Arti Kode Misterius Di Lap Board Dani Pedrosa

loading...

Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi nih dengan kalian di posting ini ya.Kali ini Saya akan mengulas informasi tentang Arti Kode Misterius Di Lap Board Dani Pedrosa.Dani Pedrosa merupakan rider hebat yang setia pada kubu Honda selama bertahun-tahun.Pertama kali dia bergabung dengan Honda adalah saat musim kompetisi 2006.Artinya sekarang Pedrosa sudah ada di Honda selama 11 tahun.Woow banget ya! hehehe..

Bahkan Pedrosa jadi rider terlama kedua setelah Rossi yang membela 1 Pabrikan.Pedrosa ini tipikal rider yang pendiam dan tidak suka membuat kehebohan.Waktu menang balapan aja minim selebrasi,lebih sering menunjukkan ekspresi kalemnya.Mungkin yang bisa jadi sorotan mengejutkan tentang Pedrosa adalah saat dirinya bersitegang dengan Simoncelli di GP Le Mans atau kesalahan besarnya yang menabrak Hayden sampai nyaris gagal juara dunia di tahun 2006.

Tapi masih ada 1 lagi yang tak kalah unik dari Pedrosa.Apa itu? Kode misterius.. Wiiih,apaan nih? Kode misterius ini muncul di Lap Board Pedrosa.Lap Board ini berfungsi sebagai tempat menyampaikan informasi dari kru tim ke pembalap.Para kru selalu memantau perkembangan race dari Pit Wall Perch.Semua kejadian di balapan akan di infokan melalui papan dengan menyusun huruf/angka/simbol.

Karena di MotoGP belum memakai sistem komunikasi radio seperti F1,maka kru memakai Lap Board sebagai media penyampai pesan.Pembalap yang melintasi garis pergantian lap akan melihat Lap Board ini,sehingga mereka tau berapa jarak waktu dengan rider di depan/belakangnya,posisinya di race dan apa yang terjadi pada rider lainnya.Uniknya,Lap Board Pedrosa sering menampilkan kode-kode yang tidak lazim di pakai.

Anehnya lagi,yang mendapat pesan misterius dari kode itu hanyalah Pedrosa,sedangkan Marquez tidak memperoleh kode khusus di Lap Boardnya.Kenapa Pedrosa di bedakan? Dan apa sebetulnya arti dari kode-kode rahasia tersebut?

Kode Aneh Di Lap Board Pedrosa

1. T

Mungkin inilah pertama kalinya Pedrosa di beri kode aneh.Saat menjalani balapan di sirkuit Silverstone 2013,kru tim Honda menampilkan kode rahasia dengan huruf “T”.Biasanya yang di infokan adalah gap dengan rider lainnya,tapi yang ini beda karena sama sekali tidak ada angka di Lap Board Pedrosa,melainkan hanya terlihat huruf “T”.Publik pun heran dan penasaran dengan arti kode itu.Apa maksud dari kode “T”?

“T” berasal dari kata Tirar.Dalam bahasa Spanyol,Tirar di pakai untuk menyebut kata dorong.Sama maknanya dengan “Push” dalam bahasa Inggris.Kru tim memberikan perintah pada Pedrosa untuk mendorong sekeras mungkin motornya agar mencapai hasil yang lebih baik.Di sisi lain “T” juga bisa di artikan sebagai simbol dari kata “Tyre” alias ban.

Di race Pedrosa sempat tercecet di urutan ke 5 dan berusaha mengejar dengan memaksa motornya lebih keras.Akibatnya ban jadi cepat habis sehingga kru mengingatkan Pedrosa untuk menjaga ban agar bisa bertahan hingga garis finish.Selepas balapan usai,Pedrosa mengatakan kalau bannya mulai kehilangan grip setelah mengejar Marquez.

“Saya perlahan mampu mendekati Marc dan Jorge,tapi di akhir lomba ban yang Saya pakai kehilangan grip di sisi kanan,kata Pedrosa.”

Jika mengacu pada komentar itu,artinya “T” merupakan pesan peringatan untuk Pedrosa karena ban mengalami pengikisan yang cepat.Barangkali kru ingin mengingatkan Pedrosa agar tidak sampai Crash karena dorong habis-habisan di saat ban tidak sanggup lagi di paksa kencang.

