17 Hewan Yang Pernah Menyusup Ke Sirkuit MotoGP

loading...

Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi nih dengan kalian di posting ini ya.Yap,kali ini Saya mau berbagi informasi mengenai 17 Hewan Yang Pernah Menyusup Ke Sirkuit MotoGP.Gelaran balap MotoGP memang menjadi salah satu yang paling di minati banyak orang saat ini.MotoGP menyajikan persaingan yang seru antara pembalap kelas raja seperti Rossi,Marquez dan Lorenzo.Sejak era 500cc,sudah bermunculan rider-rider jagoan yang sering memenangi balapan dan akhirnya menjadi juara dunia,bahkan Legenda MotoGP.

Sebut saja Mick Doohan,Barry Sheene atau Kevin Schwantz.Ketiga nama itu pastinya tidak asing di telinga para pecinta MotoGP,terutama yang pernah hidup di jaman kejayaan mereka atau paling tidak selalu mengikuti sejarah dan perkembangan MotoGP.Selain kemenangan para rider,drama,kesedihan dan konflik juga turut mewarnai MotoGP.Mungkin kalian masih ingat dengan konflik Rossi Vs Marquez tahun 2015 atau isu konspirasi pembalap Spanyol atau kepergian Marco Simoncelli?

dog-motogp

Yang sering nonton MotoGP tentu akan menjawan “YA”.Dan tidak berhenti sampai di situ saja karena banyak hal yang menjadi daya tarik dari MotoGP.Misalnya saja tentang teknologi,motor,perangkat elektronik,strategi tim hingga ke hal-hal yang bersifat menghibur seperti cantiknya para Umbrella Girl di Grid atau Paddock.Semuanya menjadi satu kesatuan tak terpisahkan yang mewarnai MotoGP dan menjadikannya selalu seru untuk di tonton.

dogs-motogp

Aksi memukau rider di lintasan,barangkali adalah faktor utama kenapa orang-orang menonton MotoGP.Mereka sebenarnya hanya ingin melihat bagaimana rider idolanya bermanuver,melakukan overtake dan keluar sebagai juara.Pihak penyelenggara balapan pastinya mengetahui ini dan berusaha membuat regulasi agar kompetisi berlangsung tidak membosankan.Sebab ada kepentingan bisnis disitu,dimana kalau penonton MotoGP berkurang,dari segi ekonomi akan berpengaruh pada finansial pihak penyelenggara juga.

MotoGP tidak ingin bernasib sama dengan F1 yang sekarang berkurang peminatnya karena rider yang menang selalu itu-itu saja.Namun pernahkah kalian berpikir,di balik sengitnya persaingan di lintasan,ada beberapa hal lucu yang terjadi di MotoGP? Tak jarang ada kejadian yang mengganggu jalannya balapan.Selain cuaca,keberadaan hewan-hewan di sekitar trek terkadang menimbulkan masalah sehingga sesi latihan atau kualifikasi terpaksa di tunda.

hare-motogp-2

Sirkuit MotoGP yang berada di berbagai negara,memungkinkan hewan-hewan ini secara tak terduga datang ke sirkuit.Apakah mereka mau nonton juga? hehehe.. Nggak juga sih,soalnya bisa saja letak sirkuit MotoGP itu dekat dengan habitat hidup mereka.Jadinya nggak heran kalau hewan-hewan ini melintasi trek,mungkin sekedar lewat saja.Nah,kira-kira hewan apa saja yang pernah mampir dan masuk ke sirkuit MotoGP? Berikut info lengkapnya :

1. Berang-Berang

Siapa sangka di tengah race mendadak ada berang-berang yang sedang buru-buru menyeberang hehehe.. Peristiwa ini muncul saat sesi Free Practice di Indianapolis 2011.Ketika itu Stoner sedang melewati sebuah tikungan dan tiba-tiba kaget waktu ada sesuatu yang bergerak di depannya.Rupanya itu adalah berang-berang.Hewan itu lalu diam di tengah sirkuit dan memaksa Stoner melakukan manuver menghindar agar tidak melindas berang-berang sekaligus supaya dia tidak terjatuh dari motor.

beaver-motogp

“Saat aku keluar tikungan,Aku melihat sesuatu seperti sepotong bagian motor di depan.Saya tidak tau benda apa itu karena tidak melihatnya secara jelas.Ternyata itu semacam hewan lumayan besar.Untungnya Kami berdua selamat dan tidak terjadi insiden,kata Stoner.”

