8 Rider MotoGP Yang Pernah Terkena Black Flag

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan ini Saya akan membahas informasi mengenai 8 Rider MotoGP Yang Pernah Terkena Black Flag.MotoGP ini selalu saja menarik untuk di saksikan karena dari tahun ke tahun bermunculan rider-rider baru yang siap bersaing memperebutkan titel gelar Juara Dunia.Keberadaan rider muda dan rider senior melengkapi susunan pembalap untuk masing-masing tim.Di level kelas premier seperti MotoGP,mempunyai skills saja tidak cukup untuk bisa menang.

Perlu dukungan dari tim,motor,kru dan teknologi yang jika semuanya di kombinasikan akan membentuk sebuah kesatuan yang mampu mendorong seorang pembalap meraih kemenangan demi kemenangan di tiap serinya.Kompetisi MotoGP berjalan dengan sengit,apalagi disini yang di adu adalah kemampuan motor dan bakat rider.Suara raungan mesin motor yang kencang memberikan warna tersendiri yang menambah keseruan MotoGP.

black-flag-motogp

Penonton pun tak kalah berpengaruh karena kehadiran mereka di sirkuit bisa saja memberikan dorongan semangat bagi pembalap untuk tampil maksimal.Sulit di bayangkan bagi orang awam,bagaimana rasanya mengendarai motor berkapasitas 1000cc dan dapat menembus kecepatan 300 km/jam.Karena motor di MotoGP ini melaju super kencang,maka faktor keselamatan pun pasti di perhatikan oleh pihak penyelenggara.

marc4

Tak lupa,mereka juga membuat aturan yang wajib di patuhi semua rider dan tim agar kompetisi bisa berlangsung dengan lancar dan Fairplay.Aturan itu bisa kita lihat dari pembatasan jumlah mesin,ban,perangkat elektronik yang di pakai dan komponen pendukung lainnya.Selain itu,di dalam race juga ada peraturan yang di wujudkan dalam bentuk pesan peringatan yang memakai media/alat.Misalnya saja Pit Board dan bendera.

lap-board

Nah,khusus untuk bendera,di MotoGP sendiri ada beberapa jenis bendera yang di kibarkan untuk memberitahu rider tentang apa yang harus mereka lakukan.Setiap bendera itu di bedakan berdasarkan warna.Satu tipe bendera yang biasanya di gunakan untuk memberikan sanksi pada pembalap adalah bendera berwarna hitam atau lebih terkenal dengan sebutan Black Flag.Black Flag akan di kibarkan ketika Race Direction menemukan ada tindakan pelanggaran yang di lakukan pembalap.

marc3

Para Marshal akan mulai mengibarkan Black Flag di beberapa titik sirkuit setelah mendapat instruksi dari Race Direction.Black Flag berarti diskualifikasi dan rider yang mendapat Black Flag di wajibkan untuk menghentikan balapan dan masuk ke Pit sebagai tanda hak untuk membalap berakhir di lap tersebut.Rider yang menerima Black Flag tidak di perbolehkan mengulang balapan dari awal kareana statusnya sudah diskualifikasi.

start-grid

Black Flag biasanya di kibarkan bersamaan dengan papan yang bertuliskan nomor rider.Black Flag tidak langsung diberikan pada pembalap yang melakukan kesalahan.Mereka akan di beri peringatan sebelumnya,misalnya saat rider itu terbukti melakukan Jump Start.Race Direction akan menyuruh rider itu menjalani Ride Through Penalty yang di infokan melalui Penalty Board di pinggir sirkuit.Jika peringatan ini di abaikan/tidak di patuhi oleh rider hingga 3 lap,maka rider itu akan di nyatakan diskualifikasi.

Rider itu juga tidak mendapatkan poin.Sejak MotoGP di gelar pada tahun 2000an,banyak rider yang merasakan sakitnya terkena sanksi Black Flag.Bahkan hingga musim ini,masih saja ada rider yang melanggar aturan dan di jatuhi hukuman Black Flag.Lalu siapa sajakah rider MotoGP yang pernah mendapatkan Black Flag? Berikut inilah informasi lengkapnya.Silahkan di simak Daftar Rider MotoGP Yang Terkena Black Flag ini.

1. Max Biaggi (GP Jerez 2002)

Rider tim Marlboro Yamaha,Max Biaggi memulai balapan di sirkuit Jerez dengan baik untuk menyelesaikan 27 lap.Biaggi bersaing untuk naik ke posisi 4 di lap ke 2 ketika dia di anggap melakukan Jump Start.Pit Crew Biaggi sudah menunjukkan papan peringatan agar Biaggi masuk ke Pit.Namun Biaggi tidak mempedulikannya.3 lap kemudian Biaggi terkena Black Flag.Itu adalah Jump Start kedua yang terjadi di Jerez.

biaggi

Selain Biaggi,ada juga Olivier Jacque yang dinilai bersalah dan harus masuk Pit.Namun Jacque menuruti peringatan itu dan terhindar dari Black Flag.Biaggi sempat protes dengan sanksi ini karena dia merasa tidak seharusnya di ganjar hukuman Black Flag.Biaggi mengakui motornya bergerak 20 cm kedepan,tapi dia langsung menekan rem dan menurunkan kaki.Jadi dia berpikir tidak akan mendapat keuntungan dari kesalahan itu.

