Elsos.net – Blog Pendidikan

loading...

Pendidikan memegang peranan penting di jaman yang semakin maju seperti sekarang ini. Lewat pendidikan, seseorang akan memiliki wawasan dan pengetahuan untuk memahami suatu hal, berkreasi, menciptakan teknologi baru dan berinovasi menggunakan ide-ide kreatif yang muncul. Bahkan pendidikan juga telah menjadi salah satu bidang yang di perhatikan pemerintah secara serius.

Sebab pendidikan dapat membawa anak bangsa menuju masa depan yang cerah, meskipun sukses atau tidaknya seseorang di pengaruhi juga oleh faktor lainnya. Semua anak pasti mengalami masa-masa sekolah dengan pengalaman yang berbeda-beda. Ya, masa sekolah adalah masa dimana anak menemukan berbagai hal, baik itu yang menyenangkan atau tidak. Misalnya saat bertemu teman yang berkesan atau teman nakal.

Semuanya akan terasa istimewa ketika tiba saatnya perpisahan. Memori serta kenangan di masa sekolah tidak akan mudah terlupakan. Sekolah sendiri memiliki fungsi yang vital sebagai tempat untuk mengembangkan karakter dan bakat anak. Semakin tinggi jenjangnya, maka akan semakin kompleks materi dan pelajaran yang di peroleh para siswa. Agar mampu menyerap pelajaran dengan baik, diperlukan cara belajar yang benar. Metode belajar efektif dapat di terapkan untuk menunjang proses tersebut.

Mungkin tiap anak tidak dapat di samakan caranya dalam belajar. Ada yang mudah mengerti pelajaran jika sambil mendengar lagu, ada yang harus belajar di tempat yang sepi, dan ada pula yang nyaman belajar bila ditemani cemilan, sambil tiduran di kamar. Yang pasti kita mesti mengenali diri sendiri agar bisa menentukan mana metode yang di anggap cocok. Ketika memasuki masa SMA, biasanya akan terjadi perubahan cara pandang seseorang.

Karena disitulah siswa merasa dirinya sudah dewasa dan harus menentukan tujuan hidup dan menata masa depannya. Kira-kira apa yang harus di lakukan kelak jika sudah lulus sekolah? Ini perlu di rencanakan jauh-jauh hari. Catatlah apa target yang akan di capai nanti. Jangan hanya bermain-main walaupun masih SMA, karena hidup untuk bersenang-senang itu akan membuat kita jadi bosan.

Apalagi jika itu sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Yang lebih penting lagi adalah bersiap untuk menyelesaikan sekolah. Siswa kelas VI SD, kelas IX SMP, kelas XII SMA akan merasakan ujian penentuan yang di sebut UN (Ujian Nasional). Dulu UN adalah penentu lulus/tidaknya anak selama bertahun-tahun bersekolah, sehingga di anggap sebagai beban berat, sampai-sampai para orang tua menyuruh anaknya ikut bimbel agar mendapat nilai UN yang bagus.

Namun kini UN tidak lagi menentukan kelulusan, sejak ada perubahan regulasi dari Menteri Pendidikan RI. Selesai SMA, tujuan berikutnya adalah masuk ke Perguruan Tinggi. Jika ingin masuk ke PTN, ada 3 jalur pilihan yang bisa di tempuh : SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan UM (Ujian Mandiri). Agar bisa di terima di PTN, perlu persiapan yang matang dan mengetahui cara penilaian tes. SBMPTN terbagi dalam 3 bidang uji, yaitu Saintek, Soshum dan IPC.

Poin jika benar menjawab +4 dan salah menjawab -1. Jadi harus hati-hati mengerjakan soalnya. Seleksi biasanya di urutkan berdasar ranking tertinggi. Misalnya dari 4000 pendaftar diambil 50 orang, tergantung kuota/daya tampung masing-masing jurusan di PTN. Jika kalian sedang mencari informasi seputar perguruan tinggi, jurusan yang tersedia dan bagaimana cara bersiap menghadapi SBMPTN, maka kalian bisa mengunjungi situs www.elsos.net.

Elsos.net merupakan blog yang menyajikan beragam konten yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Blog ini masih baru dan memiliki visi untuk memberikan manfaat pada semua orang, terutama bagi para pelajar dan pengguna informasi pendidikan. Konten di sajikan secara professional dan informatif, cukup mudah di mengerti para pembaca. Sehingga tidak salah jika www.elsos.net di pakai sebagai referensi untuk menambah pengetahuan tentang dunia pendidikan. Sebab, berita dan infonya selalu update.

Tampilan situsnya simple dan artikelnya mudah di temukan di banyak tempat, dari atas, samping hingga bawah situs. Masing-masing artikel di pisahkan berdasar kategori khusus seperti SMP dan SMA, Ujian, Peguruan Tinggi dan Jurusan Kuliah. Di bagian pojok atas situs terdapat kotak pencarian. Tinggal tulis saja apa info yang ingin kalian dapatkan, maka informasi akan tampil di halaman depan. Anda cari info pendidikan? Temukan info lengkapnya hanya di di Elsos.net – Blog Pendidikan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*