2. Anjing

Sesi latihan pertama di sirkuit Austin 2015 sempat di tunda selama 15 menit gara-gara ada seekor anjing yang entah dari mana datangnya mendadak masuk ke lintasan.Saat itu rider Suzuki,Maverick Vinales sedang melintas dan harus berhenti sejenak hingga akhirnya anjing itu berhasil di keluarkan dari trek.Untungnya anjing tersebut bisa di tangkap,sehingga latihan bebas dapat di lanjutkan.

doggy-motogp-copy

Pihak yang paling rugi akibat anjing ini adalah Tim Suzuki Ecstar.Ridernya mesti kehilangan catatan waktu penting beberapa saat.Tidak jelas anjing itu milik siapa,apakah salah satu peliharaan penonton atau memang anjing liar yang suka berjalan-jalan di sekitar area lintasan.Sebelum ada insiden anjing masuk sirkuit ini,Free Practice 1 juga tertunda 50 menit karena hujan deras.

3. Kadal

MotoGP 2005 di dominasi oleh kemenangan The Doctor,Valentino Rossi yang menguasai pimpinan klasemen.Saat sedang berlangsung sesi kualifikasi di sirkuit Sepang (Malaysia) yang di adakan pada sore hari,ada pemandangan yang cukup mengherankan.Melalui sebuah foto hasil jepretan salah satu kameramen,terlihat ada hewan liar yang tiba-tiba ada di dalam sirkuit.Hewan itu ternyata adalah kadal yang sedang merangkak dengan cepat.

lizard-motogp

Sayangnya si kadal tidak selamat setelah terjebak di dekat motor Roberto Rolfo dari tim D’Antin Ducati yang melindasnya.Di dekat TKP ada Rossi yang juga terkejut melihat ada hewan aneh dan berusaha menghindar.Tubuh kadal terpental ke udara dan bisa saja membahayakan rider lain.Untungnya tak ada yang mengalami cidera akibat kadal ini.

4. Anak Rusa

Meski bukan di MotoGP,tapi kejadian yang satu ini cukup memilukan.Adalah sebuah insiden yang muncul tahun 1999 di sirkuit Brno saat sesi kualifikasi,ketika rider Jepang kelas 125cc,Masao Azuma secara tak sengaja menabrak rusa kecil hingga tewas.Azuma datang dengan kecepatan 80 mph.

deer

Sementara di depannya ada anak rusa yang berlari masuk ke sirkuit dari sebelah kanan yang ternyata disitu ada Azuma yang tengah memacu motor.Insiden tak bisa di hindari dan terjadilah tabrakan.Azuma tak mengalami cidera serius dan bisa membalap di race hari berikutnya serta finish di urutan ke 12.Tapi nasib berbeda di dapat anak rusa yang tewas di tempat dan lalu di bawa ke mobil untuk di pindahkan.

5. Ular Kobra

Siapa dari kalian yang pernah berpapasan langsung dengan ular kobra? Wah,pasti ngeri ya kalau ada di dekatnya.Kejadian seperti ini pernah muncul di GP Johor,sirkuit Shah Alam di kelas 250cc.Insiden ini cukup menakutkan,sebab hewan itu adalah ular kobra yang terkenal memiliki bisa racun mematikan.Saat balapan,rider bernama Tady Okada menabrak ular itu dari belakang karena posisi ular ada di dekat tikungan.

snake-motogp

Saat ular itu terkejut,tidak lama kemudian tubuhnya di lindas oleh ban motor Gino Borsoi sehingga otomatis si ular langsung mati,sebab motor datang dengan kecepatan sangat tinggi.Yang membuat publik bingung adalah bagaimana cara ular itu bisa masuk ke sirkuit? Namun jika melihat lokasinya,ada juga kemungkinan ular berada disitu.Sebab,ular kobra suka hidup di pohon palem.Barangkali di dekat sirkuit tersebut tumbuh pohon-pohon itu.

