Mengenal 15 Nama Tikungan Di Sirkuit Mugello Italy

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi info mengenai Mengenal 15 Nama Tikungan Di Sirkuit Mugello Italy.Yang suka dengan dunia balap pastinya udah pada tau ya dengan sirkuit yang satu ini.Yap,Mugello Circuit yang bernama asli Autodromo Internazionale del Mugello ini merupakan satu di antara sirkuit kebanggaan warga Italy karena di sinilah berbagai ajang balap di gelar,baik itu balap mobil/motor.Sirkuit Mugello terletak 30 km sebelar Timur Laut dari Florence dan di buka resmi untuk race pada tahun 1974.

Sudah lebih dari 33 ajang balap mobil di selenggarakan disini.Mugello menyajikan panorama keindahan perbukitan hijau di Lembah Tuscany yang di kombinasi dengan layout sirkuit klasik dan menantang.Hampir semua pembalap menyukai trek ini.Dulu Mugello hanya sepanjang 66 km yang di gunakan untuk kompetisi balap.Beberapa jenis balap mobil seperti DTM dan FIA FT pernah di gelar di Mugello.Sejarah panjang sirkuit Mugello sebenarnya di mulai sejak tahun 1914.

Waktu itu sempat terjadi pembatalan race karena Perang Dunia 1.Tahun 1920 di buka kembali dengan Giuseppe Campari sebagai orang yang pertama meraih kemenangan di Mugello.Mugello juga menjadi saksi lahirnya pembalap hebat dan prestasi luar biasa.Tahun 1928 Emilio Materassi mendapatkan 3 kemenangan di trek ini yang kemudian namanya di pakai untuk sebutan salah satu tikungan Mugello.1929 menjadi tahun terakhir ada balapan di sirkuit ini,yaitu GP 2000 dan Formula 3000.

26 tahun kemudian barulah kembali Mugello di pakai untuk Grand Prix dengan panjang trek 19 km lebih pendek.Dan berdasar catatan masa lampau,orang Italy jaman dulu sangat menyukai balapan Mille Miglia di Mugello.Sementara untuk balap MotoGP,Mugello baru di pakai mulai tahun 1994.Valentino Rossi adalah pemegang rekor pemenang terbanyak di Mugello dengan 7 kali kemenangan,di ikuti Mick Doohan (6 kali) dan Jorge Lorenzo (5 kali).

Mugello adalah Fast Track yang membuat pembalap bebas memaksimalkan kecepatannya,apalagi ada lintasan lurus sepanjang 1141 meter.Total panjang Mugello mencapai 5245 meter (3259 mil) dengan 15 tikungan.Mugello di lengkapi dengan 20 Garasi Pit dan 27 kamera untuk mengambil gambar dari sudut terbaik.Sirkuit ini termasuk sirkuit cepat karena memerlukan sesi pengereman yang lebih sedikit di banding trek lainnya untuk MotoGP.Data dari Brembo menunjukkan Mugello tergolong Medium Track untuk pemakaian rem.

Karena ada di perbukitan,maka bentuk sirkuitnya menantang.Ada tekstur turun naik yang menambah daya tarik Mugello.Mugello pernah di renovasi di beberapa titik seperti memperluas area Run Off dan mengubah lebar tikungan.Nah,bicara soal tikungan,di Mugello yang terbagi menjadi 15 tikungan ini,rupanya masing-masing tikungan nya punya nama masing-masing.Ya,sebagian nama di ambil dari pembalap legenda jaman dulu.Pengen tau apa saja namanya? Yuk di simak ulasan berikut ini :

MUGELLO CIRCUIT

15 Nama Tikungan Di Sirkuit Mugello

1. San Donato

Tikungan pertama di Mugello di namai San Donato.Ini adalah tipe tikungan lambat yang butuh pengereman keras.Sebelum masuk tikungan San Donato,pembalap harus melakukan Deselerasi dari kecepatan 350 km/jam ke 120 km/jam dalam 6 detik.Jarak pengereman ideal 300 meter dan perlu penekanan ke tuas rem sebesar 6 kg.

2. Luco

Luco adalah tikungan ke 2 yang mengarah ke kiri dan juga membutuhkan pengereman yang kuat dan pemilihan sudut yang tepat untuk menjaga posisi racing line terbaik.

3. Poggio Secco

Poggio Seco adalah tikungan ke 3,dimana disini merupakan titik tertinggi di trek dan tempat untuk bersiap memulai memasuki lintasan lurus ke bawah.Tikungannya ke arah kanan dan cara mengambil posisi yang tepat adalah di sisi dalam kemudian mengarah ke sisi luar di bagian depan.