2. MEJOR

Di GP Sachsenring 2014 pada lap ke 6,Lap Board Pedrosa menampilkan pesan dengan kode “MEJOR”.Apa itu “MEJOR”? Mejor ini dari bahasa Spanyol yang artinya Good/Best.

Maksudnya,Pedrosa sudah melakukan tindakan yang benar dan catatan waktunya bagus.Tim mengapresiasi usaha keras Pedrosa dan memberi motivasi dengan pesan “MEJOR”.

3. TTNUM

Lagi-lagi Pedrosa mendapat kode aneh,kali ini terjadi di lap 9,masih di race yang sama (GP Sachsenring 2014).Papan informasi Pedrosa terlihat berisi kode dengan tulisan “TTNUM”.Banyak yang mencoba mengartikan kode ini.Ada yang menganggap “TTNUM” berarti Testicles Numb,Totally Torned by NUMber 93,Titanium dan Time To Twist Now Use More.

Perlu kalian tau bahwa kode “TTNUM” sering muncul waktu Pedrosa dan Marquez berdekatan,entah Marc yang di depan atau Pedrosa yang di depan.Yang jelas tiap kali Pedrosa berhasil memangkas gap dari Marquez,kode ini tiba-tiba di tunjukkan kru Honda.

4. MODE 1

Masih di GP Sachsenring 2014 saat race masih menyisakan 19 lap,Pedrosa dengan cepat mendekat ke Marquez.Pedrosa mampu memendekkan jarak waktu sampai 0.578 detik.

Namun 1 lap kemudian kru tim memperlihatkan pesan “MODE 1” di Lap Board Pedrosa.Apa yang terjadi kemudian? Jarak Pedrosa malahan kembali menjauh.Gap Marc dan Pedrosa berubah menjadi 0.706 detik.

Disini muncul kecurigaan kalau Honda menjadikan Pedrosa sebagai Team Order untuk mendukung Marquez yang lebih berpeluang jadi juara dunia.Kecurigaan bertambah 1 lap berikutnya.Top Speed Pedrosa rupanya mencapai 295.6 km/jam dan Pedrosa meraih 4 kali Fastest Lap beruntun.Artinya seharusnya Pedrosa bisa mengejar atau bahkan melewati Marquez.

Kenapa tidak di lakukan? Karena Pedrosa sudah melihat kode “MODE 1”.Apa sih itu? “MODE 1” bermakna “Jaga Jarak”.2 Lap terakhir giliran Marc yang mencatat Fastest Lap 1’20.937.Pertanyaan besarnya adalah apakah Marquez yang bertambah cepat atau Pedrosa sengaja melambat? Bisa saja Marquez menambah kecepatannya karena tau Pedrosa bisa mengejarnya hingga jarak jadi dekat.

5. VAMOS

GP Aragon 2015 menghadirkan Epic Battle antara Pedrosa Vs Rossi.Rossi tampil menyerang sepanjang balapan,tapi Pedrosa ngotot tidak mau mengalah.Paruh kedua sirkuit selalu di kuasai Pedrosa.Rossi mencoba mengovertake di beberapa tikungan,tapi langsung di balas Pedrosa.

Di tengah duel itu,kru Honda memberikan kode “VAMOS” ke Pedrosa saat melintasi garis putih.”VAMOS” artinya “Cepatlah!” Ini perintah agar Pedrosa cepat-cepat menyelesaikan balapan,sebab Rossi membuntuti dari belakang.

Honda tau Pedrosa bisa memenangkan balapan.Untuk membuat Pedrosa bersemangat,Lap Board pun di isi kode “VAMOS”.

6. TTTTTT & D..B..A

Saat memasuki Last Lap (L1) di sirkuit Aragon 2015,Pedrosa kembali mendapatkan pesan rahasia dengan kode “TTTTTT” dan D..B..A.“TTTTTT” sama artinya dengan Titanium,yaitu “Luar Biasa”.