6. Kelinci

Kelinci adalah hewan yang lucu dan sering di jadikan binatang peliharaan di rumah.Namun apa jadinya kalau kelinci itu datang ke sirkuit? Pasti akan menggangu para pembalap ya.Dan benar saja,ketika sesi kualifikasi di sirkuit Assen 2015,Alvaro Bautista nyaris saja menabrak kelinci dengan kecepatan tinggi.

rabbit-motogp

Kelinci itu menyeberang ke sisi trek tanpa melihat ke kanan/kiri dulu,sementara Bautista ada tidak jauh dari kelinci dan sedang melaju.Untungnya kelinci itu bisa selamat dan pergi menjauh dari lintasan.Bautista sempat tak menyangka kalau tiba-tiba ada kelinci di depannya.

Di sirkuit Silverstone pernah pula ada kelinci liar yang berlari-lari di tepi lintasan.Kelinci ini sepertinya hidup tidak jauh dari lintasan sehingga area sirkuit barangkali di kira masih masuk kawasan tempat tinggalnya juga

7. Burung Camar Laut (Seagull)

Sirkuit Phillip Island yang berbatasan langsung dengan pelabuhan,membuat balapan di tempat ini selalu menantang.Pasalnya banyak burung camar laut yang suka terbang kesana kemari karena memang di situlah mereka hidup.Sampai ada kejadian memilukan di tahun 2013 saat Andrea Iannone menabrak camar laut (Seagull) di lap 26.

seagull-motogp

Waktu itu matahari cukup terik dan kondisi aspal hangat sehingga menarik perhatian Seagull untuk mendekat.Saat Seagull ini diam di dalam trek,tiba-tiba dia kaget dan langsung terbang karena mendengar suara raungan motor.Sayangnya burung ini terbang berlawanan arah dan akhirnya menabrak fairing depan motor Iannone.Tragedi ini cukup berbahaya kalau sampai badan burung mengenai tubuh Iannone.

8. Laba-Laba Besar

Sirkuit MotoGP tak henti-hentinya di kunjungi hewan,bahkan hingga musim 2015 ada saja hewan-hewan yang datang.Kali ini laba-laba raksasa dari jenis Tarantula yang melintasi trek.Aksi si Tarantula ini berhasil di rekam oleh kamera MotoGP dan menjadi tontonan tidak biasa.

spider-motogp

Sekaligus juga sebagai hiburan di tengah cuaca sirkuit Termas de Rio Hondo yang panas.Jangan-jangan ini laba-laba misterius dan mau menggigit salah satu rider.Nanti mereka akan berubah jadi Spiderman hahaha..

9. Keluwing (Kaki Seribu)

Pernah dengan si Kaki Seribu? Hewan ini biasa di sebut juga dengan nama Keluwing.Keluwing termasuk dalam suku Diplopoda dan kelas Myriapoda.Panjang tubuhnya sekitar 150mm.Kaki Seribu berkaki 2 pasang dan sebenarnya jumlah kakinya cuma 400,bukannya 1000.Hewan ini akan menggulung diri jika di sentuh sebagai bentuk metode pertahanan.Bila dalam bahaya,Keluwing akan mengeluarkan gas Hidrogen Sianida untuk mengusir pemangsanya.

millipede-motogp

Nah,saat MotoGP Aragon di gelar,kamera menangkap sebuah gambar yang menunjukkan hewan itu merupakan Millipede/Keluwing.Entah apa maksud kamera MotoGP menampilkan gambar ini.Kali aja untuk menunjukkan kekayaan hewani yang ada si Spanyol ya hehe.. Yang jelas hewan ini tidak menggangu karena ukurannya kecil.

