Takhayul Yang Di Lakukan Pembalap MotoGP Sebelum Race

loading...

Haloo sobat media2give^^ Di Kesempatan ini Saya akan membahas informasi menarik tentang Takhayul Yang Di Lakukan Pembalap MotoGP Sebelum Race.Takhayul ini merupakan sebuah kepercayaan terhadap benda/sesuatu yang memiliki kekuatan magis atau berpengaruh pada apa yang akan terjadi di kehidupan.Sebagian orang percaya dengan takhayul,namun sebagian lainnya tidak.Takhayul sama sekali tidak berkaitan dengan intelektualitas seseorang,sebab nyatanya banyak orang-orang cerdas yang masih saja percaya dengan takhayul.

Itu terjadi pula di dunia balap motor paling terkenal,apalagi kalau bukan MotoGP.Yap,di balik deru suara kencang dari mesin dan aksi overtake di lintasan,MotoGP rupanya menyimpan sisi lain yang bersifat mistis.Kenapa mistis? Karena ini menyangkut dengan kepercayaan para rider pada 1 hal yang mereka pikir bisa membawa keberuntungan.Terkadang bukan soal kehebatan saja yang membuat rider bisa juara,tapi juga faktor “Luck”.

Para pembalap biasanya akan mencari/mengerjakan hal-hal aneh yang di percaya akan berpengaruh positif pada hasil balapan.Dan tiap rider punya kebiasaannya berbeda soal takhayul ini.Sebagian takhayul mungkin akan berdampak pada pikiran pembalap karena bisa merangsang timbulnya sugesti.Sebenarnya semua pembalap mempunyai usaha mereka sendiri untuk melakukan kontrol atas dirinya.Ini berkaitan dengan mental dan mempertahankan fokus.

Tujuannya adalah untuk menghilangkan pengaruh lingkungan luar.Lingkungan luar bisa mengganggu fokus pembalap seperti cuaca yang tidak menentu,kontak dengan para rival serta gangguan lain yang mengurangi konsentrasi pada balapan.Terkadang cara yang di lakukan itu tidak logis dan mengarah pada takhayul.Pembalap pasti juga memiliki urutan tindakan yang sama dan berulang-ulang dari kebiasaannya,tapi caranya berbeda-beda dalam mempertahankan konsentrasi.

Cara itu berlaku pula untuk melawan rasa takut.Ada banyak ketakutan di MotoGP,salah satunya takut gagal dan jatuh.Dengan menjaga fokus,pembalap tersebut akan bisa mengendalikan sesuatu yang mungkin di luar kendali fisiknya.3 Top Rider MotoGP memiliki kepercayaan dan kebiasaan unik sebelum mulai menaiki motornya dan ini bisa di sebut dengan Superstitious/takhayul.Apa saja takhayul yang di percaya 3 Rider MotoGP ini?

1. Valentino Rossi

Rossi di kenal sebagai rider yang percaya dengan hal-hal berbau superstitious.Salah satu kebiasaannya adalah memegang Footpeg dengan posisi jongkok untuk memusatkan perhatian dan mencoba berkomunikasi dengan motornya.Selain itu dia selalu membenarkan posisi Wearpack dan memakainya dari anggota tubuh bagian kanan dulu.

Setelah race usai,Rossi akan masuk Paddock dan melepas Gear Set-nya satu persatu.Anehnya,Rossi meletakkan semua peralatan persis seperti posisi semula,bahkan dia sampai menaruh handuk dan botol dengan urutan yang sama sebelum dia mengambilnya.

2. Marc Marquez

Tidak banyak yang tau kalau Marquez ternyata juga percaya dengan takhayul.Mungkin karena dia tidak pernah menunjukkannya sehingga orang-orang tidak mengetahuinya.Takhayul yang di percaya Marc ini baru terungkap kala Motorcyclist melakukan interview dengan Marc saat menjalani tes di sirkuit Austin 2013.Waktu itu Marquez di berikan pertanyaan.

Motorcyclist: Apakah kamu percaya takhayul?

Marquez: Ya,hanya sedikit.Saya selalu memakai celana dalam warna biru saat latihan.Dan di race Saya pakai yang warna merah.Saya sudah melakukan itu sejak berusia 11 tahun dan Saya menyukainya.

3. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo juga mempunyai kebiasaan unik,semacam ritual yang dia lakukan sebelum balapan.30 menit sebelum balap di mulai,Lorenzo akan mendengarkan lagu dari Ear Phone.Kebiasaan itu sudah di lakukannya sejak berada di kelas 125cc tahun 2002.Lorenzo percaya dengan mendengarkan lagu bisa meningkatkan konsentrasi dan di percaya sebagai kunci mendapatkan kemenangan di race.Rutinitas ini tidak pernah mengganggu Lorenzo.

“Rutinitas Saya tetap sama.Setengah jam sebelum balapan Saya akan mendengarkan musik.Saya sering mendengarkan lagu-lagu dari Coldplay,U2 dan Red Hot Chili Peppers.Dengan lagu itu konsentrasi Saya agak meningkat,kata Lorenzo.”

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*