Pedrosa menunjukkan aksi luar biasa menurut kru tim Honda dan pantas di berikan tambahan semangat melalui kode “TTTTTT” itu.Sementara D..B..A bermakna “Di0 Bono Accelera!” atau “Tambah Terus Kecepatan” untuk menjauh dari kejaran Rossi.

7. MAGNET

Balapan di siruit Austin 2017,Pedrosa memilih ban depan Medium,sementara Marc menggunakan ban depan Hard.Pedrosa pada akhirnya kehabisan ban di 9 Lap terakhir.Marquez mampu menyalipnya,ternyata strategi Marc lebih ampuh.Lap 18 jarak Marc dan Pedrosa sudah 3.8 detik.Rossi dari belakang menyusul dan mengincar posisi Pedrosa.

Mengetahui Rossi tekena Penalty 0.3 detik akibat mengambil untung saat keluar Gravel setelah insiden dengan Zarco,Honda pun memutuskan menunjukkan kode “MAGNET” pada Pedrosa.”MAGNET” berarti “Tempel Ketat”.Tempel terus Rossi agar jaraknya tetap dekat,sebab jika Rossi finish dengan gap 0.3 detik atau kurang dari itu di depan Pedrosa,maka Pedrosa lah yang akan mengungguli Rossi.

8. ZZZZZ

GP Motegi 2015 berlangsung cukup seru di awal-awal balapan.Rossi dan Lorenzo saling bersaing untuk posisi terdepan.Kondisi trek yang basah di guyur hujan menjadi tantangan berat untuk semua rider.Ketika asik bertarung,dari belakang ada Pedrosa yang merangsek cepat ke depan.

9 Lap terakhir Pedrosa menyalip Rossi untuk tempat ke 2 dan tak lama kemudian giliran Lorenzo yang kena overtake.Pedrosa terus berusaha menjauh pada Lap terakhir dirinya unggul lebih dari 3 detik dari Rossi.“ZZZZZ” adalah simbol Lap Board yang menggambarkan suara orang tidur.Lewat kode itu Honda ingin bilang biar Pedrosa tidur sekalipun Rossi tidak bisa mengalahkannya.

9. MODE 3

Kode “MODE 3” terlihat di Lap Board Pedrosa saat menjalani sesi kualifikasi GP Assen 2016.Pedrosa mengalami masalah dengan motornya sehingga tidak maksimal pada sesi ini.Total waktu Lap Pedrosa 1’49.364.Ini sangat tidak memuaskan karena Pedrosa hanya menempati urutan ke 16 untuk posisi start di race.

Di sela-sela kualifikasi,kru memberi isyarat kode “MODE 3”.Apa artinya? TO dan P3 mungkin artinya “Untuk Menjadi Posisi ke 3” harus dengan cara “MODE 3”.Sedangkan “MODE 3” itu apa Saya juga kurang mengerti hehe.. Kalau tidak salah ingat Pedrosa pernah mendapat kode ZZTT juga.Ada yang tau artinya?

10. DAI! PICCOLETTO

Nah,kalau kode yang satu ini baru pertama kali di pakai di GP Jerez 2017.Di sirkuit ini Pedrosa berhasil jadi juara dengan metode yang sama dengan race sebelumnya,membuat gap yang jauh dan tak terkejar.Jika di Austin cara ini gagal,di Jerez Pedrosa membuktikan diri kalau dia mampu melesat kencang hingga Marquez tidak mampu mendekatinya.Kru Honda mencoba menambah semangat Pedrosa dengan memberikan kode “DAI! PICCOLETTO”.

Kode ini di ambil dari bahasa Italy yang artinya “Dari si Kecil” (From the Little Ones).Si Kecil yang di maksud ya Pedrosa karena badannya kecil tapi bisa menang race.Kenapa pakai bahasa Italy bukan Spanyol ya? Padahal Pedrosa orang Spanyol.Mungkinkah ini bentuk sindiran untuk rider-rider Italy?

KODE MOTOR “T”

Saking banyaknya kode untuk Pedrosa,motornya pun di kasi kode “T” hahaha… Ini terjadi di Test hari ke 3 sirkuit Valencia 2014.”T” disini sudah pasti maksudnya adalah “TEST”,soalnya motor ini sedang di uji coba untuk melihat performanya.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*