8 Momen Ini Buktikan Rossi Punya Balance Terbaik

loading...
Haloo sobat media2give^^ Jumpa lagi nih dengan kalian ya hehe.. Pada kesempatan ini Saya akan berbagi informasi mengenai 8 Momen Ini Buktikan Rossi Punya Balance Terbaik.Siapa yang nggak kenal dengan Valentino Rossi? Rider Italy terbaik sepanjang sejarah yang memiliki koleksi gelar juara dunia terbanyak,bahkan menjadi incaran dan target untuk di kalahkan kompetitornya di MotoGP.Sosok Rossi memang penting untuk balap motor ini.
 
Walaupun satu per satu rival berganti,nama Rossi tak pernah tergeser dari MotoGP karena Rossi telah menjadi icon MotoGP.Rasanya ada yang kurang kalau nonton MotoGP tanpa ada Rossi ya.Boleh dibilang nama besar The Doctor mungkin melebihi prestasinya saat ini.Popularitas Rossi membuat dirinya selalu di lirik sponsor.Makanya nggak heran,seperti pepatah “dimana ada gula disitu ada semut”.Sama halnya dengan Rossi,dimana dia berada di tim itulah sponsor akan datang.
 
 
Sebenarnya Rossi bukanlah satu-satunya rider hebat.Rider seperti Marquez,Lorenzo dan Stoner tak kalah jika beradu skills dengan Rossi.Hanya saja Rossi punya sesuatu yang spesial dalam dirinya yang tak dimiliki rider lain.Kepribadiannya yang unik itulah kunci ketenaran Rossi di MotoGP.Selain itu,jika bicara soal duel,maka Rossi lah jagonya.Sudah tak terhitung berapa kali Vale adu cepat hingga detik terakhir di depan garis finish.Dan hasilnya bisa di tebak,hampir selalu Rossi yang menang.
 
 
Nampaknya itu tak lepas juga dari Riding Style nya saat membalap.Rossi sudah lama berada di Yamaha,dimana motor ini dikenal paling lincah dan dibuat dengan tingkat keseimbangan yang bagus sehingga kemampuannya bisa maksimal di tikungan.Tapi yang namanya motor,pasti ada saja kelemahannya.Kekurangan Yamaha adalah akselerasi ketika keluar tikungan.Untuk urusan ini memang harus di akui Honda dan Ducati lebih unggul.Kenapa? Sebab mesin yang digunakan berbeda.
 
 
Yamaha memakai Big Bang sementara Ducati dan Honda memilih Screamer.Mesin Screamer ini lebih bertenaga dan daya ledaknya lebih kuat,namun membuat motor susah di kendalikan.Lain halnya dengan Big Bang yang naiknya kecepatan secara bertahap.Otomatis waktu buka Throttle Yamaha agak ketinggalan.Tapi anehnya,dengan motor yang kalah power,Rossi tetap bisa juara.Kok bisa ya? Faktor gaya balap penyebabnya.
 
 
Rossi membalap dengan gaya yang halus,dimana dia tau caranya menempatkan motor pada sudut dan arah yang tepat untuk memaksimalkan kecepatan.Jadi Rossi selalu membalap dengan rapi hingga jarang sekali dia melebar.Konon,dengan gaya ini Rossi sukses memangkas jarak tempuh menjadi lebih pendek.Terkadang ancaman datang ketika ada rider lain yang lebih cepat dari Vale dan sedang On Fire.Jika Set Up motornya OK,Rossi tau bagaimana cara mengejar rider di depannya.
 
 
Dia akan tampil agresif demi meraih kemenangan.Agesifitas itu punya banyak resiko,salah satunya adalah Crash jika salah mengambil keputusan ketika menikung/overtake lawan.Tapi bisa juga problem teknis di motor menyebabkan rider terjatuh.Rossi yang dijuluki The Master ini berkali-kali lolos dari Crash atau biasa disebut dengan istilah “Big Save Crash.” Tak semua rider punya kemampuan ini karena tergantung dari karakter,respon dan refleksnya di atas motor.
 
 
Semakin bagus Balancenya,maka kemungkinan Crash dapat di minimalisir.Dan Rossi membuktikannya.Sebelum membalap kita sering melihat Rossi melakukan ritual yang tujuannya untuk merasakan motornya dan menjaga fokus.Lalu jika ada masalah yang membuat Rossi hampir jatuh,dia punya cara sendiri mengatasinya.Berikut ini ada 8 momen spektakuler yang dapat dijadikan bukti jika Rossi memang benar-benar pemilik Balance terbaik di MotoGP.
 
