Merindukan Gaya Khas Ariel Peterpan Yang Dulu

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya mau membahas informasi mengenai Merindukan Gaya Khas Ariel Peterpan Yang Dulu.Siapa sih yang nggak kenal dengan Ariel? Dia ini adalah vokalis band paling fenomenal dan terkenal di Indonesia.Ariel mulai di lirik publik dan menjadi perhatian sejak band Peterpan melejit di belantika musik Indonesia.Mulai dari radio hingga stasiun TV,semuanya berlomba-lomba memutar lagu Peterpan waktu itu,mungkin lebih tepatnya di era 2004-2005.

Namun sejatinya,nama besar ini tidak di raih dengan gampang.Jauh sebelumnya,ada kisah dan perjalanan yang di tempuh para personel Peterpan.Tahun 1997,Andhika membentuk band dengan nama “Topi” dan mengajak adik kelasnya di SMU 2 Bandung yang terdiri dari Uki,Afrian,Abel dan Ari.Karena belum ada vokalis,Uki pun mengajak teman SMP-nya (Ariel).Dari situ terbentuklah band “Topi” dan band ini menganut aliran British Pop (British Alternative).Sayangnya band ini nggak bertahan lama dan bubar.

ariel-peterpan-outfit

3 tahun kemudian,Andhika menghidupkan lagi “Topi” dan mengganti Ari yang keluar dengan Reza.Ariel masih di vokal,Indra mengisi Bass,Uki di gitar.Bagian melodi (Lead Guitar) di isi Lukman yang mau di ajak gabung.Lukman ini merupakan teman kakak Indra.Setelah genap 6 orang,band ini mengawali lagi kiprahnya.Soal nama,”Topi” di rubah menjadi nama baru,yaitu “Peterpan”.Nama Peterpan sendiri di dapat secara tidak sengaja oleh Andhika yang waktu itu sedang makan bersama ibunya dan melihat nama Peterpan di warung itu.

kaos-buntung-ariel3

1 September 2000 Peterpan resmi di bentuk dan menjalani debutnya dari kafe ke kafe,seperti O’Hara dan Sapu Lidi.Saat itu Peterpan belum punya lagu sendiri dan sering membawakan lagu dari band barat (Nirvana,U2,Creed dan Coldplay).Di kafe Sapu Lidi,Noey yang kebetulan sedang mencari band untuk album kompilasi Kisah 2002 Malam melihat penampilan Peterpan.Karena tertarik,Peterpan di beri tawaran masuk ke album kompilasi itu dengan syarat mengajukan demo lagu.3 lagu pun di bikin dan di serahkan pada Noey.

ariel-style

Ketiga lagu demo lagu itu berjudul Mimpi Yang Sempurna,Kita Tertawa dan Taman Langit.Akhirnya lagu Mimpi Yang Sempurna lah yang terpilih mengisi kompilasi album itu.Tanpa di kira,lagu ini banyak di sukai dan membuat penjualan album naik hingga 150.000 kopi.Kesuksesan ini yang kemudian membuka jalan Peterpan sampai bisa tampil di TV pertama kali di acara Ulang Tahun Trans tv (2002) dengan membawakan lagu Mimpi Yang Sempurna.

peterpan-pertama-di-tv

Tahun 2003 Peterpan bergabung dengan label Musica Studio dan merilis album perdananya,Taman Langit pada bulan Juni.Album ini laku 650.000 kopi sehingga membuat Peterpan di anugerahi Multi Platinum Awards.Agustus 2004 album ke 2 (Bintang Di Surga) rilis.Minggu ke 2 selepas rilis,penjualan album sudah 350.000 kopi,meningkat pada Januari 2005 yang menyentuh angka 2 juta kopi dan terus melonjak sampai 2,7 juta kopi di bulan Februari 2005,hingga akhirnya menembus total penjualan sampai 3 juta kopi.

