eddie Lawson
 
Generasi 1986 – 2005
Wayne Rainey,Mick Doohan,Valentino Rossi
 
Generasi 2006 – 2025
Casey Stoner, Jorge Lorenzo
 
5 Rider yang memenuhi 2 syarat/lebih :
 
1. Geoff Duke (memenuhi syarat ke 1 dan 3)
2. Giacomo Agostini (memenuhi syarat ke 1 dan 3)
3. Kenny Roberts (memenuhi syarat ke 1 dan 4)
4. Eddie Lawson (memenuhi syarat ke 1 dan 3)
5. Valentino Rossi (memenuhi syarat ke 1,2,3 dan 5)
 
 
Nah,dari sekian banyak rider itu,yang berasal dari era millenium 2 hanya ada nama Valentino Rossi saja.Sebenarnya ada beberapa kandidat yang memiliki peluang meraih Benchmark.Mereka adalah Stoner,Lorenzo,Pedrosa,Marquez,Iannone dan Vinales.Nama Pedrosa kemudian hilang dari daftar calon penerima Benchmark karena dia belum pernah sekalipun juara dunia MotoGP bahkan sampai tahun ke 10 penampilannya.
 
Sedangkan Stoner yang sudah memenuhi 1 syarat punya kans juga meraihnya.Soalnya Casey masuk di kriteria yang berhasil juara dunia di 2 Pabrikan berbeda (Ducati dan Honda) serta pernah 2 kali juara dunia dengan motor Pabrikan.Tinggal 1 kali lagi juara dunia maka Stoner akan jadi penerus Benchmark Riders setelah Rossi.Sayangnya dia terlalu cepat pensiun sehingga namanya tidak di sertakan lagi untuk perburuan Benchmark.Bagaimana dengan Lorenzo dan Marquez? 
 
 
Lorenzo 3 kali juara dunia MotoGP (memenuhi syarat pertama) dan berpeluang mendapatkan Benchmark jika dia pindah ke Ducati dan juara dunia.Tapi itu bukan hal mudah karena Lorenzo sama sekali belum teruji menaklukkan Ducati.Sepanjang sejarah,belum ada rider penunggang Ducati yang sesukses Stoner.Mampukah Lorenzo melakukannya? Nah,kalau Marquez mungkin saja bisa menembus juara dunia dengan motor Pabrikan berkali-kali.
 
 
Tapi untuk mewujudkan memperoleh Benchmark,dia harus pindah ke tim lain dan jadi juara atau paling tidak menunggu hingga seusia Rossi dan berganti generasi.Itupun dengan catatan Marc harus juara dunia terus.Hmm,sepertinya susah ya hehehe.. 2 nama terakhir adalah Vinales dan Iannone.Rider itu masih muda,tapi belum terlalu berprestasi meski punya talenta.Butuh waktu yang panjang bagi mereka berdua untuk mendapatkan Benchmark itu.Tapi siapa tau,salah satu dari mereka bisa.Semoga saja Valentino Rossi punya penerus Benchmarknya.

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*