5 Teknologi Canggih MotoGP Yang Jarang Diketahui Orang

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan mengulas informasi lengkap seputar Teknologi Canggih MotoGP Yang Jarang Diketahui Orang.Perkembangan teknologi,mesin dan perangkat elektronik di dunia ini berlangsung secara cepat.Orang mulai menemukan ide dan inovasi baru untuk menciptakan teknologi baru dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan serangkaian riset serta uji coba.Itu juga terjadi pada dunia balap motor paling populer,apalagi kalau bukan MotoGP.Ya,teknologi pasti akan bergerak maju dan tak pernah berhenti.

Setiap perubahannya akan membawa dampak signifikan bagi pembalap.Dulu ketika era 2tak 500cc,motor lebih sulit di kendalikan karena power yang besar.Pembalap di tantang untuk menyesuaikan karakter tunggangannya sendiri.Disitu pembagian teknologi dan skills rider masih seimbang,mungkin sedikit lebih dominan kemampuan pembalapnya dalam membawa motor untuk meraih kemenangan.Seiring waktu,sedikit demi sedikit teknologi di aplikasikan ke motor untuk meningkatkan performa.

Teknologi ini tidak hanya berperan untuk mempermudah pembalap saja,tapi juga meningkatkan faktor safety saat bertarung di lintasan.Valentino Rossi pernah mengungkapkan sejak MotoGP beralih ke 990 cc,semuanya terasa lebih mudah.Kenapa? Sebab motor Honda milik Rossi waktu itu di lengkapi dengan Traction Control yang bisa menjaga ban depan dan belakang berputar dengan kecepatan yang sama.

Beda kondisinya dengan di kelas 500cc yang tak ada Kontrol Traksi sehingga jika pembalap salah perhitungan,motor dapat mengalami slide keras pada ban dan terjatuh.Selain Kontrol Traksi,perangkat elektronik juga semakin mendominasi motor.Skills rider bukan lagi kunci untuk menang karena teknologi mengendalikan lebih dari 50% motor.Maka tidak heran jika di MotoGP 1000cc sekarang ini banyak rider muda yang agresif.

Itu karena mereka tidak terlalu cemas mendorong motor sampai batas,sebab ada teknologi dan peralatan di motor yang membantu.Dari sekian banyak teknologi pada motor MotoGP,ternyata tidak semuanya di ketahui orang.Sebagian dari itu malahan jarang di perhatikan/tidak di mengerti penonton.Biasanya fokus penonton hanya pada balapannya saja,tanpa mengetahui detail mesin dan teknologi di motor itu.Lalu kira-kita apa saja teknologi canggih yang kurang di perhatikan pecinta MotoGP? Berikut ulasan lengkapnya ^^

1. Brake Cooling Duct

Ini merupakan alat yang di pakai sebagai pendingin pada rem.Brake Cooling Duct pertama kali di coba pada Winter Test di Sepang.Adalah 2 Pabrikan besar (Ducati dan Yamaha) yang mengaplikasikan teknologi untuk motor ridernya.Ducati mengetes perangkat ini di Ducati GP 14.3 milik Iannone.Brake Cooling Duct bekerja dengan mengalirkan udara dari arah depan agar kaliper rem depan tidak terlalu panas.Brake Cooling Duct terbuat dari bahan serat karbon dan Paolo Ciabatti mengatakan jika Sepang adalah tempat pertama kalinya untuk uji coba Brake Cooling Duct.

“Kami siap menggunakan ini untuk beberapa sirkuit ketika temperatur sangat tinggi.Kami butuh ekstra ventilasi di rem,jadi Kami memerlukannya,tergantung dari karakter sirkuit juga.Mekanik Kami akan mengecek temperatur dulu dan jika Kami pikir suhunya terlalu tinggi,Kami akan menginstallnya ke motor,kata Paolo Ciabatti.”

2. Custom Handlebar Grip

Handlebar ini sama artinya dengan pegangan/setang motor.Tiap motor bentuknya sama,kecuali jika ada kondisi yang membuat perlu di lakukan modifikasi.Seperti pada Handlebar Grip Marquez di Free Practice 2 Jerez 2015.Beberapa hari jelang tes,Marquez mendapat insiden yang menyebabkan jari kelingking kirinya patah dan terpaksa di operasi.Honda mencari cara agar Marquez bisa menyesuaikan diri dengan kondisi jarinya yang tidak fit.

Honda membuat terobosan dengan mendesain Handlebar Grip baru.Handlebar ini sedikit lebih besar ukurannya untuk menolong Marc yang belum bisa menekuk jarinya dengan sempurna sekaligus mengurangi beban di jari kelingkingnya.Meski berguna,Marquez tetap merasakan sakit setelah melepas sarung tangan balapnya.Tapi tidak masalah karena tes berlangsung lancar.

3. Brake Lever Protector

Tahun 2006 di tikungan pertama GP Catalunya terjadi insiden serius yang melibatkan banyak rider seperti Gibernau,Capirossi,De Puniet,Pedrosa dan Melandri.Penyebabnya adalah rem depan Gibernau mengenai motor Capirossi dalam kecepatan tinggi dan membuat motornya oleng.Akhirnya Gibernau crash dan menyeret 4 rider di dekatnya.

Ujung tahun 2011 di Valencia,Grand Prix Commission memutuskan untuk mewajibkan semua motor memakai Brake Lever Protector,berlaku untuk musim berikutnya (2012).Perangkat tambahan ini terbukti mampu menambah keamanan rider dari insiden senggolan.Di GP Qatar 2013 motor Rossi kontak dengan Honda Pedrosa dan Rossi terhindar dari kecelakaan berkat adanya Brake Lever Protector.Rossi menjelaskan jika tidak ada alat itu mungkin dia sudah Crash.

4. Swing Arm

Swing Arm adalah bagian penting dari motor di MotoGP.Swing Arm merupakan frame berupa lengan ayun yang melekat dengan bagian roda belakang dan rangka utama motor.Keberadaan Swing Arm sangat di perlukan karena Swing Arm bermanfaat untuk meredam efek guncangan motor saat melewati area yang tidak rata.Swing Arm membuat suspensi belakang bekerja tidak terlalu berat.

Swing Arm bisa di buat dari 2 bahan : Alumunium dan serat karbon.Swing Arm mempengaruhi stabilitas motor.Dengan Swing Arm,motor dapat meningkat dari sisi kesimbangannya meski ada di kondisi yang membuat motor tidak bisa menghindari guncangan/getaran keras.Swing Arm ini juga sering di modifikasi dari bentuk dan ukurannya untuk mencari formula yang pas bagi motor.

5. Temperature Checker

Sebenarnya Saya belum tau sebutan yang tepat untuk alat ini hehehe.. Namun karena fungsinya berkaitan dengan temperatur,jadi mungkin bisa di bilang sebagai Temperature Checker saja.Barangkali ada yang tau nama alat ini? Boleh deh kasi tau hehe.. Ya,seperti namanya,alat ini memang sering di pakai teknisi untuk mengecek kondisi panas di aspal.

Data ini di perlukan untuk menentukan pemilihan ban serta settingan yang cocok untuk motor.Alat ini mengukur panas dengan satuan derajat celcius.Benda ini dipakai untuk semua balapan,baik itu di MotoGP ataupun balap mobil F1.Jangan lihat dari bentuknya yang kecil ya,karena alat ini mampu menentukan seberapa panas di sirkuit saat itu.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*