Album ke 3,Alexandria di rilis pada Agustus 2005 dengan 2 lagu andalan : Tak Bisakah dan Langit Tak Mendengar.Sayang,November 2006 Andhika dan Indra keluar.Peterpan tidak utuh lagi dan memakai Additional Player.

peterpan-keren

Salah satu daya tarik Peterpan adalah pada sosok Ariel yang di gandrungi para wanita dan di kagumi remaja pria dan dewasa,termasuk Saya yang mengidolakannya hehehe.. Jadi inget jaman SMP dulu nih,pertama kali lihat Peterpan di TV pas di putar video clip Topeng.Peran Ariel di Peterpan sangat penting.Dia yang menjadi magnet bagi orang-orang untuk menyukai Peterpan.Warna musik Peterpan juga di pengaruhi oleh kesukaan Ariel pada musik.

Ariel sangat mengidolakan Kurt Cobain yang menginspirasinya untuk bermusik dan style.Kalau kalian pengen tau,kenapa Ariel suka bergaya rambut panjang dengan belah tengah,itu semua karena dia menirukan gaya Kurt Cobain.Bahkan saking sukanya,Ariel pernah membuat musik yang di dedikasikan untuk Kurt.Tapi lagu/musik ini sampai sekarang tidak pernah jadi di publikasikan.Selain tatanan rambut yang khas,The Cranberries dan Kahlil Gibran adalah 2 bagian penting dari ide-ide Ariel saat menciptakan lagu.

ariel-kurt

Kurt Cobain (Kiri) Ariel (Kanan)

Jika kalian menyadarinya,lagu Mimpi Yang Sempurna di album pertama Peterpan terdengar mirip dengan lagu Animal Instinct-nya The Cranberries karena memang ada kord-kord yang sama di lagu itu.Kemudian tentang lirik,Ariel ini suka membuat lirik yang puitis dengan kata-kata yang indah.Ini tidak lepas dari kesukaannya pada karya-karya Kahlil Gibran,tentang filosofi alam yang di implementasikan ke lirik lagu.

Jika di dengar,lirik lagu Peterpan tidak nyambung satu dengan lainnya secara tertulis.Namun kalau di rangkai jadi lagu,terbesitlah makna dari lirik-lirik itu,mirip seperti sebuah puisi.Berkat keindahan lirik ini,lagu Peterpan selalu bernilai tinggi sebagai sebuah karya yang bisa di nikmati pecinta musik Indonesia.

ariel-2002

Balik lagi soal gaya,Ariel ini dulu punya gaya/style yang beda dari vokalis lainnya.Bahkan style itu yang menjadi ciri khas dan menjadikan tampilan ariel kelihatan keren dan anak band banget hehe.. Style ini mulai dari gaya rambut,gaya berpakaian serta aksesoris yang di kenakan.Hairstyle Ariel,seperti yang di jelaskan tadi terinsipirasi dari Kurt Cobain.Namun tidak sama persis karena Ariel memodifikasi tatanan rambut ala dia sendiri.

ariel-kurt2

Model rambut ini sangat unik karena meskipun panjang,rambutnya tertata rapi,lurus dan pas banget dengan mukanya.Asal kalian tau ya,gaya rambut belah tengah itu tidak selalu cocok pada semua pria.Kalau nggak klop dengan mukanya,bisa-bisa malah kelihatan culun.Tapi di Ariel,hasilnya justru jadi keren abis hehehe..

Saya coba searching untuk menemukan apa nama Hairstyle yang di pakai Ariel Peterpan dan tak menemukan satu nama pun untuk model rambut seperti Ariel ini.Tapi ada model yang mirip-mirip juga.Jika di lihat dari samping,model rambut Ariel ini seperti style Pixie Cut.Model ini sebenarnya hairstyle buat cewek hehe.. Tapi kok di gunakan Ariel masih kelihatan laki ya? Pixie Cut itu potongan rambut yang di depannya ada poni panjang dan lurus.

hair-ariel

Pixie Cut Long Sideburns

Nah bagian depan telinga biasanya ada rambut tuh,di sebut dengan istilah Sideburns.Mungkin orang Jawa bisa menyebutnya “Godek”.Kalau di kombinasi dengan Pixie Cut menjadi Pixie Cut Long Sideburns,karena godeknya Ariel panjang dan lurus.Oiya,godek ini mengambil model dari tatanan rambut cewek juga lho,soalnya kalau untuk cowok rata-rata godeknya pendek.

