Aturan Tes Pramusim Rider MotoGP Di Tim Baru

loading...

Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi nih dengan kalian di posting ini.Kali ini Saya akan membahas informasi mengenai Aturan Tes Pramusim Rider MotoGP Di Tim Baru.Setiap musim gelaran balap MotoGP berakhir,sebagian rider mungkin tidak akan menetap di timnya dan memilih untuk pindah ke tim lain,tergantung dari adanya tawaran atau tidak.

Pergantian rider ini di dasarkan pada kebutuhan tim untuk mendapatkan hasil dengan rider yang mereka miliki.Rider yang kurang berkontribusi mungkin akan di ganti dengan rider baru yang lebih potensial.Belum lagi dengan adanya rider dari kelas Moto2 yang naik ke MotoGP.Biasanya,juara dunia Moto2 akan langsung mendapat tim pabrikan di MotoGP.

rossi-yamaha

Namun beberapa kasus terkadang membuat itu tidak terjadi dan pada akhirnya rider itu mesti mau berada di tim satelit,setidaknya di awal-awal tahun kepindahan mereka.Setiap tim memiliki 2 opsi berbeda,yaitu memperpanjang kontrak rider yang sudah mereka punya atau mengontrak rider lain untuk menjajal motor tim tersebut.Masalahnya adalah rider-rider baru ini selalu di hadapkan dengan kondisi sulit.

Aturan Tes Pramusim MotoGP

Hukum yang berlaku di MotoGP cukup aneh dimana kontrak rider tidak sinkron dengan aturan yang ada.Ini membuat tim pabrikan merasa tidak nyaman.Rider di MotoGP terikat kontrak yang berlaku mulai dari 1 Januari hingga 31 Desember musim berjalan.Sedangkan jika mereka pindah ke tim lain,otomatis rider baru itu harus menjalani sesi tes pramusim dengan tim baru.

lorenzo-cover

Padahal jadwal tes masih di bulan November pada hari selasa,selang 2 hari setelah GP Valencia usai.Artinya rider itu masih dalam keadaan terikat kontrak dengan tim lamanya.Ini yang terjadi pula di akhir musim 2016,dimana banyak rider beralih tim.

Pentingnya Gentlemen’s Agreement

Menghadapi problem ijin mengikuti tes pramusim itu,maka Gentlemen’s Agreement kemudian ikut berperan dalam mengatasi masalah.Gentlemen’s Agreement adalah kesepakatan antara para bos di masing-masing tim yang berkaitan dengan kebijakan untuk membolehkan rider mencoba motor di tim lain selagi kontraknya belum habis.Meskipun rider akhirnya bisa melakukan tes dengan motor barunya,tapi mereka di larang untuk berbicara kepada media tentang perbandingan langsung motor lama dan baru mereka.

rossi-perpanjang-kontrak

Sebab kontraknya dengan tim jalan belum berakhir.Biasanya tiap tim memilih menempatkan kontrak di tahun fiskal dengan maksud agar mereka tidak perlu menghitung berapa banyaknya kontrak yang jatuh tiap tahunnya.Tim ingin mereka tetap mendapat keuntungan dari pembalap mereka yang belum 100% punya hak dengan tim barunya.

Perlakuan Yamaha Pada Rossi Saat Pindah Ke Ducati

Akhir tahun 2010 Rossi memutuskan pindah ke Ducati karena dia ingin juara dengan motor asal Italy.Pada saat itu Lorenzo sukses menjadi juara dunia sehingga Yamaha punya 2 titel.1 titel untuk ridernya yang juara dunia dan 1 titel lagi untuk manufaktur.Untuk merayakan kemenangan,Yamaha perlu bahan untuk membuat promosi.Promosi itu termasuk syuting video dan publikasi foto bersama Rossi setelah musim balap selesai.

rossi-promotion

Materi ini akan di pakai untuk promosi di sisa hari setelah race Valencia hingga 31 Desember.Bila pada minggu malam kontrak Rossi telah berakhir,maka Yamaha tidak bisa melibatkan Rossi dalam promosi.Status Rossi sebagai rider Ducati akan menimbulkan masalah pada Hak Citra.Akhirnya Ducati memberikan ijin pada Yamaha untuk memakai Rossi dalam promosinya setelah adanya Gentlemen’s Agreement.