1. GP Valencia 2000
Listen to the Crowd.. He is The Doctor.. He is The Legend.. He is The Master.. Yap,begitulah ungkapan yang tepat untuk penampilan Rossi di sirkuit ini.Datang ke kelas 500cc sebagai Rookie,Rossi langsung menunjukkan bakat dan potensinya sebagai juara dunia.Meski itu belum terwujud di tahun pertamanya ikut kelas 500cc ini.Salah satu kemampuan Vale adalah Balancenya yang bagus ketika naik motor.Terbukti saat Rossi membalap di sirkuit Valencia 2000.
 
 
Ketika itu dia bersaing dengan Kenny Roberts dan Max Biaggi.Rossi memaksa motornya untuk membelok dengan cepat,tapi timbul masalah karena tubuhnya terlalu dekat ke aspal.Tubuh Rossi menggantung dan hampir Crash.Namun keajaiban datang saat Rossi menggunakan lututnya untuk mendorong masa tubuhnya agar dapat kembali ke motor.Aksi penyelamatan heroik ini menjadikan Rossi meraih predikat Rookie of the Year saat itu.
 
2. GP Suzuka 2001
Jika ngomongin race ini,pasti kalian langsung ingat dengan perseteruan Rossi Vs Biaggi ya.Kejadian itu dikenal sebagai “The Elbow Incident”.Dalam gambar yang tertangkap kamera,Biaggi berusaha mencari posisi untuk mendekati Rossi,dan ketika posisi mereka sejajar,Biaggi tiba-tiba membuka sikunya dan mengarahkannya ke lengan Rossi untuk mendorongnya keluar lintasan.
 
Rossi yang terkena dampaknya,terpaksa sedikit keluar trek dan dengan Balance yang dimilikinya,Rossi mampu kembali lagi ke trek tanpa terjatuh,padahal kecepatan motor sedang tinggi.Tak terima dengan perlakuan Biaggi,Rossi kemudian menguntit Biaggi dan menyalipnya di sebuah tikungan sambil mengacungkan jari tengah ke arah Biaggi.Rossi sukses keluar sebagai pemenang seri Suzuka 2001 ini dan mungkin Biaggi akan menanggung malu dalam waktu lama karena ulah tak sportifnya itu.
 
3. GP Jerez 2004
Balapan di Jerez kala itu sedang berlangsung dengan keadaaan Wet Race,sementara Rossi sedang memburu rider di depannya.Namun sedikit kesalahan nyaris membuat situasi berubah fatal.Rossi yang menunggangi Yamaha M1 kehilangan kendali pada ban belakang di lap ke 12.Ban Rossi terangkat dan  motornya bergeser dengan akselerasi yang berkurang.Lalu ban itu kembali mencengkram ke aspal dan tubuh Rossi terlempar ke udara.
 
 
Luar biasanya,Rossi mampu mengendalikan kondisi itu,bahkan motornya tetap ada di trek.Namun posisi Rossi akhirnya tergeser oleh Alex Barros dan Rossi pun kehilangan podiumnya.Dia hanya mampu finish di posisi ke 4.Tapi aksi yang di tunjukkan Rossi ini paling tidak sudah menunjukkan kehebatannya dalam menjaga keseimbangan motor di saat-saat yang mencengangkan.
 
4. GP Indianapolis 2008
Sebelum race,ada kekhawatiran tentang kondisi cuaca yang di perkirakan hujan.Race dimulai dari kelas 125cc.Di tengah balapan hujan turun deras dan terpaksa race di hentikan lebih awal saat menyisakan 7 lap lagi.Balapan lalu di tunda untuk kelas 250cc mengingat kondisi yang tak memungkinkan akibat hujan semakin deras.Akhirnya kelas 250cc di tiadakan untuk mengikuti jadwal agar kelas MotoGP tetap di gelar.
 
 
Rossi memulai start dari Pole Position.Lap awal posisinya drop ke urutan 4 ketika Hayden berhasil menyalip Vale.Race masih berlangsung,hujan makin lebat yang kemudian diikuti badai.Rossi sukses memimpin race lagi di lap 14 setelah menang battle melawan Hayden.Cuaca berubah ekstrim saat air mulai menggenangi trek dimana lintasan akan jadi licin dan resiko terjatuh tinggi.Para rider harus sedikit mengurangi kecepatan demi keselamatannya.
 
Angin kencang lalu berhembus,menyebabkan rumput dan sampah bertebaran di udara.Motor Rossi beberapa kali mengalami guncangan hebat hingga hampir jatuh.Apalagi di lintasan lurus,terpaan angin dari depan dan samping membuat motor jadi tak seimbang.Lap demi lap setelah angin kencang,Rossi menunggu Red Flag di kibarkan.Akhirnya di lap 21 balapan di hentikan dengan Rossi sebagai juaranya karena ada di posisi pertama.
 
