Top 8 Best Epic Save Crash From Marc Marquez

loading...

Haloo sobat media2give^^ Jumpa lagi ya dengan kalian di posting ini hehe.. Kali ini Saya akan mengulas tentang Top 8 Best Epic Save Crash From Marc Marquez.Judulnya emang Saya buat versi inggris biar kelihatan sedikit berbeda dan keren hahaha… Yap,siapa yang nggak kenal dengan rider Spanyol ini? Saya kira semua penikmat balap MotoGP pasti tau ya,soalnya Marquez sekarang sudah masuk dalam jajaran rider terkuat di MotoGP.Nama Marquez mulai menjadi sorotan ketika dia masih di kelas 125cc.

2 tahun pertamanya di habiskan Marc untuk belajar sehingga Marc belum kelihatan potensinya.Marquez cuma menempati posisi ke 13 dan 8 klasemen akhir (2008-2009).Tapi sejak 2010 Marquez berubah dan menunjukkan kelasnya yang sebenarnya.10 podium puncak dia dapatkan,termasuk kemenangan fantastis saat Re-start dari posisi terakhir di GP Estoril 2010.Tahun 2011 Marc pindah ke kelas Moto2,sayangnya dia banyak mendapat kendala.

Total Marquez DNF (Do Not Finish) hingga 3 kali + 2 kali tidak ikut race (DNS).Meski begitu Marquez masih bisa mengamankan posisi ke 2 Championship.Musim berikutnya Marc menggila lewat 9 kali kemenangan dan berhasil mendapatkan gelar juara dunia Moto2.Di MotoGP Marquez sangat menonjol kemampuannya.Dia membawa motor dengan super agresif,bahkan seperti akan jatuh waktu masuk tikungan.

Gaya Marquez yang geyal-geyol itu kini menjadi ciri khas The Baby Alien saat membalap.Marquez masuk ke tim yang tepat,sebab Honda bisa memberikan motor dan settingan yang sesuai dengan Riding Style Marc.Hasilnya,selama 2 musim berturut-turut dia selalu keluar sebagai juaranya.Yah,walaupun pas tahun 2014 jadi ngebosenin,soalnya Marquez melulu yang menang hehehe… Tahun 2015 Marc merasakan nasib sial dan ketidakberuntungan akibat emosinya yang terlalu meledak-ledak.

Marc gagal finish 6 kali dan membuatnya kehilangan gelar juara dunia.Tahun kemarin (2016) Marc sebetulnya juga banyak dapat problem,seperti akselerasi motor dan Front End.Marquez merubah strategi dengan bermain konservatif,main aman aja kalau nggak bisa menang ya nggak maksa,cukup dapat point aja.Tapi namanya Marc yang agresif,di suruh main aman terus ya bikin dia gerah hahaha.. Buktinya di GP Silverstone Marquez mengeluarkan lagi karakter agresifnya,pokoknya harus menang.

Sama dengan prinsipnya yang dulu “menang atau tidak sama sekali”.Yang menarik dari Marquez ini adalah cara dia menikung yang cukup aneh.Marquez biasanya mengerem melebihi titik pengereman normal.Dia akan menekan tuas rem belakang dengan keras dan ban akan sliding,lalu rem depan di tekan keras dan cepat sehingga motor jadi tidak stabil.Tapi Marquez bisa mengendalikan kondisi berbahaya itu.Kadang ada momen dimana Marc hampir kehilangan kontrol pada motornya alias nyaris Crash.

Namun dia tetap bertahan di motor dan mengubah kejadian yang menegangkan itu jadi normal kembali.Kok bisa ya? Itulah dia skills spesial ala Marquez.Mungkin postur tubuhnya sedikit membantu refleks kali ya hehehe… Bahkan kru tim yang menyaksikan dari Pit Wall atau Paddock sering di buat jantungan Marc hahaha… Di MotoGP kejadian selamat dari Crash/jatuh itu di sebut dengan Epic Save Crash.Nah,kira-kira Epic Save Crash apa saja yang pernah di buat Marquez? Simak ulasan berikut ini ya^^

1. Free Practice 2 Brno 2016

Marquez melakukan kesalahan saat menjalani sesi Free Practice 2 di sirkuit Brno.Ketika masuk ke tikungan 13,motor Marc tiba-tiba terlalu miring hingga dia kehilangan grip ban.Marquez terjebak dalam kondisi sulit dan menakutkan.Marquez mengaku merasa tidak nyaman gara-gara cedera bahu yang menimpanya di GP Austria pekan sebelumnya.Untungnya tidak terjadi apa-apa dan Marc malahan mampu mencatat wakti tercepat 1 menit 55,840 detik di Brno.

“Saya merasa beruntung karena bisa tetap di atas motor.Saya menggunakan tangan untuk menekan ke depan dan berhasil selamat,kata Marquez.”

2. Free Practice Brno 2014

Di sesi latihan Brno 2014 Marc juga pernah mengalami hal yang sama,hampir jatuh dari motor.Waktu itu Marquez mencapai kemiringan 67,5 derajat,tapi dia bisa sedikit mengubahnya jadi 68,3 derajat dan terhindar dari Crash.Kunci Marc selamat adalah berkat menggunakan sikunya.Kejadiannya berlangsung sekejap dan Marc mengambil keputusan yang benar.

