Ritual Footpeg & Duduk Menyamping Rossi Ternyata Meniru

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada artikel kali ini Saya akan mengulas informasi unik seputar Ritual Footpeg & Selebrasi Duduk Menyamping Rossi Ternyata Meniru Rider Ini.Yap,Valentino Rossi adalah rider terhebat yang masih jadi magnet sekaligus pusat perhatian banyak orang.Lama tak mendapat gelar juara dunia nyatanya tidak menyurutkan antusias orang-orang untuk menyaksikan aksi overtake dan skills hebat The Doctor di lintasan.

Di usianya yang kini tak muda lagi,Rossi masih menunjukkan motivasi tinggi yang dia buktikan lewat caranya menghadapi rider-rider muda agresif di MotoGP.Jika kalian berpikir Rossi itu terkenal hanya karena kemampuannya dalam memenangkan balapan saja,kalian salah besar.Skills dan support motor yang mumpuni saja belum cukup untuk membuat seorang rider jadi spesial di mata penonton.

Butuh sentuhan keindahan atau ciri khas tertentu agar orang mudah mengenali pembalap tersebut.Itu mudah di temukan pada kepribadian Rossi.Sewaktu muda Rossi suka tampil unik,misalnya memakai kostum lucu,mengecat rambut,alis,memakai plester di hidung dan sejumlah aksi konyol yang dia lakukan.Di tambah dengan selebrasi dan aksi akrobatik di atas motor,membuat Rossi benar-benar jadi rider yang paling sering di tiru pembalap lainnya.

Ada kebiasaan unik Rossi yang selalu dia lakukan sebelum naik motor.Ketika keluar Pit,Rossi akan membungkuk beberapa meter dari motornya,lalu menyentuh ujung sepatu dengan tangan,kemudian mendekat ke motor,jongkok dan menundukkan kepala sambil memegang Footpeg di sisi kanan motor.

Kenapa Rossi Melakukan Itu?

Menurut pengakuan Rossi,dia mengerjakan itu untuk memastikan bahwa Wearpacknya pas dan tidak ada bagian yang mengganggu kenyamanan.Itu sama halnya seperti Stretching atau metode meregangkan baju balap ala Rossi.Membungkuk dan memegang Wearpack di area selangkangan juga menjadi bagian dari peregangan supaya Wearpack tidak terlalu kaku.

Sebagian kebiasaan unik Rossi memang ada yang dia kreasikan sendiri idenya,tapi beberapa lainnya adalah gaya/style rider lain yang ditiru Rossi dan mungkin kalian tidak ketahui sebelumnya.Sebab pembalap yang jadi idola Rossi itu banyak dan Rossi mencoba mengikuti hal-hal unik dari mereka.Ingat dengan selebrasi khas duduk menyamping di atas motor ala Rossi?

Apakah itu cuma jadi ciri keunikan Rossi saja? Sebab siapapun rider yang melakukannya akan di bilang meniru Rossi.Padahal Rossi itu juga menirukan style pembalap di era dulu juga.Hanya saja yang di tirukan Rossi namanya tidak terlalu terkenal,jadi tidak banyak yang tau.Lalu siapa saja yang di tiru Rossi lewat selebrasi duduk menyamping dan ritual jongkoknya?

Takuma Aoki

Aoki merupakan rider asal Jepang yang lahir pada 24 Februari 1974.Takuma mengawali karir di kelas 125cc di tahun 1993.Dia juga mengikuti kompetisi Superbike (WSBK) pada 1994-1996 dan menang sekali di sirkuit Sportsland Sugo.Tahun 1995 Aoki naik kelas di GP 500cc,mengendarai Honda dengan mesin V2.Selama bersaing di Grand Prix 500cc,dia hanya 3 kali meraih podium urutan 3,masing-masing di Suzuka (1995),Imola (1997) dan Nurburgring (1997).

Aoki sempat tidak ikut GP 500cc tahun 1996 karena fokus di WSBK.Tahun berikutnya dia kembali ke GP500cc.Sayang karirnya habis lebih dini karena mengalami kecelakaan hebat tahun 1998 yang memaksanya pensiun cepat.Takuma Aoki ini masih saudara dari Nobuatsu Aoki,seorang rider kelas 500cc juga.

Rossi meniru gaya Aoki

Satu gaya khas Aoki adalah merayakan keberhasilannya finish di posisi 3 dengan duduk menyamping di atas motor sambil melepas setang dan mengangkat tangan ke atas.Selebrasi ini yang kini jadi gaya khasnya Rossi.Padahal sebenarnya sih,ini style Aoki.Tapi publik terlanjur menganggap gaya ini milik Rossi.Mungkin gara-gara Rossi lebih terkenal dari Aoki ya hehehe…

Virginio Ferrari

Virginio Ferrari adalah pembalap kelas 500cc yang bergabung di tim Suzuki.Ferrari masih satu angkatan dengan Franco Uncini,Marco Lucchinelli dan Graziano Rossi (Ayahnya Rossi).Prestasi terbaiknya di capai tahun 1979 saat finish di urutan ke 2 Championship.Ferrari pensiun pada 1990 dan menjadi bos dari tim Cagiva di GP 500cc.Rider-rider hebat banyak yang bergabung di tim Ferrari,seperti Randy Mamola,Ron Haslam dan Alex Barros.

Hebatnya lagi,Virginio juga mempunyai tim di WSBK dengan beberapa rider (Carl Fogarty,Troy Corser,Pier-Francesco Chili dan John Kocinski).Kedekatan Ferrari dan Graziano berpengaruh besar pada karir Rossi,sebab karena bantuannya lah Rossi bisa ikut kejuaraan 125cc (1993) dengan masuk tim Cagiva Mito milik Virginio.Rossi menyukai aksi-aksi Ferrari saat masih aktif membalap.

Rossi meniru ritual Ferrari

Bahkan kebiasaan unik Ferrari juga ikut di contoh Rossi.Ferrari punya kebiasaan jongkok di depan motornya untuk berdoa sebelum membalap.Rossi melakukan hal yang sama,walau tidak sama persis karena Rossi memegang Footpeg di ritualnya.Tapi cara mereka berdua sebenarnya sama.Sama-sama untuk fokus pada satu hal sebelum naik motor.Ferrari sering jongkok untuk melemaskan Wearpacknya dan Rossi ikut-ikutan melakukan hal yang sama.

Rossi meniru kebiasaan Ferrari

Virginio rider terkenal,tapi kenapa orang-orang tidak tau kalau Rossi meniru aksi Ferrari ya? Hmm,barangkali jaman dulu hal-hal seperti ini tidak terlalu di perhatikan,beda dengan sekarang.Mungkin pengaruh media dan foto-foto hasil jepretan jurnalis dengan kamera canggih jaman sekarang yang membuat tiap momen kecil di MotoGP kini jadi sorotan orang.

Angka 46 yang di pakai Rossi itu juga terinspirasi dari nomor Virginio Ferrari.Dulu Virginio pernah menggunakan motor bernomor 46 dan kini itu jadi nomor keramat bagi Rossi.Jadi disini boleh di bilang Rossi memang meniru Virginio.Meski tidak 100% ya,karena nomor 46 itu konon di pilih karena faktor lainnya juga seperti ayah Rossi yang pernah memakai nomor 46 dan pernah juga menggunakan nomor 4 yang kemudian di gabung Rossi dengan nomornya Norick Abe (nomor 6).

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*