5. GP Motegi 2010
Rossi menjalani musim 2010 dengan beberapa masalah.Yang terbesar muncul di Mugello ketika Rossi mengalami kecelakaan dan tak bisa membalap di 3 seri berikutnya.Itu jelas mempengaruhi pointnya di klasemen.Untuk membuktikan dirinya masih mampu bersaing,di race Motegi 2010 dia tampil agresif saat menghadapi Lorenzo.Berkali-kali motor mereka hampir bersenggolan,bahkan saking dekatnya,ada momen dimana lengan Lorenzo menyentuh motor Rossi.
 
 
Awalnya Rossi mengovertake Lorenzo dan Jorge ingin membalasnya dari sisi luar tikungan.Tapi Rossi ngotot bertahan dan terjadilah senggolan berbahaya.Jika salah gerak sedikit saja,mereka berdua pasti Crash.Namun Rossi dengan sigap sedikit membuka sikunya sebagai peringatan ke Lorenzo agar tak terlalu nekat menempel motornya.Race ini akhirnya di menangkan oleh Rossi dan Vale berhasil mengamankan podium ke 3.
 
6. GP Assen 2015
Di Assen 2015,Rossi tampil mengejutkan dengan menguasai waktu tercepat di sesi latihan hingga kualifikasi.Rossi sedang dalam performa terbaik dan semangatnya sangat tinggi untuk menang.Ketika race berlangsung,Rossi dengan cepat membuka jarak dan menjauh dari rider lainnya.Tapi tanpa di duga,Marquez mengikutinya dari belakang dan terus menempel Rossi hingga akhirnya mampu menggusur posisinya dan menempati posisi terdepan.Rossi yang tau motornya sedang dalam kondisi mampu bersaing,tetap berusaha membalas dan terjadilah aksi saling salip.
 
 
Jelang race berakhir,Rossi masih memimpin dan Marquez seperti menunggu momen yang tepat untuk overtake.Marc mencoba mengambil alih posisi Rossi lagi di Chicane lap terakhir.Usahanya gagal karena Rossi merespon dengan melindungi line balap serta menutup celah di sampinya.Akhirnya benturan terjadi,motor Rossi keluar gravel dan masuk ke area yang banyak kerikil dan pasir.Motor Rossi sempat Jump,untungnya dengan kendali Balance yang apik,Rossi bisa mempertahankan motor agar tidak Crash dan finish sebagai juara.
 
7. GP Mugello 2015
Rossi berlaga di depan publiknya sendiri yang pastinya warna kuning menghiasi dan mendominasi di tribun penonton karena fans Rossi mengharapkan Rossi yang menang di Home Racenya.Rossi tampil kompetitif dan berusaha menyusul rider di depannya.Tanpa di duga di tengah race,Marquez jatuh dan posisi puncak di tempati Lorenzo.Iannone yang bergabung bersama tim Ducati juga kalah hebat tampil dengan kekuatan penuh untuk mendapatkan kemenangan.
 
 
Rossi merangsek ke urutan ke 3 dan mencoba memendekkan gap waktu dengan Iannone.Rossi mendorong motornya terlalu keras hingga pada tikungan pertama,Yamaha M1 miliknya mengalami sliding keras.Situasi dramatis ini hampir membuat Rossi Crash.Tapi Rossi segera mengatasinya dengan cara menegakkan motor agar ban mendapatkan grip ke aspal lagi.Dalam kondisi itu kaki Rossi sempat terlepas dari Footpeg (pijakan).
 
8. GP Losail 2016
Lagi-lagi Rossi mengalami kejadian yang nyaris membuatnya Crash di lintasan.Ini terjadi pada sesi Free Practice 2 sirkuit Losail,Qatar 2016.Rossi berusaha mencari waktu terbaiknya dan menggeber motor dengan kencang sambil melahap tikungan demi tikungan di trek tersebut.Kemudian dia sampai pada tikungan yang cukup Tricky.Rossi berniat melewatinya dengan kecepatan yang lebih untuk meraih catatan waktu lebih cepat.
 
 
Tapi aksinya cukup beresiko karena motor Rossi mengalami slide.Pelindung lutut Rossi menyentuh aspal dan menggoresnya beberapa detik hingga memunculkan percikan api.Kaki kiri Rossi juga terangkat ke atas,sedangkan tubuhnya sudah rebah,hampir jatuh ke aspal.Namun Rossi mampu mengatasinya dengan memindahkan masa tubuh ke sisi yang jauh dari aspal.Rossi selamat dan terhindar dari Crash.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*