UPDATE TERBARU

10. Wallaby

Sirkuit Phillip dengan panjang lintasan 4,4 Km memang terkenal dengan trek cepatnya.Lokasi Phillip Island yang berada di 150 Km dari Bandara Internasional Tullamarine,Melbourne atau 7 Km dari pusat kota Cowes (Victoria) membuat trek itu sering di singgahi hewan-hewan yang hidup tidak jauh dari Phillip Island.Disana pernah datang seekor hewan khas dari Australia.Hewan itu merupakan Wallaby (Macropus Agilis),spesies yang masih saudara dekat dengan Kangguru.

Wallaby tertangkap kamera berkeliaran di pinggir sirkuit saat sesi Free Practice 2 (2015).Wallaby dan Kangguru tidak sama,meski bentuk tubuhnya mirip.Wallaby berpostur membungkuk dan lebih gemuk di banding Kangguru.Wallaby lebih pendek dan kecil.Tingginya tidak sampai 2 meter.Wallaby hidup berkelompok,biasanya ada 10 individu dalam tiap kelompok.

11. Australian Magpie

Pada Free Practice 3 di Phillip Island 2015,lagi-lagi ada hewan unik yang mampir ke trek.Kali ini dari spesies burung endemik Australia.Burung yang memiliki warna tubuh hitam dan paruh putih ini di sebut dengan nama Australian Magpie (Cracticus Tibicen).Burung ini lumayan galak karena bisa agresif dan menyerang manusia jika merasa terganggu.

Kawasan hidup Magpie meliputi sebagian besar wilayah Australia dan selatan New Guinea.Magpie dapat hidup lama hingga berumur 25 tahun.Wah-wah,lumayan tua juga ya untuk ukuran hewan hehehe… Di Indonesia,burung tipe ini sering di panggil dengan sebutan Kacer.Australian Magpie tergolong dalam klasifikasi genus Butcherbird Cracticus.

12. Semut Tanah (Field Ant)

Di MotoGP ada pembalap yang terkenal dengan icon semut.Siapa dia? Hmm,pasti tau ya.Yap,dialah Marc Marquez,si pembalap Spanyol yang bertalenta tinggi.Marquez memilih iconnya sendiri ketika di tanya Aldo Drudi saat akan membuat desain helm.Marquez akhirnya memilih semut karena semut (Field Ant) di anggapnya sebagai hewan terkuat di dunia,meskipun kecil namun mereka pekerja keras.

Nah,ternyata hewan kecil (Field Ant) yang jadi favorit Marc ini sering juga mondar-mandir di sirkuit Catalunya.Kira-kira cari apa ya? Apa nyariin Marquez? hahaha… Panjang tubuh Field Ant cuma 1/4 inchi dan hidup di kebun,tanah lapang dan taman-taman.Field Ant tidak menggigit,kecuali jika di usik.Gigitannya cukup menyakitkan karena semut ini melepaskan racun yang mengandung asam ketika menggigit.

13. Locust

Tau nggak apa itu Locust? Locust sebenarnya adalah jenis dari belalang yang mempunyai sayap dan bisa terbang.Waktu balapan di GP Motegi kelas Moto2,kamera yang sedang menyorot ke arah motor Alex Marquez berhasil mengabadikan momen langka.Kamera beresolusi tinggi itu menangkap obyek berupa Locust yang sedang melompat dan membuka sayapnya untuk terbang.Kejadian ini berlangsung tepat di tikungan 12.

