4 Aksi Unik Marquez Hadapi Masalah Di Lintasan

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan berbagi informasi mengenai 4 Aksi Unik Marquez Hadapi Masalah Di Lintasan.Marc Marquez,rider asal Spanyol yang penuh talenta,semangat dan motivasi tinggi untuk mengukir prestasi dan menjadi yang terbaik di MotoGP ini terus menjadi pembicaraan banyak orang karena kemampuannya dalam menggeber motor.Riding Style-nya memang unik,bahkan rekan setimnya (Dani Pedrosa) juga pernah mengatakan kalau Marc punya bakat luar biasa.

Dia selalu menikung seolah-olah akan terjatuh,tapi kemudian tidak terjadi.Marquez mampu mengendalikan kondisi itu.Motor Marquez sering terlihat geyal-geyol ketika masuk tikungan.Itu menandakan bahwa Marquez melakukan pengereman keras.Tapi sebenarnya Marc sengaja melakukan itu dengan tujuan mencegah motor mengalami Wheelie.Marquez biasanya lebih fokus menggunakan rem belakang untuk mengurangi kecepatan dari lintasan lurus.

Saat sampai di depan tikungan,dia akan menekan rem depan dengan keras dan cepat yang menimbulkan efek guncangan motor.Namun ini terbukti efektif mengurangi gejala ban depan naik.Sebab ban depan yang terangkat bisa mengurangi akselerasi saat kelar tikungan.4 tahun di MotoGP,Marc sudah menghadapi berbagai persoalan.Tahun mudah baginya hanya terjadi di musim 2013-2014 saat dia mendominasi balapan dan point di Championship.

Setelah itu banyak problem dan masalah yang menghampiri Marc,seperti terlalu sering Crash di tahun 2015 dan problem kurangnya akselerasi dan Front End di musim 2016.Marquez pun belajar dari kesalahan-kesalahan yang dia lakukan.Kini Marquez berubah jadi lebih dewasa berpikir.Dia tidak seperti dulu yang ingin selalu menang di race,apapun yang terjadi.Tapi sekarang Marquez akan bermain konservatif untuk mengamankan point jika tidak memungkinkan menang.

Cara itu terbukti ampuh membawanya meraih gelar juara dunia ke 3 di MotoGP.Marquez memiliki karakter pantang menyerah,agresif dan ambisius jika sudah duel di trek.Walaupun masalah datang,Marc selalu mencoba mengatasi dengan caranya sendiri.Ada beberapa momen menarik yang menunjukkan kalau Marquez itu punya semangat ekstra tinggi.Marc tak pernah mau membuang sedikit pun waktu percuma.

Semangat pantang menyerah-nya itu terbukti dapat mengatasi masalah yang menimpanya di lintasan.Kira-kira momen apa saja ya yang menunjukkan seberapa luar biasanya aksi Marquez kala di timpa masalah di lintasan? Mari kita simak bersama ulasannya berikut ini.

1. GP Sachsenring 2016

Marquez salah memilih tipe ban di Sachsenring.Dia memakai ban Extra Soft dan tidak mampu kompetitif di awal race.Posisinya bahkan sempat melorot dan membuat Marc tidak yakin bisa menang.Marquez semakin kesulitan ketika melakukan kesalahan melebar di tikungan 8 lap 10 yang membuatnya drop ke urutan 9.Kondisi berubah drastis saat Flag to Flag.Di awal lap 18 Marquez memutuskan masuk Pit lebih cepat.

Lawan-lawannya belum ada yang ganti motor hingga lap 23.Strategi Marc ini ternyata tepat,sebab dengan mengganti motor dengan ban Slick,Marc punya kecepatan lebih baik dan bisa menyusul ke depan.Marquez di untungkan karena Rossi salah mengganti ban dan memakai Intermediate Tyre.Akhirnya Marquez berhasil membuat gap yang jauh dari Rossi dan menang karena ban Slick miliknya lebih bagus performanya dari ban yang di gunakan Rossi di trek kering.

2. Kualifikasi GP Austin 2015

Marquez punya rekor baik jika membalap di sirkuit ini.Marc selalu menang di Austin dan susah di kalahkan.Dari sesi Free Practice hingga kualifikasi Marc mendominasi catatan waktu tercepat.Namun ada yang tidak biasa ketika kualifikasi.Saat kualifikasi menyisakan waktu 3 menit,Marquez melihat lampu peringatan tanda bahaya di motornya menyala di lintasan lurus dekat garis finish.

Tau motornya bermasalah,Marquez langsung berhenti dan menepi.Apa yang di lakukan setelahnya adalah hal luar biasa.Kenapa? Marquez berlari sepanjang Pit Lane dan bergegas menuju ke Pit untuk mengambil motor pengganti.Uniknya dia mau berlari-larian dan tidak mau menyerah pada keadaan.Ini menandakan kalau Marquez selalu di penuhi dengan motivasi tinggi baik di sesi latihan ataupun race.

3. Kualifikasi GP Assen 2016

Mungkin kalian tidak akan pernah lupa dengan kejadian lucu di kualifikasi GP Assen 2016.Saat sesi Q2 dan waktu tinggal 9 menit lagi,Marquez mendorong motornya lebih keras untuk mencapai waktu tercepatnya.Sayangnya dia membuat kesalahan dan terjatuh.Marquez ingin kembali ke Pit,tapi disana tak ada satupun motor yang menjemputnya.Marquez melihat skuter yang di parkir di pinggir lintasan.

Rupanya kunci motornya masih menancap di tempatnya.Marquez langsung menyalakan skuter itu.Ketika Marc mau pergi,seorang fotografer (Tino Martino) memanggil Marc.Dengan isyarat tubuh,Marquez meminta ijin memakai skuter itu dan segera menuju Pit.Meski jatuh,Marc masih bisa menempati urutan ke 4 di Starting Grid berkat aksinya itu.

4. GP Argentina 2016

Marquez yang kita kenal adalah pembalap yang suka menirukan aksi-aksi Rossi di lintasan.Tapi di sirkuit Termas de Rio Hondo,Marc menciptakan gaya uniknya sendiri.Race di Argentina berjalan Flag to Flag akibat cuaca yang berubah-ubah.Dari start hingga pertengahan race,duel seru terjadi antara Rossi Vs Marquez.Namun ketika ada Flag to Flag semunaya berubah.Lap ke 10 keduanya sama-sama masuk Pit.

Namun Marquez lebih cepat keluar Pit karena caranya yang unik saat Swap Bike.Marquez melompat dari satu motor ke motor pengganti.Sedangkan Rossi turun dari motornya dan melangkah naik ke motor keduanya.Metode Marc itu ternyata 2,8 detik lebih cepat dan efektif untuk mengungguli Rossi.Di race-race selanjutnya,Lorenzo dan Iannone tertangkap kamera menggunakan cara yang sama dengan Marc.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*