2. Shinya Nakano (GP Catalunya 2006)

Nakano menjalani balapan dengan start fantastis karena mampu menyodok ke posisi 3 di tikungan pertama.Namun belum selesai melibas tikungan secara sempurna,terjadi tabrakan hebat antara Capirossi dan Gibernau yang turut menyeret 5 rider lainnya dalam insiden itu.Red Flag pun di kibarkan dan race berhenti sementara.Nakano waktu itu ada di urutan ke 4.

nakano

Saat race di ulang dari Start lagi,Ninja ZX-RR malah mengalami problem Overheat.Mesinnya mendadak kepanasan dan Nakano terpaksa mendorong motornya kembali ke Pit untuk mengganti dengan motor lain.Dalam kondisi panik,Nakano menempati posisi terakhirnya saat berada di grid.Dan karena itu dia di hukum lewat Penalty Board,tapi Nakano tak melihatnya hingga akhirnya Nakano menerima sanksi Black Flag.

3. Alex Hofmann (GP Jerez 2007)

Rider Tim Satelit Ducati ini tak luput dari kesalahan saat bersaing di lintasan.Pada GP Jerez tahun 2007,Hoffman mendapat mimpi buruk saat dirinya mengetahui Race Direction melihat kru Hofmann melakukan tindakan ilegal dengan mengganti komponen motor.

hofmann

Itu di lakukan sebelum race yang berjalan dengan kondisi hujan (Wet Race).Tak tanggung-tanggung,Hofmann di hukum dengan keras dan di diskualifikasi dari race karena mendapatkan Black Flag.

4. Toni Elias (GP Catalunya 2008)

Tahun 2008,Toni Elias bergabung dengan Alice Team Ducati,namun penampilannya kurang menjanjikan.Sepertinya Ducati tidak cocok dengan gaya balap rider Spanyol ini.Naas menimpa Elias saat race di Catalunya di selenggarakan.

elias

Baru di lap-lap awal,Elias di anggap bersalah dan di beri sanksi Black Flag karena tidak mempedulikan peringatan sebelumnya.Penyebab peringatan itu adalah aksi Elias yang terbukti melakukan Jump Start.Karena Ride Through Penalty tidak di patuhi,Elias pun di nyatakan diskualifikasi 7 menit kemudian.

5. James Toseland (GP Laguna Seca 2009)

Toseland bergabung dengan tim Yamaha Tech 3 untuk musim 2009.Di seri Laguna Seca,Toseland tertangkap kamera melakukan Jump Start dari posisi awalnya di urutan 15.Pada lap ke 5,dia menerima Ride Through Penalty,tapi di hiraukan dan terus berulang hingga pihak pengawas balapan memutuskan menjatuhi hukuman Black Flag di lap 11.

toseland

Toseland kena diskualifikasi dan tidak puas atas sanksi itu karena dia sendiri tak melihat Pit Board yang menuyuruhkan masuk ke Pit.Toseland terpaksa kembali ke garasi Pit tanpa memperoleh poin sedikitpun.

6. Michele Pirro (GP Mugello 2012)

Nama Pirro mungkin tidak setenar rider top MotoGP.Dia beberapa kali menjadi rider pengganti untuk tim yang kehilangan ridernya karena cidera dan tidak bisa tampil di balapan.Tahun 2012 Pirro membela tim Honda Gresini dan menjalani race sulit di Mugello.

pirro

Baru 2 lap berlangsung,rantai motornya putus dan membuatnya harus bertindak cepat.Pirro memutuskan untuk memotong jalur menuju sirkuit dan itu dilihat Race Direction sebagai bentuk pelanggaran karena melakukan maniver ilegal.Pirro pun akhirnya mendapat Black Flag saat race masih menyisakan 20 lap lagi.

7. Marc Marquez (GP Phillip Island 2013)

Marquez sedang mengincar gelar juara dunia pertamanya dii tahun ini.Sirkuit ini bisa jadi penentu karena Marc hanya butuh 8 point saja untuk mendapatkan gelar itu.Sayangnya kondisi tak sesuai harapan ketika race memasuki lap ke 10.Race Direction mengumumkan agar para pembalap segera masuk Pit dan mengganti ban,paling lambat di lap 10.

marc1

Tapi Marc tidak masuk Pit dan meneruskan balapannya yang tengah berduel dengan Lorenzo.Lap 14 Black Flag di kibarkan dan Marquez bingung kenapa dia di diskualifikasi.Dia berpikir apakah karena melintasi garis putih? Tapi rupanya tidak,alasan utamanya karena Marc baru masuk Pit di lap 11 dan itu terhitung sudah terlambat sehingga tidak mematuhi aturan.Kru timnya merasa bersalah karena tidak memperingatkan Marc sebelumnya.

8. Hector Barbera (GP Austin 2016)

Di musim ini,Barbera menjadi rider pertama yang mendapatkan Black Flag.Awalnya,Barbera melakukan Jump Start dan itu disadari Race Direction yang kemudian memberinya peringatan Ride Through Penalty.Padahal Barbera sempat tampil apik dengan  menempati posisi ke 6 di tikungan pertama.

barbera

Selain Barbera,ada juga rider lain yang di hukum karena Jump Start.Mereka adalah Cal Crutchlow, Yonny Hernandez,Alvaro Bautista dan Stefan Bradl.Tapi rider-rider itu menuruti perintah untuk masuk Pit,kecuali Barbera yang masih menolak mengikuti aturan.Ujung-ujungnya Black Flag juga lah yang di dapat Barbera.Dia mesti keluar dari balapan dan berhenti di Pit.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*