Mengatasi Redirect Link Saat Submit Artikel Di Webmaster Tools

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan ini Saya berbagi informasi tentang Mengatasi Redirect Link Saat Submit Artikel Di Webmaster Tools.Webmaster Tools adalah bagian penting yang harus di mengerti oleh pemilik blog/website.Webmaster Tools merupakan sebuah fitur yang di miliki Google,dimana fasilitias yang tersedia di dalamnya memudahkan kita untuk mengelola situs dan memantaunya dengan mesin pencari/Search Engine.

Apa yang dapat di lakukan dengan Webmaster Tools? Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengawasi serta mengetahui aktivitas yang terjadi pada situs pribadi.Webmaster Tools bukanlah software/aplikasi,melainkan fitur berbasis web (Web Base) yang memang di rancang dengan multi fungsi.Jika fungsi ini di maksimalkan,otomatis halaman situs menjadi lebih mudah di baca dan di temukan oleh mesin pencari.

webmaster-cover

Dengan Webmaster Tools,situs dapat di optimasi agar lebih SEO Friendly dan terindex dengan baik di Google.Teknik SEO yang di terapkan menggunakan Webmaster Tools hasilnya akan terasa karena blog/situs tersebut lebih kuat dalam bersaing dengan kompetitor lain yang menyajikan konten yang sama di dalam blognya.Beberapa hal perlu di setting untuk mendapatkan manfaat dari Webmaster Tools ini.Setidaknya ada 4 manfaat utama yang di peroleh dari Webmaster Tools.

1. Situs Memiliki Sitelinks

Sitelinks sendiri dapat di artikan sebagai sekumpulan link tambahan yang muncul saat melakukan pencarian di halaman Google.Link ini terletak di bawah URL situs dengan karakter berbeda.Hasil pencarian pada keyword tertentu akan terlihat bertingkat.Sitelinks ini hanya di berikan pada situs yang di anggap populer oleh Google saja karena reputasinya yang bagus.Sitelinks bisa di buat sendiri juga dengan memanfaatkan Webmaster Tools.

2. Dapat Melakukan Konfigurasi Manual

Konfigurasi disini maksudnya adalah mengatur hal-hal yang berkaitan dengan URL parameter,tautan situs dan geografis.Artinya kita bisa menyeting sendiri agar halaman dapat di temukan oleh orang-orang dari negara tertentu,misalnya mencari target visitor lokal dari Indonesia saja.

webmaster-redirect

3. Menampilkan Semua Aktivitas Situs

Apa saja yang terjadi pada situs kita dapat di lihat melalui Webmaster Tools.Contohnya saja seperti melihat Crawl/bagaimana perayapan link blog oleh Google,mengetahui kesalahan URL/URL Error,kesalahan server,melihat berapa banyaknya URL yang sudah terindex,memantau berapa kali visitor melakukan klik/membuka halaman blog serta menemukan keyword apa yang populer di situs kita.

4. Memperbaiki SEO Blog Yang Kurang Bagus

Webmaster Tools mendukung penuh peningkatan kualitas blog dengan menyediakan layanan untuk menyempurnakan HTML,menghapus broken link,duplikat konten serta memperbaiki struktur yang belum baik seperti hilangnya judul tag pada blog.Menguasai Webmaster Tools sama saja kita telah meningkatkan kekuatan blog sehingga dapat muncul di halaman awal Google.

Masalah Redirected Pada Webmaster Tools

Fungsi utama yang paling penting dari Webmaster Tools adalah mempercepat artikel yang baru saja di publish untuk muncul di mesin pencari.Untuk mendapatkan manfaat ini,kita hanya perlu memasukkan link artikel ke menu Fetch As dan di lanjutkan dengan render URL.Jika prosesnya sukses,Webmaster Tools akan menampilkan keterangan/tulisan Completed.

Namun kadang ada masalah yang timbul dan cukup membingungkan.Beberapa blogger menghadapi kondisi yang aneh ketika melakukan submit artikel.Setiap kali submit,prosesnya selalu berakhir dengan tulisan Redirected! dengan tanda peringatan di sampingnya.Lalu apa penyebab itu? Banyak admin blog yang pusing dan tidak mengerti dengan tulisan peringatan itu.Tulisan Redirected! ini memiliki maksud bahwa URL tersebut di alihkan ke URL lain saat di buka/di akses.

redirect-webmaster-copy

Penyebab munculnya Redirected adalah ketidaksesuaian antara URL yang muncul di adress bar browser waktu membuka situs itu dengan URL yang di daftarkan ke Webmaster Tools.Misalnya blog kita tampil dengan format www.media2give.com,sedangkan di Webmaster Tools muncul http://media2give.com (tanpa “www”).Perbedaan inilah yang membuat URL mengalami Redirect/pengalihan.

Ada 2 metode untuk mengatasinya,yaitu menyamakan URL seperti di blog atau menyamakan URL sesuai di Webmaster Tools.

CARA 1 – Mengubah URL di Situs/Website

Pergantian www biasanya di peruntukkan untuk pengguna Platform WordPress saja.Jika kalian memakai WordPress,silahkan ikuti cara berikut ini :

1. Login ke akun Cpanel

2. Cari Menu Websites and Domains

3. Klik pada pilihan Hosting Settings

wdm-copy

4. Bagian Preferred Domain,ubah sesuai URL di Webmaster Tools

5. Pilih dengan www atau tanpa www

rdrct2-copy

6. Tunggu sampai perubahan selesai di proses (kurang lebih 30 menit)

CARA 2 – Mengubah URL di Webmaster Tools

1. Login ke Webmaster Tools

2. Bisa login dengan email kalian

3. Buka link ini : https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en

4. Klik tombol Add a Property 

prop-copy

5. Pilih Website > masukkan URL blog/situsnya (tanpa/dengan www)

prop2-copy

6. Klik tombol Add

7. Lakukan submit artikel di link ini (https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-fetch?hl=en&siteUrl=http://www.namasitus.com/)

8. Ganti www.namasitus.com dengan URL situs kalian

webmaster-copy

9. Masukkan link mulai dari tahunnya,tidak perlu dengan www

Contoh :

Link asli :

http://media2give.com 2017/01/plugins-keren-wordpress-untuk-sambut-tahun-baru.html

Yang di submit :

2017/01/plugins-keren-wordpress-untuk-sambut-tahun-baru.html

10. Pilih menu Dekstop > klik Fetch

loading...

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*