Locust ini sepertinya kaget dengan kehadiran motor Alex dan pergi menjauh.Locust memiliki antena yang pendek dan bisa mengubah kebiasaannya.Mereka merupakan serangga pemakan tumbuhan yang suka menjelajah banyak tempat dengan jarak tempuh yang jauh.Salah satunya sampai juga ke sirkuit yang di gunakan balapan hehehe…

14. Jungle Myna

Tahun 2016 di sesi Free Practice 2 sirkuit Sepang,ada momen tidak biasa yang muncul di kamera seorang fotografer MotoGP.Kamera itu merekam aktivitas burung betina Malaysia dari jenis Jungle Myna.Jungle Myna umumnya di temukan di daerah tropis Asia Selatan seperti Nepal,Bangladesh,Pakistan,India.Uniknya,Jungle Myna bisa juga di lihat di kawasan Asia Tenggara,contohnya di Malaysia.

Jungle Myna hidup di wilayah pegunungan dan suka membangun sarang di atas pohon Palm.Burung ini bisa bertelur 3-6 butir ketika masa reproduksi.Jungle Myna mudah di kenali dari warna bulunya yang berwarna abu-abu dan kepala berwarna hitam.Karena sirkuit Sepang banyak pohon Palm-nya,maka nggak heran kalau Jungle Myna singgah ke trek,barangkali mau ikutan nonton balapan juga hehehe…

15. Burung Hantu (Burrowing Owl)

Burung hantu umumnya keluar di malam hari,tapi beda dengan yang terlihat di sikuit Termas de Rio Hondo,Argentina (2016) ini.Burung hantu ini bernama Burrowing Owl (Athene Cunicularia) yang hidup di Amerika Utara dan Selatan.Burrowing Owl aktif justu di siang hari dan menyebar di berbagai tempat,mulai dari area rerumputan,daerah pertanian,gurun serta area dengan Vegatasi rendah.

Burung ini berburu sejak fajar sampai petang.Burrowing Owl dapat menggunakan penglihatan malam (Night Vision) dan pendengaran sensitif.Kalau burung hantu yang satu ini datang ke lintasan MotoGP,mau apa ya? Apakah mau mendukung salah satu pembalap? atau mau berburu? Weleh-weleh,jangan sampai deh rider MotoGP jadi targetnya hahaha…

16. Capung

Capung yang mempunyai nama keren Dragonfly ini adalah kelompok serangga dari bangsa Odonata.Di tempat kalian ada nggak? Kalau di MotoGP sih ada,buktinya saat GP Austin 2017 di sirkuit COTA di gelar,capung ini beterbangan di bagian dalam lintasan.

Satu yang tertangkap kamera,si capung lagi istirahat di area Kerb berwarna merah.Mungkin capek habis terbang terus,nyantai di situ deh hehehe… Capung hidup di wilayah yang ketinggian lebih dari 3000 m di bawah permukaan laut.Capung rupanya biasa di pakai untuk mengukur kebersihan ekosistem oleh para ahli.

Sebab,capung ini cuma mau hidup di daerah yang airnya bersih aja.Hmm,berarti trek MotoGP termasuk bersih ya sampai si capung datang kesitu.Nggak cuma di GP Austin aja lho,bahkan di GP Indianapolis juga ada capung yang tertangkap kamera sedang bermanuver di udara hahaha…

17. Belalang

Dulu rider MotoGP ada yang yang punya Nickname “Hopper” alias belalang.Siapa hayoo? hehehe… Itu lho,si John Hopkins.Hmm,kalau belum lama nonton MotoGP sih mungkin nggak kenal tuh siapa Hopkins.Nah,Hopkins di juluki Hopper gara-gara kakinya yang panjang kayak belalang hahaha… Ngomongin belalang,serangga hijau ini rupanya suka datang juga ke sirkuit MotoGP.

Ingat saat balapan di GP Sepang 2016? Saat kelas Moto3 mau di mulai,ternyata harus terjadi penundaan dan Red Flag di kibarkan karena kondisi hujan yang terlalu deras.Di tengah hujan itu kamera MotoGP menyorot seekor belalang yang sedang asik melakukan gerakan Backflip atau salto 360° ke belakang,mirip dengan selebrasinya Johann Zarco.Jangan-jangan Backflip Zarco terinspirasi dari belalang ini ya? hehehe…

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*