Solusi Justify Dan Underline Button Hilang Di WordPress 4.7

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada artikel kali ini Saya akan membahas Solusi Justify Dan Underline Button Hilang Di WordPress 4.7 atau bahasa inggrisnya How To Fix Removes Justify & Underline Button In WordPress 4.7.Yah,kira-kira begitu versi bahasa kerennya hehehe.. WordPress merupakan platform yang di kembangkan dengan menyajikan sebuah laman yang dapat di kelola melalui website yang fiturnya bisa di unduh dari situs WordPress.org.Mungkin hampir mirip dengan blogger ya,hanya saja tampilan WordPress ini lebih elegant dan simple ketimbang blog.

Selain itu,untuk urusan utak-atik kode html dan memasang/merubah widget serta mengatur javascript di halaman,memang blogspot lebih unggul.Soalnya bisa di eksplor sendiri sehingga beragam kode bisa di pasang pada menu HTML.Sedangkan untuk WordPress,widget dan fitur penunjang lainnya tergantung pada tersedia/tidaknya Plugins karena biasanya cuma bagian header.php dan footer.php yang bisa di sisipi script kode.

WordPress lebih cocok di pakai untuk situs yang di buat untuk tujuan komersil dan informatif,misalnya seperti toko online,situs berita bahkan untuk keperluan mencari dollar dari situs iklan pun banyak pengguna yang memilih WordPress.WordPress Self Hosted tidak akan di hapus oleh Google,beda dengan blog yang sewaktu-waktu dapat di banned/di hapus Google.Dari keuntungan ini tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk melakukan migrasi blog ke WordPress karena ingin di buat lebih professional webnya.

Bagi pemakai WordPress,tentunya tidak asing lagi ya dengan yang namanya update.Biasanya jika ada pembaharuan,akan muncul notifikasi yang menawarkan untuk update versi WP/Plugins ke yang lebih terbaru.Pastinya ada sedikit yang berubah jika mengupdate versinya.Contohnya saja di WordPress 4.6 kita bisa menginstall Plugins tanpa perlu berpindah ke halaman yang baru.Nah,ketika WordPress memunculkan versi 4.7,otomatis penggunanya akan melakukan update dengan harapan mendapat fitur yang lebih friendly.

Sayangnya itu justru menimbilkan masalah karena ternyata pada WordPress 4.7 Beta,Justify Button dan Underline Button di hilangkan.Langsung saja mereka yang suka membuat artikel dari WP jadi kaget.Rata-rata usernya memang membutuhkan dan terbiasa dengan button tersebut.Pihak developer rupanya sengaja menyusun ulang Toolbar Button dan menghapus 2 button penting.Andrew Ozz,salah satu editor di TinyMce WYSIWYG mengatakan kalau perubahan ini di dasarkan pada alasan logis.

Underline di hilangkan karena menyebabkan kebingungan pembaca ketika melihat kata bergaris bawah dan mengira itu link,kemudian mengkliknya.Sedangkan Justify membuat pengunjung lebih sedikit membaca teks di halaman yang tampil.Posisi menu Dropdown di header pun ikut berubah menjadi di atas baris,dan Strikethrough Button di pindah ke baris ke 2 Toolbar Menu.Keputusan membuang Button ini membawa dampak besar bagi user.Kebanyakan pengguna menyuarakan penolakan atas ide menghapus Justify Button dan Underline Button ini.

Tapi apa daya,mereka bukan developer,cuma user biasa yang tak punya kuasa apa-apa untuk merubah kondisi hehehe.. termasuk Saya juga pengguna lho.Nah,trus gimana cara mengatasinya ya? Masa iya,kita nggak bisa mengatur teks jadi rata kanan kiri? kan digituin biar kelihatan rapi ya? Tenang,setelah muter kesana kemari menemani biksu tong ke barat mencari kitab suci hahaha.. akhirnya ada cara agar kita tetap bisa memakai Justify dan Underline lagi.Simak petunjuknya berikut ini.. di pahami betul-betul ya ^^

A. Menginstall Plugins Re-Add Text Underline And Justify

Plugins ini bekerja pada WordPress versi 4.7 ke atas dan telah di install lebih dari 4000 user.Dengan Plugins ini,Justify dan Underline Button dapat muncul kembali di Toolbar seperti pada versi sebelumnya.

Fitur Plugins :

> Default – without underline & justify buttons
> Re-add underline & justify buttons
> Re-add underline & justify + rearrange

Cara Memasang Di WordPress :

1. Download dulu Pluginsnya DISINI

2. Upload dan aktifkan Plugins

3. Buka menu SettingsWriting

4. Aktifkan Justify dan Underline Button di Editor style

B. Memanfaatkan Shortcuts Di Keyboard

Nah,kalau ide yang satu ini Saya kepikiran sendiri dan coba-coba aja sih,eh ternyata memang bisa hehehe.. Walaupun Button-nya hilang,namun fungsi perintah dengan Shortcuts tetaplah aktif.Tau kan apa itu Shortcuts? Itu lho,kombinasi beberapa tuts untuk menghasilkan perintah seperti Ctrl + C untuk mengcopy teks.Kalau untuk rata kanan kiri,tinggal ikuti cara ini :

1. Blok semua teks yang akan di rata kanan kini

2. Pencet Shift + Alt + J bersamaan

3. Teksnya akan berubah jadi format Justify

4. Untuk Underline bisa pakai kode Ctrl + U (di blok dulu teksnya ya)

C. Menambahkan Kode HTML Di Awal Dan Akhir Teks

1. Buka Teks Editor di artikel yang mau di Justify

2. Klik tombol Text (di samping tulisan Visual)

3. Letakkan kode ini di depan karakter awal teks

<p style=”text-align: justify;”>

4. Letakkan kode ini di belakang karakter akhir

</p>

5. Hasilnya akan seperti ini

<p style=”text-align: justify;”>

Teks Artikel Kalian Disini

</p>

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*