Rossi Bukan Rider Yang Bermain Kotor! Ini Analisanya

loading...

Haloo sobat media2give^^ Di kesempatan ini Saya akan membahas informasi unik seputar MotoGP,lebih tepatnya mengenai Rossi Bukan Rider Yang Bermain Kotor! Ini Analisanya.Sebenarnya Saya kepikiran untuk mengulas informasi ini setelah membaca artikel di sebuah situs yang menjelaskan kalau Rossi itu adalah Slighty Dirty Rider.Apa itu? Slighty Dirty ini sama artinya dengan “sedikit kotor”.Kotor disini yang di maksud adalah cara dan etika balapnya.Dalam situs itu di sebutkan bahwa Rossi sering melakukan cara yang “sedikit kotor” untuk menang.

Misalnya saja ketika akan di overtake rider di belakangnya.Sebagai rider,Rossi tak luput dari kesalahan ketika menggeber tunggangan di sirkuit.Terkadang The Doctor juga bisa salah melakukan perhitungan ketika mengerem atau membuka gas di tikungan.Akibatnya,motor akan melebar,tidak pada racing line terbaik dan memberikan kesempatan bagi pembalap di belakangnya untuk melewati Rossi.

Celah yang terbuka ini kadang-kadang bisa jadi masalah yang rumit karena kedua rider yang sedang battle akan mengaku dirinya dalam posisi yang benar,sehingga saat terjadi kontak/senggolan,masing-masing tidak mau di salahkan.MotoGP beda dengan balap mobil,sebab di motornya tidak ada spion.Rider tidak tau persis seberapa dekat pembalap yang ada di belakangnya atau keputusan apa yang akan mereka ambil.Apakah mereka mencoba masuk dari sisi dalam,melakukan Late Braking atau mengerem di titik normal.

Lain dengan mobil,dimana kita bisa tau kalau sedang di tekan dari belakang dan melihat spion untuk bereaksi ketika serangan datang.Pembalap MotoGP hanya dapat menoleh ke belakang untuk mengecek posisi lawannya,tapi itu beresiko karena ada momen sepersekian ratus detik yang hilang.Bisa-bisa gara-gara menengok dia malah di salip.Cara lain yang biasa di pakai rider adalah dengan mendengarkan suara mesin.Suara mesin akan makin terdengar keras jika motor di belakang mendekat.Itu bisa jadi peringatan sekaligus persiapan untuk rider di depan karena sebentar lagi akan di overtake.

Cara Overtake Yang Benar

Cara melewati lawan yang baik harus di lakukan dengan memastikan bahwa manuver untuk menyalip itu bersih.Saat akan mengovertake,posisi motor mesti ada di samping motor rider di depannya sebelum menikung.Ban depan juga harus berada di depan ban depan lawan.Jika menyalip setelah motor menikung,itu sangat beresiko karena kemungkinan terjadi senggolan besar dan momen yang di ambil bisa saja kurang cepat.Sementara rider yang di salip tidak siap untuk refleks.Akhirnya salah satu rider dapat terjatuh/crash di race.

Rossi Melakukan Slighty Dirty?

Tuduhan ini muncul dari pengamatan sebagian orang yang menilai Rossi bermain “sedikit kotor”.Bagaimana cara Rossi melakukan itu? Rossi di anggap sengaja memperlambat laju motornya ketika overtake,lalu melebarkan motornya dengan tujuan supaya racing line rider lain terganggu dan memaksanya melebar di tikungan.Ini memang pernah terjadi ketika Sepang Clash 2015 dan GP Argentina 2015 antara dirinya dengan Marquez.

Di tikungan 14 Rossi menyalip Marquez dari sisi dalam sambil menoleh ke arah Marquez

Rossi melambat dan perlahan melebar sehingga mendesak Marquez untuk menjauhinya

Marquez tidak mau mengalah/melambat dan terjadi benturan

Bukan tendangan? Race Director tidak bisa membuktikan Rossi menendang karena gambar di kamera menunjukkan Rossi melakukan gerakan kaki.Tapi penyebab gerakan kaki itu tidak bisa di investigasi,apakah karena senggolan dengan motor Marc/tidak.

GP Argentina 2015 Rossi Vs Marquez

Marquez memposisikan motor di sisi dalam untuk bersiap overtake

Rossi menoleh ke arah Marc untuk melihat jarak

Motor Marquez terlalu dekat dengan Rossi

Rossi berbelok dan menyenggol motor Marquez

Marquez jatuh dan tidak bisa finish

Kejadian itu membuat orang menilai Rossi adalah pembalap Slighty Dirty.Padahal Rossi melakukan itu sebagai bagian reaksi kesal dari aksi provokatif Marquez yang menurut Vale terlalu agresif dan bermain tidak fair.Sehingga Sepang Clash tidak bisa di jadikan patokan Rossi bukan rider yang bersih.Insiden GP Argentina juga sama,itu terjadi gara-gara Marquez yang kurang sabar menunggu momen menyalip.

Yang di permasalahkan orang adalah waktu itu Rossi sempat menoleh,apa dia merencanakan untuk menjatuhkan Marquez? Kalau iya kenapa tidak di hukum? Posisi Rossi ada di depan dan menurut aturan MotoGP,rider di depan boleh melindungi racing linenya,termasuk menutup celah dan menghalangi lawan.Jadi Rossi tidak bersalah dalam kejadian itu.Dani Pedrosa dalam interviewnya mengomentari soal etika menyalip rider dan tidak menyalahkan aksi Rossi.

“Tapi apa yang bisa Saya katakan dari manuver terakhir? Saya pikir ketika kamu ada di sisi dalam,kamu bisa melaju dan melebar sesuai keinginanmu karena orang yang di sisi dalam punya keuntungan dan rider yang ada di sisi luar harus menutup gas,kata Pedrosa”.

Mau bukti Rossi bukan Slighty Dirty Rider?

Duel Rossi Vs Pedrosa GP Aragon 2015

Pedrosa menyalip Rossi di sebuah tikungan dari sisi salam

Rossi berusaha menutup line karena motornya masih sejajar dengan Pedrosa

Pedrosa berhasil ada di depan dan Rossi menegakkan motor

Kenapa Rossi menegakkan motor? Karena dia tau posisinya tidak cukup kuat untuk melawan dan jika Rossi nekat,pastilah dia jatuh.Ini menjadi bukti nyata bahwa Rossi selalu menyerang dan bertahan dengan metode yang aman.Rossi akan bertahan sekuat mungkin jika posisinya menguntungkan dan tidak melanggar aturan.

Mau bukti lagi?

GP Jerez 2005 Rossi Vs Gibernau

Last corner Rossi masuk dari sisi dalam Gibernau,posisi 50-50

Gibernau berusaha menutup celah di tikungan

Rossi lebih cepat memposisikan motor di setengah body motor Sete

Terjadi benturan,Gibernau keluar trek

Rossi mensejajarkan motor sebelum menikung.Dia masuk tikungan lebih awal dan dengan kecepatan rendah.Rossi melakukannya dengan bersih.Senggolan terjadi gara-gara Gibernau kalah cepat mengamankan racing linenya.Akhirnya Rossi di putuskan memenangkan balapan ini.Melebarkan motor setelah menikung itu adalah hak rider selagi lawannya masih ada ruang untuk mengalah dan tidak sampai keluar trek.Jadi sebetulnya istilah Slighty Dirty untuk Rossi itu tidak tepat.Semua rider pasti juga mengerjakan hal yang sama jika ada di posisi Rossi.Aksi itu lebih pas jika di sebut dengan Blockpass dan itu LEGAL.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*