“Saya sangat sangat beruntung karena Saya kehilangan kendali ban depan,tapi itu sangat halus.Saya mampu selamat karena siku Saya,tapi itu terjadi lama dan Saya mesti berpikir selama sliding tentang bagaimana cara untuk bertahan,kata Marquez.”

“Lalu ketika Saya di bawah,Saya bilang ‘OK’ sekarang saat gas penuh.Saya membuka gas penuh dan saat Saya membuka mata,Saya sudah ada di motor lagi,ucap Marquez.”

3. Free Practice 1 Valencia 2016

Sesi Free Practice 1 yang hampir berakhir membawa kejutan untuk Marquez.Berniat memacu motor lebih kencang,Marc justru nyaris jatuh dari motornya saat memasuki tikungan 2 sirkuit Ricardo Tormo.Rider Spanyol itu kemudian menunjukkan aksi hebatnya untuk terhindar dari Crash.

Pada posisi hilang keseimbangan,tubuh Marquez sudah condong ke arah kiri dan kaki kanannya terlepas dari pijakan (Footpeg) seperti mau terjengkang.Untungnya Marc cepat merespon dan kembali mengendalikan laju motornya.

4. Kualifikasi Losail 2016

Kejadian lucu muncul di kualifikasi Losail 2016 ketika Marquez mengalami insiden yang agak memalukan hehehe.. Kenapa gitu? Soalnya dia kehilangan konsentrasi sejenak,mungkin gara-gara ngantuk pas tes di malam hari hahaha.. Marquez mengawali Practice Race Start dengan menarik gas kencang.

Beberapa saat kemudian ban depan mulai naik dan entah kenapa motor Marc oleng ke kiri dan Marquez akhirnya masuk ke gravel.Untungnya tidak sampai jatuh dan Marc segera kembali ke lintasan dengan gaya menggaruk kerikil alias sliding ban belakang agar tidak selip dan cepat masuk trek lagi.

5. Free Practice 3 Assen 2016

Sesi latihan 3 di Assen berlangsung sabtu pagi waktu setempat.Marquez hampir Crash karena kondisi trek yang basah akibat hujan.Marquez terlalu keras menekan tuas rem belakang dan dia mengalami sliding.Marc sebenarnya tidak sedang mendorong lebih motornya.Tiba-tiba ban depan terkunci dan Marquez nyaris Crash.Marc berusaha mengontrol motornya dan berhasil.

“Treknya sangat licin.Mungkin Saya sedang tidak berkonsentrasi penuh.Dari titik pertama pengereman,ban depan terkunci.Lalu Saya melepas rem dan disitulah problemnya.Setelah itu Saya kehilangan rasa percaya diri.Mungkin karena Saya memilih ban medium,sementara yang lain menggunakan ban soft,kata Marquez.”

6. GP Assen 2014

Race di mulai dalam hujan dan itu menegangkan bagi pembalap.Lap 5 Crutchlow menyalip Lorenzo.Marquez masuk Pit untuk ganti motor dengan ban Slick di lap yang sama karena trek mulai mengering.Namun kondisi trek belum 100% mengering dan menyulitkan Marc.

Bahkan kaki Marquez tergelincir dari Foot Peg dan memberi keuntungan bagi Dovizioso untuk memimpin balapan.Trek yang makin kering membuat Marc kembali mengejar dan memangkas gap 3,8 detik dari Dovizioso.Marc akhirnya menang di Assen,di ikuti Dovizioso di belakangnya.

7. GP Austin 2014

Di latihan bebas hingga kualifikasi Austin 2014 Marquez mendominasi semua sesi dan start di baris terdepan.Selepas Start Marc dengan cepat kabur dan membuat jarak dengan rider di belakangnya.Hingga setengah race Marc masih memimpin dan terus bertahan sampai lap terakhir.Di Last Corner pada lap terakhir Marc kehilangan konsentrasi karena kelamaan di depan dan tidak ada lawan.Kemenangan manisnya nyaris hilang,tapi itu tidak sampai terjadi.Manajer dan kru Honda sempat syok dengan momen itu.

“Saya senang dengan kemenangan ini.Kami melakukan balapan yang berbeda.Saya tidak pernah memimpin balapan dari awal hingga akhir.Kali ini aneh dan susah mempertahankan konsentrasi.”

“Balapan sedikit sepi,jadi di tikungan terakhir Saya ingin membuat seseuatu yang menarik untuk mekanik Saya,kata Marquez sambil bercanda.”

8. Free Practice Moto2 Valencia 2012

Saat masih di Moto2 Marquez juga pernah beberapa kali hampir Crash dari motornya.Yang cukup dahsyat adalah ketika Free Practice Moto2 Valencia 2012.Marquez melintasi sebuah tikungan,namun dia keluar tikungan terlalu kencang dan melebihi garis pinggir batas sirkuit.

Marquez terpaksa masuk ke gravel yang ada di dekat Run Off Area.Marc bertahan dan mencoba menyeimbangkan motor sambil menegakkan posisinya dan tetap membuka gas dan maju ke depan.Refleks cepat membantu Marc selamat dari insiden ini.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*