Lorenzo Potong Jalur Kok Nggak Dikasi Penalty?

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan membahas informasi seputar MotoGP,lebih tepatnya soal Lorenzo Potong Jalur Kok Nggak Dikasi Penalty? Balapan di GP Austin memang menghadirkan banyak kejutan.Setelah kualifikasi,6 pembalap hebat masuk urutan 6 besar.Mereka adalah Marquez,Vinales,Rossi,Pedrosa,Zarco dan Lorenzo.Banyak orang yang memprediksi duel ketat akan terjadi antara rider Honda dan Yamaha.

Ya,memang betul,di posisi start 2 pembalap Honda akan melawan 3 rider Yamaha,di tambah 1 rider dari Ducati.Marc Marquez jadi unggulan di sirkuit itu mengingat prestasinya yang selalu berhasil menang jika membalap di sirkuit COTA.Selain Marquez,Lorenzo jadi bahan pembicaraan karena sukses ada di posisi ke 6.Di 2 race sebelumnya dia gagal total karena di GP Qatar cuma finish di urutan ke 11 dan di GP Argentina Crash alias tidak dapat point.

Menatap GP Austin,Lorenzo sangat percaya diri bakalan bisa menembus baris depan.Saat race berlangsung,Lorenzo dengan semangat langsung mencoba maju ke depan.Namun dia tertahan di posisi 4 dan turun jadi ke 5 tak lama kemudian.Makin lama Lorenzo semakin merosot ke belakang,hingga di ujung race dia hanya selesai di posisi 9,di salip Iannone dan Petrucci.Yang lebih heboh adalah kejadian senggolan Rossi dan Zarco di Lap 7 tikungan 3 yang memaksa Rossi keluar trek dan di ganjar penalty 0.3 detik.

Padahal Lorenzo juga melakukan hal yang sama,tapi dia sama sekali tidak di kenai hukuman.Kok beda ya? Apakah Race Director bersikap tidak adil gara-gara Lorenzo orang Spanyol? Dan apakah ada motif untuk sengaja menjegal Rossi dengan penalty itu? Di dunia maya pro dan kontra timbul saat menanggapi hukuman untuk Rossi ini.Mike Webb sebagai Race Director MotoGP memberikan penjelasan kenapa Rossi sampai di beri penalty.

Rossi memang tidak sengaja memotong jalur dan Race Director tidak semata-mata mengambil keputusan menghukum Rossi karena itu.Ada alasan lainnya.Apa itu? Rossi di anggap mengambil keuntungan setelah memotong jalur dan dia tidak mengurangi gas sehingga posisinya langsung mendekat ke Marquez.Webb menunggu reaksi Rossi selama beberapa Lap dan akhirnya penalty di jatuhkan pada Rossi setelah investigasi di lakukan.

Lalu bagaimana dengan Lorenzo? Dia juga memotong jalur di tikungan yang sama,tapi dia tidak mengambil keuntungan dan menarik gas lebih kencang,sehingga Lorenzo lolos dari penalty.

Pendapat Pro Dengan Keputusan Penalty

Ada sebagian pihak yang setuju dengan keputusan penalty itu.Kenapa? Di MotoGP semuanya harus berjalan Fair,tidak menguntungkan satu pihak dengan cara apapun.Di satu sisi Rossi adalah rider yang terkena serangan Zarco.Pilihannya keluar trek tidak salah dan Race Director tau itu.

Tapi Race Director juga perlu memastikan Rossi tidak mengambil keuntungan dari insiden itu.Artinya jika Rossi mendapat keuntungan jarak yang lebih dekat dari rider di depannya,dia harus mengurangi gas dan kembali ke jarak awal sebelum dia keluar lintasan.Rossi harus menghilangkan keuntungan itu.

“Jelas bahwa ini bukan salahnya (Rossi) keluar lintasan.Tapi dia juga harus membayarnya dengan tidak mengambil keuntungan.Anda tidak boleh mengambil keuntungan dengan keluar trek.Keuntungan Rossi adalah jaraknya menjadi lebih dekat pada Marquez.”

“Di sisi lain Rossi melakukan itu secara tidak sengaja.Dia di serang rider lainnya dan penalty ini wajar di berikan jika dia mengambil keuntungan waktu dari kejadian itu,kata Webb.”

Perlu di ketahui,Race Director tidak langsung menghukum Rossi setelah insiden.Webb menunggu respon Rossi beberapa lap kemudian.Dia juga berkoordinasi dengan Time Keeping untuk mengetahui perbedaan waktu Rossi di sektor tempat insiden.Karena Rossi tidak punya niat melepas keuntungan waktu,maka penalty di jatuhkan pada The Doctor.

Penalty ini lebih ringan,karena hanya menambah 0.3 detik dari catatan waktu akhir Rossi setelah race.Biasanya jika rider keluar trek dengan sengaja dan memotong jalan untuk lebih cepat,dia akan kena hukuman turun 1 posisi dari rider di belakangnya.

Pendapat Kontra Dengan Keputusan Penalty

Sebagian fans,pengamat dan penonton ada pula yang tidak setuju dengan penalty itu.Menurut mereka itu tidak adil,meskipun nyatanya Rossi seolah-olah memangkas waktu dan jarak secara signifikan dari Marquez.Pertama,Rossi tidak merencanakan itu dan kedua,dia tidak tau kalau memotong jalur akan tiba-tiba mendekati Marquez karena saat senggolan,fokus Rossi hanyalah pada Zarco.

Lalu apakah Fair bila dia di hukum? Disitu Rossi memang tidak ada niat keluar lintasan,beda kasusnya dengan rider lain yang sengaja keluar lintasan untuk bisa memberi jarak dari rider lainnya.Keuntungan Rossi itu hanyalah buah dari ketidaksengajaan yang tidak di rencanakan.Kenapa itu perlu di buang? Sekarang coba di analisa,jika ada pembalap yang menabrak Rossi,lalu Rossi keluar lintasan dan kehilangan 1 detik.

Apakah Race Director pernah menghitung berapa waktu yang hilang dari Rossi dan apakah Race Director mau bertanggung jawab memberi waktu 1 detik tambahan untuk mengganti waktu yang hilang itu agar Rossi tidak rugi? Mengingat itu bukan kesalahan Rossi.Tidak kan? Race Director akan mengatakan itu adalah “Resiko Pembalap”,bahkan jika dia jadi korban.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*