Hak Memberi/Menolak Ijin Pada Rider

Tim di hadapkan dalam kondisi membingungkan.Biasanya mereka cenderung memberi ijin pada ridernya yang pindah tim untuk mengikuti tes pramusim.Ini semua tergantung dari kebesaran hati dari bos masing-masing tim.Mereka seperti terjebak dalam “dilema hukuman”.

jolorrrr

Jika mereka menolak memberi ijin pada rider yang mau menjajal motor baru,maka di masa depan ada kemungkinan pabrikan lain melakukan hal yang sama ke tim itu.Itu bisa di pandang sebagai langkah luar biasa dan pilihan sulit.Dulu pernah terjadi sekali ketika Rossi meninggalkan HRC di akhir 2003.

Larangan Yamaha Untuk Lorenzo Menjalani Tes Di Ducati

Kasus berbeda terjadi pada Lorenzo,dimana dia justru mendapat larangan dari Yamaha ketika akan menjalani tes pramusim bersama Ducati dan membatasi rider Spanyol itu tentang kapan di perbolehkan mengikuti tes.Terkait kasus ini,Lin Jarvis memberikan pernyataan kenapa Lorenzo sampai di larang Yamaha ikut tes.Yamaha masih memiliki Lorenzo hingga 31 Desember 2016.Yamaha tidak mau menggaji pembalap yang melakukan uji coba untuk motor lawan mereka.

“Ini adalah bisnis.Ini benar-benar sebuah olahraga,tapi ini bukan amal.Ini bisnis,kata Lin Jarvis.”

“Tentu Lorenzo ingin mempunyai kesempatan mengetes Ducati karena misinya adalah mencapat kecepatan sesegera mungkin dan lebih cepat bersama Ducati.Tapi musim depan dia jadi kompetitor Kami.Keinginan serta hasratnya berbeda dari Kami,kata Lin Jarvis.”

lorenzo-kesal

Menurut laporan dari media olahraga Italy Gazzeta dello Sport,Yamaha akhirnya bersedia bermurah hati mengijinkan Lorenzo menjalani tes di Valencia.Sebagai konsekuensinya,Lorenzo tidak boleh ikut di tes berikutnya di Jerez pada 23-24 November 2016.Lorenzo baru boleh ikut tes lagi saat tes resmi pertama di Sepang pada akhir Januari 2017.Lorenzo pun mesti mau mencoba motor dengan Livery hitam tanpa ada logo/tulisan Ducati di motornya saat tes di Valencia.

Alasan Di Balik Larangan Untuk Lorenzo

Jika di tanya,kenapa Yamaha melakukan ini untuk Lorenzo? Kenapa tidak sama dengan Rossi waktu pindah ke Ducati? Sulit di jelaskan karena pihak Yamaha pasti tidak akan mendapat jawaban langsung yang sebenarnya.Tapi apapun itu,dari yang sudah terjadi sebelumnya memang ada pengaruh akibat sesuatu yang Lorenzo lakukan.Ada beberapa teori yang relevan untuk menjelaskan kejadian yang menimpa Lorenzo ini yang menurutnya Yamaha tidak adil dalam perlakuan terhadapnya.

1. Yamaha Takut Lorenzo Cepat Di Ducati

Hubungan Yamaha dan Lorenzo sudah memburuk sejak musim 2015 lalu.Yamaha ingin selama mungkin menahan Lorenzo untuk mencoba Ducati.Mereka tau Lorenzo adalah rider kelas atas pengoleksi 3 titel juara dunia kelas primer.9 tahun bersama Yamaha,Lorenzo punya banyak data yang bisa di pakai sebagai input untuk kru Ducati.Jika prosesnya cepat,Ducati bisa sesegera mungkin merancang dan menyeting motor sesuai dengan karakter Lorenzo.Inilah yang membuat Yamaha perlu memperlambat perkembangan Lorenzo di Ducati.

