Memperbaiki Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan ini Saya akan membahas informasi tentang Memperbaiki Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar.Mesin cuci,bisa di bilang sudah menjadi alat elektronik yang sangat di butuhkan di era modern seperti sekarang ini.Kepadatan aktivitas dan kesibukan sehari-hari mungkin adalah alasan utama kenapa orang-orang memerlukan mesin cuci.

Hampir di tiap rumah dengan mudah dapat kita jumpai mesin cuci yang bervariasi jenisnya.Mesin cuci dapat membantu meringankan pekerjaan untuk mecuci pakaian sehari-hari.Apalagi pakaian yang berukuran besar yang tentunya membutuhkan tenaga ekstra jika hanya di cuci memakai tangan biasa.

sexy-girl-washing

Keberadaan mesin cuci membuat kita tidak repot lagi mencuci secara manual,tentunya akan menghemat waktu dan tenaga juga.Mesin cuci dapat di bagi menjadi 2 macam berdasarkan tipenya,yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung.Seperti namanya,mesin cuci 1 tabung adalah mesin cuci yang bagian untuk mencuci dan pengeringan menjadi 1 dan bekerja bersamaan.

Sedangkan untuk mesin cuci 2 tabung,antara Washing Tube dan Spin Tube terpisah,memiliki fungsinya sendiri-sendiri.Mesin cuci 2 tabung kadang di sebut juga mesin cuci semi otomatis.Semua mesin cuci membutuhkan penggerak sehingga ada motor yang bekerja dengan cara berputar.Motor penggerak untuk Washing Tube dinamai Washing Motor,sementara pada Spin Tube di sebut dengan istilah Spin Motor.

Cara Kerja Motor Penggerak Mesin Cuci

Pada Washing Motor dan Spin Motor terdapat sebuah kumparan,terbagi menjadi kumparan utama dan kumparan bantu.Jumlah dan diameter kumparan ini sama,sehingga pergeseran pada sudut fasa antara tegangan dan arus tidak terjadi.Washing Motor di desain untuk berputar ke kanan dan kiri,sehingga bebannya sama antara 2 kumparan yang di pakai.Motor hanya akan menyala jika terdapat pergeseran sudut fasa yang menimbulkan medan putar.

memperbaiki-mesin-cuci

Masalah Pada Mesin Cuci

Meski canggih,mesin cuci tetaplah alat elektronik yang bisa kapan saja rusak/bermasalah.Problem dapat muncul di semua komponen mesin cuci.Masalah umum yang sering di temui adalah Washing Motor/Spin Motor yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja.Jika problem itu timbul,maka bisa di pastikan jika mesin tidak bisa bekerja normal lagi.

cuci-mesin

Masalah yang banyak terjadi diantaranya seperti salah satu kabel putus akibat di makan tikus,tali rem putus,timer rusak karena kemasukan serangga/semut.Satu yang cukup serius adalah masalah motor yang tidak mau berputar serta mengeluarkan bunyi dengung.Bunyi dengung yang di ikuti bau terbakar adalah indikasi bahwa Kapasitor sedang tidak normal/sudah rusak.

Apa Itu Kapasitor?

Kapasitor/Kondensator merupakan komponen elektronik yang berguna menyimpan dan melepas muatan listrik.Kapasitor terdiri dari 2 plat konduktor (pengantar listrik) atau lempengan logam yang tersusun sejajar dan di buat dari logam serta Isolator yang di pasang di antara plat untuk memisah muatan listrik.

kapasitor1Kapasitor Mesin Cuci (2 tabung)

Kapasitor bekerja dengan elektron yang ada di dalamnya.Jika elektron penuh,maka akan terjadi perubahan tegangan karena elektron mengalir ke bagian lain yang membutuhkan.Satuan Kapasitor di simbolkan dengan tanda F (Farad).Farad merupakan satuan yang besar dan umumnya pada alat elektronik satuannya di kecilkan menjadi Mikro Farad (µF).

Fungsi Utama Kapasitor

1. Penyimpan dan pelepas arus dan tegangan listrik

2. Menjadi Konduktor untuk mengalirkan arus AC (Alternating Current)

3. Menjadi Isolator yang memutus hubungan arus DC (Direct Current)

4. Alat yang di pakai untuk menggeser Fasa

5. Pembangkit Frekuensi dan filter dalam rangkaian Power Supply

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

Ketidakmampuan Kapasitor untuk berkerja menyalurkan arus listrik adalah faktor utama kenapa motor di mesin cuci tidak mau berputar.Kapasitor mesin cuci 1 tabung lain dengan yang 2 tabung.Kapasitor pada mesin cuci 2 tabung biasanya terdiri dari 2 pasang kabel (4 kabel berbeda).1 bagian di fungsikan untuk menggerakkan Motor Spin,nilainya 4µF-6µF.Sedangkan pada Washing Motor nilainya antara 8µF-10µF dengan tegangan 400 Vac.

kapasitor-2-tabungHarga Kapasitor

Kapasitor biasanya berbentuk ganda, artinya 1 kapasitor berisi dua bagian.Satunya Kapasitor untuk Spin Motor nilainya antara 4µF sampai 6µF dan satunya lagi untuk Washing Motor nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan tegangan kerja 400Vac.Kapasitor yang sudah lama masa pemakaiannya dapat berkurang nilai fungsinya dan jika sudah usang,mau tidak mau perlu di ganti dengan yang baru.Di toko-toko alat listrik banyak di jual Kapasitor dengan harga terjangkau (20-25 rb).

Bagaimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor letaknya ada di bagian bawah kiri bawah mesin cuci.Ada yang berbentuk kubus,ada juga yang tabung.Untuk mengganti Kapasitor memang perlu membuka bagian penutup belakang mesin cuci.Untuk lebih jelasnya,silahkan ikuti langkah-langkah memperbaiki/mengganti Kapasitor mesin cuci berikut ini :

1. Perhatikan ukuran mikro Kapasitor saat membeli yang baru

2. Usahakan cari Kapasitor bernilai sama

kapasitor4Nilai Kapasitor = 9.5 µF – 3.5 µF – 420VAC

3. Buka sekrup/baut di penutup belakang mesin cuci

4. Potong 4 kabel penghubung di Kapasitor itu

biru-garis

5. Jika tidak dapat yang sama,cari yang nilainya mendekati ukuran mikro Kapasitor awal

6. Gunakan pisau untuk mengeluarkan serabut dalam kabel

7. Sambungkan ke Kapasitor yang baru

8. Ingat,ada 4 kabel (2 merah dan 2 biru)

kapasitor3

9. Kabel merah dan biru dengan strip putih di gunakan untuk Spin Motor

10. Kabel merah dan putih polos di pakai untuk Washing Motor

11. Jika sudah terpasang,mesin cuci akan kembali bisa berputar lagi

loading...

2 Comments

  1. betul sekali mas, mesin cuci lemah/berdengung biasanya putaran lemah itu dari van beltnya, juga kadang-kadang kalau cuma berdengung aja biasanya harus ganti kapasitornya. Yang saya ternyata malah ada yang kabel putus mungkin digigit tikus.. haha

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*