Perhatikan nih,bentuk Sideburns-nya Ariel,keren banget kan? hahaha.. nggak kalah tuh sama artis Korea/Jepang.Yang jadi pertanyaan,kenapa Ariel model rambutnya kayak cewek? hehe.. Ada yang tau?

godek-ariel

Godek Ariel Keren ^^

Itu baru model rambut ya,selain itu masih ada lagi tentang style pakaian.Ariel Peterpan dulu sukanya pakai kaos tanpa lengan (Sleveless).Nggak semua vokalis band berani pakai Sleveless ini.Kenapa? Soalnya kaos jenis ini memperlihatkan lengan yang terbuka,jadi keliatan tuh berotot atau nggak-nya hehe.. Kalau yang pakai orangnya kurus,pastinya nggak pede kan? hahaha.. Ariel punya 2 warna favorit untuk Sleveless,yaitu warna hitam dan putih.Cek gambar nih,keliatan macho kan? Pantesan aja cewek pada jerit-jerit liat Ariel yang dulu.

kaos-buntung-ariel2

Ariel Black Sleveless

kaos-buntung-ariel

Lanjut lagi ke aksesoris,Ariel senang memakai tas pinggang yang dia gunakan waktu nyanyi di panggung.Kabarnya,ini sebetulnya bukan maksud Ariel menjadikan tas pinggang sebagai ciri khas.Waktu itu Ariel sedang membeli tas pinggang karena kebutuhan untuk wadah Handphone dan rokok,biar ada tempatnya.Tapi Ariel suka kelupaan melepas tas ini di panggung.Lama-kelamaan manajer Peterpan menyadari kalau tas itu bisa jadi daya tarik dan ciri khas sehingga menyarankan Ariel terus memakainya.

tas-pinggang-ariel

Yang terakhir adalah soal aksesoris gelang.Tau sendiri kan,kalian para Sahabat Peterpan/NOAH,gimana Ariel kalau lagi manggung.Di tangannya pasti di kasi gelang hitam.Gelang ini biasa di sebut “Wristband” dan ada juga yang menyebutnya “Bracelet”.Tapi kalau Bracelet lebih simple,semacam gelang dengan tali yang di gunakan Ariel sekarang,bukan Ariel Peterpan dulu.

Setidaknya Ariel memiliki 4 jenis Wristband yang sering dia gunakan saat bernanyi.Kok bisa tau ada 4? Ya karena Saya kan Sahabat Peterpan/NOAH,jadi sukanya memperhatikan detail fashionnya Ariel hahaha.. 4 model Wristband ini keren-keren semua lho.Pengen bukti? Cek gambar di bawah ini nih ^^

Wristband Ariel – Model 1

glg4

Wristband Ariel – Model 2

glg2

Wristband Ariel – Model 3

glg

Wristband Ariel – Model 4

glg3

Semenjak Peterpan berubah nama jadi NOAH,Ariel mengalami metamorfosis dan evolusi dalam style.Dia tinggalkan style keren ala Ariel Peterpan.Padahal udah OK banget gaya lamanya ya,jadi kangen pengen liat Ariel seperti dulu lagi.Mungkinkah? Sepertinya nggak mungkin,karena gaya itu sudah melekat dengan band lamanya,Peterpan.

Biar orang tau kalau NOAH itu bukan Peterpan,Ariel memutuskan untuk berganti gaya,sekaligus mengikuti trend dan mode saat ini.Tapi sebagai fans,Saya sih lebih suka gaya yang dulu.Apapun itu,tetap saja Ariel yang bisa menentukan mau seperti apa penampilannya.Hanya saja Saya seperti kehilangan sesuatu.. sesuatu yang membuat Saya tertarik melihat tampilan dan style Ariel.Kalau kalian gimana? ^^

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*