2. Lorenzo Membuat Yamaha Repot

Sejak tahun 2015 Lorenzo telah membuat situasi menjadi buruk dengan Yamaha.Dia melaporkan Rossi ke pengadilan atas insiden Sepang Clash dengan Marquez.Padahal Lorenzo sendiri tidak terlibat dalam kejadian itu.Ini sempat membuat pihak Yamaha marah.Kemudian soal kontrak,Lorenzo juga menuntut Yamaha menawarkan kontrak sebelum awal musim agar masa depannya jelas.

lorenzo-vs-rossi

Yamaha menuruti permintaan Lorenzo,tapi saat itu ada tawaran dari Ducati pada Lorenzo dan rider Spanyol ini belum memberi kejelasan menerima tawaran Ducati/tidak.Yamaha pun beralih menyodorkan kontrak ke Rossi lebih dulu.Lorenzo tidak terima karena merasa dia yang juara dunia dan harusnya di prioritaskan.Lorenzo memutar balikkan fakta dan memakai tawaran Ducati sebagai alat untuk tawar menawar.

Strategi Yamaha Menghalangi Lorenzo

Musim 2017 Yamaha punya Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang sama cepat.Tapi disisi lain,mereka harus menghadapi lawan kuat di kubu Honda,Marc Marquez.Di tambah lagi Lorenzo dengan Ducati barunya.Yamaha masih punya keuntungan dengan sisa kontaknya dengan Lorenzo.Kontrak itu yang di manfaatkan untuk memperlambat Lorenzo beradaptasi dengan GP17.

lorenzo-ducati-test

Ini akan membuat Ducati sedikit sulit di awal musim dan Yamaha mengambil keuntungan dari itu.Jika saja Lorenzo tidak memperkeruh suasana di tahun 2015 dan lebih baik dalam negosiasi kontrak,mungkin Yamaha akan lebih membebaskan Lorenzo menjajal Ducati.

Tes Pramusim Rossi Dan Stoner

Saat Stoner pindah ke Honda tahun 2011,dia hanya melakukan tes di Valencia,sama seperti yang di lakukan Rossi ketika pindah ke Ducati.Waktu itu Rossi juga menjalani operasi bahu setelah insiden kecelakaan di Mugello.Begitu pula saat Rossi kembali ke Yamaha pada akhir 2012.Dia hanya menjalani tes di Valencia.Peraturan untuk tes pramusim ini semakin ketat di tahun 2011.Kesempatan uji coba menjadi semakin sedikit bagi rider yang pindah tim.

rossi-ducatii

Suzuki Dan Ducati Lebih Longgar Soal Ijin Tes

Lain Yamaha,lain pula Suzuki dan Ducati.Jika Lorenzo harus terkendala oleh ijin dari Yamaha,maka cerita berbeda datang dari Vinales yang pindah ke Yamaha dan Iannone yang datang ke Suzuki.Masing-masing tim asal mereka membolehkan ridernya yang sudah pindah untuk menjalani tes,baik di Valencia,Jerez ataupun Sepang.

brivio

Khusus Suzuki,mungkin ada peran serta dari kepala timnya,Davide Brivio.Brivio pernah menjadi kepala kru di Yamaha untuk Rossi hingga tahun 2010.Brivio punya hubungan dekat dan baik dengan Yamaha.Selepas tidak bekerjasama dengan tim garpu tala lagi,Brivio kini menjadi kepala tim Suzuki.Hubungan baik di masa lalu itulah yang membuat kemudahan ijin antara Suzuki dan Yamaha.

 

 

loading...

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*