4. Materassi

Tikungan ke 4 ini berasal dari nama pembalap Emilio Materassi yang di abadikan sebagai nama tikungan.Materassi memiliki bentuk yang mirip dengan tikungan Luco,namun di bagian sisinya tidak tertutup,memungkinkan untuk mendapatkan kecepatan tinggi.

5. Borgo San Lorenzo

Tikungan ke 5 bernama Borgo San Lorenzo.Tikungannya berbentuk seperti huruf “S” yang jaraknya pendek.Butuh kecepatan perpindahan dari kanan ke kiri secara cepat untuk melibas tikungan ini.Exit Cornernya cepat dan Entry Cornernya Tricky.

6. Casanova

Casanova adalah tikungan ke 6 yang arahnya menuruni bukit.Saat melintasi tikungan ini,kecepatan masih dalam kondisi tinggi sehingga harus memulai dari sisi dalam untuk menjaga agar motor tidak sampai melebar.Casanova biasa di pakai sebagai area untuk mendekati lawan di depan.

7. Savelli

Tikungan berikutnya bernama Savelli,ini adalah terusan dari Casanova.Arahnya ke kiri dan menanjak.Di bagian Savelli inilah sering terjadi aksi overtake hebat dari pembalap.Waktu duel Marquez Vs Lorenzo,Jorge menyalip Marc di tikungan Savelli dengan rapi.

8. Arrabbiata 1

Bukan Arab ya,tapi Arrab hehehe… Tikungan Arrabbiata terdiri dari 2 bagian.Bagian pertama di sebut Arrabbiata 1 dan menjadi point terendah di trek.Tikungan ini mengarah ke kanan dan meninggi.Mungkin pembalap akan menggunakan gigi 2/3 untuk melibasnya.

9. Arrabbiata 2

Arrabbiata 2 merupakan tikungan ke 9 yang tak kalah spektakuler dari Arrabbiata 1.Arrabbiata 2 menyajikan sudut dan kemiringan yang cocok untuk Speed Cornering sekaligus menyalip pembalap lainnya.

10. Scarperia

Scarperia,tikungan ke 10 yang sulit karena harus mengurangi kecepatan dari akselerasi tinggi untuk memasukinya.Tikungan ini ke kanan dan kadang membuat motor berguncang jika terlalu keras mengerem/terlalu kencang saat masuk.

11. Palagio

Palagio bisa di bilang seperti gerbang di akhir Straight/lintasan lurus yang menutup area trek.Ini adalah tipe tikungan lambat yang perlu presisi kapan bisa membuka gas karena seringkali dalam sudut pandang pembalap sudah bisa di tarik gasnya,tapi jika di tarik malah melebar keluar.

12. Correntaio

Ini adalah tikungan yang bentuknya menyerupai tusuk konde.Di MotoGP,tikungan jenis ini di namai Hairpin.Correntaio merupakan Hairpin menurun keras sebelum memasuki tikungan super cepat di depannya.Correntaio mengarah ke kanan,letaknya di tikungan 12.

13. Biondetti 1

Biondetti 1 adalah lanjutan dari Correntaio yang membuat pembalap harus merespon cepat karena tikungan ini berdekatan dengan tikungan selanjutnya,Biondetti 2.Di Biondetti 1 rider perlu memposisikan motor di sudut yang tepat untuk bisa mencapai garis lurus saat masuk ke Biondetti 2.

14. Biondetti 2

Tikungan ke 14 ini merupakan akhir dari Biondetti 1 dimana disini momen krusial bagi pembalap menjelang akhir lap.Untuk memperoleh kecepatan tertinggi,motor harus dekat dengan Curbstones sebelum berubah arah ke sebelah kanan untuk melalui Last Corner.

15. Bucine

Ya,inilah dia tikungan terakhir di Mugello,di namai Bucine.Tikungan berupa lengkungan panjang ke kiri.Tantangan terberat ada di bagian ini,sebab jika terlalu kencang dan melebar,lawan bisa mengambil alih posisi pembalap itu.Rider yang mendapat line terbaik akan bisa melakukan akselerasi lebih cepat dan memenangkan race.

Tambahan :

Rettilineo

Area akhir lintasan lurus tempat memacu kecepatan sekencang mungkin.Di tandai dengan garis-garis putih di sebelah kanan.Rettilineo sedikit menanjak namun tidak terlalu tinggi.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*